.

.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Android



Tahukah anda kalau semua aplikasi yang ada di android itu bisa di sembunyikan?Kalau sudah tahu, ya sudah tidak usah di lanjutin bacanya biar tidak buang-buang waktu karena waktu adalah uang (katanya).

Lalu sepenting apakah menyembunyikan apps ponsel android itu? penting atau tidaknya tergantung pembaca yang menentukan karena tiap-tiap individu tidak sama kebutuhannya. Beda kepala beda rasa.

Menurut saya pribadi menyembunyikan/ Hide Aplikasi tersebut sangat penting karena Pada dasarnya tujuan utama adanya aplikasi tersebut adalah supaya lebih aman dan anda tidak perlu khawatir lagi jika ponsel pintar android anda sedang dipinjam atau di pegang oleh orang lain.

Biasanya terkadang hp yang kita miliki tidak jarang di pinjam orang lain. Terlebih oleh anggota keluarga sendiri. Sedangkan di dalam ponsel tersebut, terdapat beberapa file penting yang bersifat sangat rahasia yang seharusnya tidak seharusnya diketahui oleh orang lain termasuk keluarga sendiri. Terutama di menu galery yang memang di design untuk menyimpan photo dan video. Apalagi tempat menu galery itu letaknya sangat strategis yang sangat rentan untuk di buka.

Bahkan saking strategisnya menu galery tersebut anak kecil yang tidak tahu apa-apapun sangat hafal terhadap menu yang satu ini, apalagi orang yang sudah dewasa. Jadi, anda sendiri tidak maukan kalau photo-photo dan video yang bersifat privasi itu diketahui oleh orang lain!

Apalagi file photo dan video yang bersangkutan milik kalian sendiri dan pacarnya yang sedang bercumbu mesra yang sengaja dijepret dan direkam untuk dijadikan kenangan... hemm.. bahaya nih. Awalnya bertujuan untuk mengabadikan momentum yang sangat berharga bersama dengan gepetan, eh malah ketahuan oleh keluarga atau orang lain. Malu deh jadinya. Masih untung kalau file tersebut tidak ditemukan oleh orang yang sangat benci sama kamu, kalau tidak, pasti photo dan video tersebut sudah menyebar kemana-mana.

Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menyimpan aplikasi-aplikasi yang bersifat privasi agar rahasia kita tidak jatuh ke orang yang jahil bin jahat. Kalian tidak inginkan aplikasi seperti galery di ketahui oleh orang lain? Yuk kita rame-rame sembunyikan dari orang-orang jahil..

Untuk meng-hide apps itu sendiri sebenarnya ada dua cara; pertama dengan cara langsung dari ponsel android anda tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Dan yang kedua dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download / install di gudang aplikasi Play Store.

Baiklah daripada kelamaan muter-muternya mendingan langsung menuju ke step by stepnya.

1). Menggunakan Pengaturan Langsung Dari Fitur Android.

● Buka apps Drawer
Biasanya App Drawer ada di kanan bawah, kiri bawah, atau di tengah tengah bagian bawah yang membelah layar dalam dua bagian dan  terlihat sebuah kelompok kotak kecil di dalamnya.
Lihat Gambar 1                      
Gambar 1  
● Setelah anda membuka Apps Drawer-nya maka akan menampilkan semua aplikasi pada ponsel. Di bagian atas layar, Anda akan melihat dua judul:
■ Aplikasi
■ Widget
Pastikan anda berada di dalam halaman Aplikasi bukan Widget.
Lihat Gambar 2  
Gambar 2
● *Selanjutnya ketuk / tekan tombol "option menu". Letaknya ada di sudut kiri bawah sebelah kiri tombol "Home".
Lihat gambar 3
(Bagi pengguna android versi 4.4 langkah ini diabaikan)
Gambar 3
● Setelah di ketuk tombol option menu-nya maka akan tampil  baris berisi beberapa tindakan di halaman tertentu dan pilih "Hide Aplication" atau "Sembunyikan Aplikasi"
           
● Terakhir Silahkan di centang Aplikasi yang ingin di sembunyikan. Dan jangan lupa ketuk "Done" di sudut kanan layar atas.

Selamat sekarang anda telah berhasil menyembunyikan Aplikasi smartphone android anda tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

*Langkah nomor 3 tidak berlaku bagi pengguna Smartphone Android Versi 4.4 (Kitkat). Alasannya karena setelah membuka Apps Drawer pengaturannya ada di bagian pojok  kanan atas layar.
Lihat Gambar Versi 4.4(Kitkat).
Screenshot Android Versi 4.4 Kitkat
☆Tambahan☆: Untuk melihat atau mengembalikan Aplikasi yang sudah di sembunyikan,anda cukup mengetuk "Show Hide Aplications" dan centang aplikasi mana yang ingin di tampilkan kembali ke layar android anda.

2). Menggunakan Aplikasi Hola Launcher.

● Pertama Download/Install Apps Hola Launcher di Play Store. Bila  proses penginstallannya sudah  selesai→ Buka Apps Hola Launchernya.
● Setelah di buka Apps-nya maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini dan ketuk "G0"
● Selanjutnya anda akan di minta Untuk memilih complete action user.maka pilih "Hola Launcher" kemudian ketuk "Always" dan anda akan di bawa ke layar utama.
● Berikutnya ketuk tombol "option menu". Letaknya ada di sudut kiri bawah sebelah kiri tombol "Home".
●  Kalau sudah,ketuk "Loha Setting"
● "Advance Setting"  
● "Hide Apps"
● Kemudian Ketuk lingkaran "ADD" di bagiah bawah layar.
● Terakhir centang Apps yang ingin di sembunyikan dan ketuk "0K"




Tutorial diatas bisa diterapkan pada smartphone android yang di root maupun tanpa di root. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menyembunyikan aplikasi atau file yang dianggap penting agar tidak diketahui oleh orang lain.

Kurang lebih begitulah Cara menyembunyikan Aplikasi di Android tanpa menggunakan App pihak ketiga maupun dengan cara menggunakan bantuan Aplikasi pihak ketiga yang bernama Hola Launcher serta tanpa Root tentunya. Dengan cara di atas Anda dapat menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang di anggap penting seperti BBM, Facebook, Twitter, Game dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Bagikan jika bermanfaat

22 comments:

  1. bisa ya gitu ya bang, mau nyembunyiin game2 biar ga di pake adek dulu hahaha makasih

    ReplyDelete
  2. ohhh ternyata begitu.. udah lama ane cari triknya... thank gan :-)

    ReplyDelete
  3. bisa disembunyiin ternyata, nice post :D

    ReplyDelete
  4. baru tau kalo aplikasi yg sudah di install bisa disembunyikan, kalau mau di munculin lg gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo apps-nya di sembunyikan dgn cara yg pertama ya di"Show Hide Aplication"gan..
      Namun bila Apps-nya di sembunyikan dgn cara yg kedua atau menggunakan bantuan Aplikasi pihak ketiga cukup hilangkan saja centangnya.

      Delete
  5. Berguna bget gan tips.a
    Soal.a thu privacy gan jdi hrus d sembunyikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata Upin-Ipin gan..."betul-betul-betul"

      Delete
  6. Thanks gan baru tau saya. bagus tutorialnya

    ReplyDelete
  7. Ini untuk menyembunyikan keyloger untuk android kayak nya berguna gan . hehehhee

    ReplyDelete
  8. Mantap gan, baru tahu saya... Kalo ternyata bisa di umpetin, hehehehe :D

    ReplyDelete
  9. Nice sob sekarang tau caranya :D

    ReplyDelete
  10. Utk verai Android 4.3 pojok kanan atas hanya tertera icon playstore, tentunya akan masuk playstore bila sy klik...mohon penjelasanya lagi Om...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drawer yang ada di pojok kanan atas itu bukan versi 4.3 kang melainkan versi 4.4.
      untuk versi 4.3 pengaturannya ada di menu option sebelah kiri bawah.
      Bila Andro versi 4.3 mlk akang pengaturannya ada di pojok kanan atas sama dengan versi 4.4 maka sebaiknya gulir kebawah hingga menemukan tindakan"Hide Aplication"lalu ketuk untuk menyembunyikan aplikasinya.

      Delete
  11. tapi kenapa hp lenovo p1m ga bisa yaa

    ReplyDelete
  12. Tp kok nggak bisa ya ke hp ku. Punya ku oppo find 5 mini. Tombol option menu nya nggak berfungsi apa2. Gimana tuh ya? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Utk andro lollipop gimana caranya?? Huawei GR3

    ReplyDelete
  14. Utk andro lollipop gimana caranya?? Huawei GR3

    ReplyDelete
  15. Dari banyak post yang gw baca baru kali ini yang paling rinci ngejelasinnya dan lengkap beserta gambarnya. Padahal gw sering baca Mbah Google.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas.
Berkomentar dengan url(hidup/mati),Spam,tidak akan kami publish.
Anda Baik kami Senang!Terima Kasih