.

.

Cara Membuat Atau Mengaktifkan Sinyal Wifi Di Hp Android



Madurace.com - Sebelum lahirnya beberapa smartphone seperti OS Android, iOS iPhone dan semacamnya, dulu jika ingin browsing menggunakan laptop atau komputer pengguna di haruskan mempunyai sebuah benda yang bernama modem untuk bisa terkoneksi ke internet (International Network). Dengan menggunakan jasa modem tersebut para netizen bisa terkoneksi ke dunia maya dengan berbagai tujuan mulai dari hanya sekedar Browsing, Chattingan, Download, Nonton Video YouTube dan lain sebagainya. Namun seiring perkembangan zaman yang begitu pesat di bidang Informasi dan tekhnologi maka lahirlah sebuah teknologi terbaru yang di beri nama Wi-fi yang nantinya bisa dijadikan modem dan keperluan elektronik lainnya seperti remote control TV dan AC. Baca Juga: Cara Membuat Hp Android Menjadi Remote TV

Pengertian Wi-Fi

Apa itu Wi-fi? Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. 

Namun saat ini jaringan Wi-fi bukan hanya bisa di buat melalui perangkat komputer saja melainkan bisa juga di buat melalui berbagai smartphone khususnya Android. Hampir semua smartphone masa kini seperti Android, iPhone, Windows Phone dan BlackBerry sudah dilengkapi dengan fitur WiFi Hotspot.

Dengan hadirnya fitur Wi-Fi Hotspot ini pengguna dapat berbagi koneksi internet dengan sesama pengguna lain baik yang ingin browsing melalui ponsel maupun dengan menggunakan laptop/PC. Titik akses (atau hotspot) Wi-fi Android mempunyai jangkauan maksimal 25-30 meter. Lumayan jauh gan, bila di bandingkan dengan Wi-fi komputer yang hanya memiliki jangkauan 20 meter.

Fungsi Jaringan Wi-fi Hotspot di Android.

Memang smartphone yang berbasis OS Android memberikan kemudahan dan keunggulan tersendiri di bandingkan dengan smartphone-smartphone yang lain. Salah satunya adalah dengan adanya fitur WiFi Hotspot yang nantinya anda bisa berbagi sambungan data ponsel atau tablet Android dengan perangkat lain, Untuk berbagi sambungan data ponsel atau tablet android dengan perangkat lain, Anda dapat menggunakan hotspot Wi-Fi portabel. Misalnya, Anda mungkin ingin menyambungkan komputer laptop ke Internet menggunakan sambungan ponsel. Atau mungkin salah satu teman atau kerabat terdekat anda yang kebetulan kuota internetnya sudah habis maka anda bisa berbagi sambungan data (Koneksi Internet) dari smartphone Android anda sendiri ke ponsel yang bersangkutan. Sekali-kali buat sadaqoh-lah..hem.

Cara Membuat Hotspot Wi-Fi di Android.

Bagi anda yang masih belum tahu bagaimana cara mengaktifkan atau membuat hotspot wifi di hp android maka di bawah ini saya akan jelaskan langkah-langkahnya agar hp Android agan bisa menjadi wifi dan bisa di jadikan modem.

Tutorial di bawah ini menggunakan  hp android merk Samsung J1, mungkin perangkat Android lainnya tidak jauh berbeda pengaturannya.

1). Pertama yang harus anda lakukan yaitu masuk ke menu "setting/pengaturan".

2). kemudian pilih "Penambatan dan Hotspot/Tethering dan portable hotspot"

3). Selanjutnya pilih "Hotspot Seluler"
untuk mengaktifkannya silahkan gulir ke kanan hingga berwarna hijau.
Lihat Gambar

4). Lalu tekan icon titik tiga pojok kanan atas untuk mengkonfigurasi dan pilih "Konfigurasi Hotspot" Setelah itu akan muncul pop-up konfigurasi wi-fi hotspot.
Lihat Gambar

5). Nah disini anda harus mengisi nama dan password wi-fi agar nantinya tidak ada orang lain yang seenaknya menyolong sinyal wifi yang anda buat.
》》SSID = Di isi dengan nama Wi-fi anda. Terserah mau di kasih nama apa saja boleh

》》PENGAMAN = Pilih WPA/WPA2 PSK

》》KATA SANDI = Terserah mau di kasih apa, yang penting jangan sampai kurang dari 8 karakter.
Lihat Gambar

6). Bila form sudah di lenkapi semua maka yang terakhir silahkan pilih "Simpan/Save"

Demikianlah Tips Cara Membuat Atau Mengaktifkan Sinyal Wi-fi di Hp Android. Semoga Artikel di atas bermanfaat dan dapat membantu para pembaca yang masih belum tahu cara membuat dan mengaktifkan Sinyal Wifi di perangkat yang di milikinya. Sekian terima kasih

Bagikan jika bermanfaat

0 Response to "Cara Membuat Atau Mengaktifkan Sinyal Wifi Di Hp Android"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas.
Berkomentar dengan url(hidup/mati),Spam,tidak akan kami publish.
Anda Baik kami Senang!Terima Kasih