Mengubah Jaringan Android Dari EDGE Ke 3G/HSDPA

Sudah sering kali saya di suruh  teman-teman sekampung untuk mengubah pengaturan jaringan internetnya dengan tujuan agar  ketika browsingan sinyal internetnya menjadi lebih kuat dan berjalan lancar sehinnga di saat menunggu loadingnya tidak sampai menterlelapkan mata. Keluhannya mereka semua sama yaitu internet lelet. Setelah saya cek di Pengaturan ternyata masalah yang dialami pada gadget mereka itu adalah jaringan internetnya berada di jenis EDGE Only bahkan ada juga yang data selulernya belum di aktifkan.

Sejatinya di dalam ponsel Android itu ada beberapa jenis jaringan internet di antaranya EDGE, 3G dan HSDPA serta ada lagi yang terbaru namanya 4G (LTE) yang konon kecepatannya mencapai 90-100 Mbps untuk provider Indosat. EDGE merupakan jaringan internet yang paling lambat diantara keempat jaringan internet tersebut. Jika pengaturan data selulernya berada di jenis EDGE Only ini maka jangan heran apabila anda saat melakukan browsing sangat terasa lemotnya.

Berangkat dari kasus yang terjadi pada gadget teman saya itu, saya berpikir untuk menulis sebuah artikel di madurace .com. Mungkin saja ada pembaca blog  sederhana ini yang mengalami masalah/kasus yang sama dan sedang mencari solusinya atau memang hanya secara kebetulan nyasar ke blog ini,alangkah baiknya cara ini bisa di sedot.

Lalu bagaimana cara mengatasinya???Gampang banget teretan, kalian hanya mengikuti step by stepnya secara seksama. wow serius amet bacanya,nyantai aja napa! Berikut ini sekilas cara Mengubah Jaringan Android Dari EDGE Ke 3G/HSDPA. 
 Pilih Menu
 Pilih Setting/Pengaturan
 Pilih Network More/Selengkapnya
● Pilih Mobile Network/Jaringan Seluler
 Pilih Network Mode/ jenis jaringan yang pilih
 Lalu hilangkan dan ganti centang/ ceklist yang ada pada "jaringan 2G saja (GSM Only)" ke Jaringan "WCDMA/ GSM (Auto Connect)" atau bisa juga anda pilih ke jaringan "HSDPA saja (WCDMA Only)".

Screenshot mode jaringan WCDMA Only
Gimana? gak  ribetkan? Lah sekarang pertanyaannya, bagaimana kalau di salah satu ponsel/ gadget anda tidak ada pengaturan jaringan WCDMA Only-nya???ada  nggak solusinya  cara mengatasi  ponsel tersebut supaya bisa di rubah Ke jaringan WCDMA only? Jawabannya tentu ada! Di android itu apa yang gak bisa, semuanya bisa:
Gambar di bawah ini contoh pengaturan jaringan yang tidak ada mode WCDMA Only-nya.

Baik langsung saja kita menuju ke tutorialnya:
1. Masuk ke telpon / Dial Phone lalu ketik *#*#4636#*#* 
2. Setelah  selesai mengetik Kodenya,maka akan masuk ke Mode Basic.
Selanjutnya pilih Informasi Telpon 
3.Kemudian scrool ke bawah ada pilihan untuk jenis jaringan yang di sukai.(Lihat Gambar 3)

Gambar 3

4.Terakhir pilih jaringan jenis WCDMA Only!
Wanted....! jangan sampai ketukar sama jenis jaringan  CDMA Only loh.


Kini saatnya menunggu proses sampai sinyal berubah huruf H/H+(HSDPA).
Selamat sekarang anda telah berhasil merubah jaringan androidnya dari EDGE ke HSDPA. Semoga bermanfaat...
  • Nb:WCDMA Only= Agar posisi jaringan tidak berpindah-pindah (tetap).

Related Posts

Subscribe Our Newsletter