.

.

Cara Mengecek InfraRed Di Android




Mungkin bagi para pembaca yang pernah menggunakan hp jadul menganggap aneh dan kolot bila zaman yang serba canggih ini blog madurace.com masih membahas InfraRed?! Iya Memang penulis akui bahwa setelah munculnya Bluetooth, WiFi, dan NFC,  infra red sudah tidak digunakan lagi pada kebanyakan ponsel masa kini. Bahkan namanya saja sudah hampir tidak terdengar di dunia telekomunikasi khususnya pada Smartphone.

Lantas apa itu InfraRed? InfraRed atau InfraMerah merupakan radiasi elektromagnetik panjang gelombangnya lebih panjang dari cahaya yang tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Sebelum lahirnya Bluetooth dan WiFi, InfraRed adalah satu-satunya sarana untuk bertukar data antara handphone yang satu dengan yang lain. Namun dengan alasan transfer yang sangat lambat, pengguna lebih memilih teknologi yang lebih baik dan lebih cepat secara eksponensial seperti Bluetooth dan WiFi.

Meski demikian, teknologi infrared atau inframerah sebenarnya masih diperlukan untuk mengontrol peralatan elektronik lainnya di rumah seperti televisi dan perangkat stereo. Alternatifnya,beberapa model smartphone high-end masa kini sudah membawa fitur IR Blaster/pemancar inframerah yang dapat digunakan sebagai sebuah remote universal untuk mengontrol Televisi. Namun tidak semua smartphone android ada fitur infrared-nya, hanya android-android tertentu saja yang memiliki IR Blaster atau pemancar Infra Merah.

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Mempunyai Fitur InfraRed Atau Tidak?

Untuk mengecek apakah perangkat smartphone android itu mempunyai fitur Infra Red Blaster atau tidak sebenarnya cukup gampang. Caranya:
Hanya menekan *#0*# di dialpad kemudian akan muncul General Test Mode.

Nah setelah melihat general test mode di Layar android anda maka cari menu yang bernama "IR LED" seperti gambat di bawah ini.





Jika di General Test Mode menemukan "IR LED" berarti perangkat Android Anda telah ada IR Blasternya dan anda bisa saja membuat smartphone kesayangan anda menjadi remote TV dan AC. Namun apabila anda tidak menemukan "IR LED" berarti perangkat Anda tidak ada IR Blasternya dan anda tidak bisa merubah smartphone anda menjadi remote TV dan lainnya.

Jika kode *#0*# di atas tidak cocok dengan ponsel Android yang anda miliki, Anda bisa langsung menge-ceknya  disini → Kumpulan Hp Android Yang Mempunyai Fitur Infra Red

Demikianlah Cara Melihat fitur Infrared atau Infra merah di smartphone android dengan menggunakan kombinasi kode *#0*#. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat mengetahui apakah ponsel yang anda miliki ada fitur infrared-nya atau tidak? Sehingga nantinya ponsel tersebut bisa di gunakan untuk di jadikan remote control seperti TV, AC dan perangkat rumah tangga lainnya.

Baca Juga:
● Cara Membuat HP Android Menjadi Remote TV (Terbaru).

Bagikan jika bermanfaat

7 Responses to "Cara Mengecek InfraRed Di Android"

  1. Klau ga ada infrarednya gimana ?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ya di dialpad gan...!tempat ente ngecek pulsa itu,itu cuma kodenya *#0*#

      Delete
  3. Ko oppo f1s *#0*# ga bisa keluar ya layanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hp Samsung aja juga banyak yang tidak kompetible dengan layanan itu gan...mungkin klo hp pabrikan cina layanan itu memang tidak ada gan

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas.
Berkomentar dengan url(hidup/mati),Spam,tidak akan kami publish.
Anda Baik kami Senang!Terima Kasih

wdcfawqafwef