.

.

Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanent dan Sementara

Madurace.com - Facebook merupakan salah satu jejaring sosial (social network) yang paling paling banyak diminati di seluruh dunia. Sejak berdiri tahun 2014, facebook sendiri telah menampung lebih dari ratusan juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan mencapai lebih dari satu milyar.

Di kutip dari situs kompas.com (Kompas Tekno), pada artikel "Pengguna Aktif Bulanan Facebook" yang di posting pada tanggal 02/02/2017, jumlah pengguna aktif bulanan mendekati angka 2 Milyar. Sedangkan untuk pengguna harian mencapai 1,23 Miliar.  Dari angka itu, sebanyak 1,15 miliar pengguna mengakses Facebook dari perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet.

Tentu angka sebanyak itu tidak lepas dari kerja keras pihak facebook sendiri yang hampir setiap tahunnya melahirkan sebuah inovasi yang membuat pengguna merasa betah dan tidak ingin pindah ke platform jejaring sosial lainnya. Sehingga dengan hadirnya berbagai inovasi tersebut, rattingnya selalu konstan bahkan lebih meningkat dari tahun ke tahun.

Jika di bandingkan dengan platform jejaring sosial lainnya, memang facebook lebih di unggulkan dari berbagai segi. Entah itu dari segi pelayanan, keamanan (privacy) maupun dari segi fitur.

Fitur yang ada di dalam facebook belum tentu di miliki oleh jejaring sosial lainnya. Sedangkan fitur yang ada di sosial network lainnya, mungkin di facebook itu sendiri sudah tersedia di dalamnya. Karena memang facebook adalah platform yang paling tua daripada platform media jejaring sosial lainnya. Jadi, hal samacam ini wajar-wajar saja kalau fitur yang ada di platform yang lain seperti BBN, Twitter, Instagram, WA dan lain-lain juga ada di Facebook.

Salah satu ciri bahwa Facebook kaya akan inovasi (fitur) adalah adanya penon-aktifan dari sebuah akun pengguna. Iya disana kita bisa sebebas mungkin memblokir akun facebook kita sendiri kapanpun dan dimanapun yang kita mau tanpa syarat. Yang terpenting pada akun yang bersangkutan tidak mengalami masalah seperti lupa email atau password. Kalau hal itu terjadi, mungkin itu lain bab gan.

Maksud dari menon-aktifkan akun Facebook milik kita sendiri itu maksudnya gimana min? Ya maksudnya adalah kita menghapus atau memblokir akun facebook yang kita miliki.

Sedangkan untuk alasannya kenapa akun Facebook yang bersangkutan harus di hapus, itu tergantung dari alasan masing-masing pengguna. Karena tiap-tiap individu mempunyai alasan (masalah) yang berbeda. Misalnya, karena mempunyai dua atau lebih akun Facebook, atau bisa juga karena di Akun yang bersangkutan ada masalah dengan orang lain (misalnya selalu di ganggu atau di teror).

Atau bisa juga karena akun tersebut mempunyai kenangan pahit atau manis dengan orang yang pernah dicintainya dan ingin menghapus atau mengkubur semua kenangan lama yang pernah dijalaninya. Apalagi yang membuat akun Facebooknya sang mantan! Wihhh... tambah menusuk nih, hehhehe.

Atau mungkin alasannya sama dengan alasan yang saya lakukan tadi malam. Meskipun tidak sama, mirip-mirip dikitlah masalahnya. Siapa tahu aja suatu saat nanti masalahnya sama.

Begini jalan atau alur ceritanya! "Waduh curhat lagi nih sih admin, bakalan lama nih yang mau sampai ke step by stepnya kalau tiap artikel selalu di selingin kayak ginian"! (Gak lama gan, palingan gak nyampek 1 menit curhatnya sudah kelar)

Kemaren sore saya main-main ke rumah keponakan, pas nyampek rumah (rumah keponakan), tanpa ada yang mengetahui kedatanganku, saya langsung masuk kamar untuk merebahkan badan sejenak untuk menghilangkan rasa capek selama dalam perjalanan. Kebetulan jarak dari desa saya ke rumah kopanakan itu mempunyai jarak tempuh kurang lebih 30 KM. ( kalau naik sepeda motor, capeknya lumayan gan, apalagi jalannya bolong-bolong).

Singkat cerita, ketika saya sedang beristrahat, di bilik sebelah ada suara keponakan beserta ibunya bak orang berantem yang saling menyalahkan. Setelah saya dengerin percakapan mereka, ternyata masalahnya karena keponakan saya yang paling bungsu itu telah membuat akun Facebook dengan menggunakan nama dan photo profile ibunya. Dan tidak sampai beberapa menit kemudian akun tersebut di ketahui oleh bapaknya. Akhirnya bapaknya marah-marah sama ibunya sambil menyuruh agar facebook tadi segera di hapus. Lah ibunya kaget karena gak ada hujan gak ada kilat, malah petir langsung menyambar. (Yang satunya bingung, yang satunya marah-marah)

Sedangkan bapaknya tidak tahu kalau yang membuat akun tersebut sebenarnya anaknya sendiri. Bahkan di bilangin berkali-kalipun juga tidak mempercayainya.

Ya maklum, karena keponakan saya yang paling bungsu ini memang masih duduk dikelas 5 SD. Jadi wajar kalau ia tidak mempercayainya, karena bapaknya sendiri tidak bisa membuat akun facebook kecuali orang lain yang membuatkannya.

Lantas apakah keponakan saya tadi berhasil menghapus akun Facebook yang telah di buatnya? Jawabannya: tidak!
Apakah saya turun tangan? Jawabannya: Saya sendiri tidak langsung turun tangan, saya biarin dulu biar keponakan saya tersebut bisa menghapusnya sendiri. Tujuan saya tidak langsung turun tangan tidak lain adalah bertujuan agar otaknya bekerja dan bisa tahu satu persatu fitur yang ada didalam Facebook itu sendiri.

Nah berkat cerita mini diatas, Akhirnya di benak saya timbul ide untuk membuat artikel yang sedang kalian baca ini. Kalau saja keponakan saya itu tidak membuat akun facebook yang telah saya sebutkan diatas, mungkin tutorial tentang cara menghapus akun Facebook yang sedang kita bahas bersama ini tidak akan pernah ada di blog madurace.com. Karena di otak saya sendiri memang tidak pernah terlintas untuk menulisnya.

Cara Memblokir Akun Facebook Sendiri Secara Permanen dan Sementara.

Sebenarnya fitur yang telah di sediakan oleh pihak Facebook sendiri bukan hanya untuk menghapus akun Facebook secara permanent saja. Melainkan ada juga yang sifatnya sementara. Maksudnya setelah pengguna berhasil menghapusnya, maka orang yang meskipun tidak membukanya, akun yang bersangkutan akan aktif secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.

Jadi, nantinya teman-teman bisa bebas memilih sesuai dengan keinginannya sendiri. Apakah ingin menghapus yang secara permanent (akun akan terhapus selamanya) ataupun mau memilih yang sifatnya sementara? Itu semua tergantung dari teman-teman semua untuk menentukannya.

Kalau saya pribadi sih, dulu saya sering memilih yang sifatnya sementara daripada yang permanent. Takutnya sewaktu-waktu akun tersebut akan di butuhkan kembali.

Maka dari itu, saya sarankan sebelum agan-agan memblokir akun Facebook yang di milikinya secara permanent lebih baik dipikir-pikir dulu agar nantinya tidak menyesal. Karena rasa penyesalan itu datang ketika kita sudah melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan.

Berikut step by step bagaimana cara menghapus atau memblokir akun Facebook secara permanent dan sementara.
(Sebagai bahan praktek dan tumbal, saya menggunakan aplikasi Facebook Lite dan browser Opera mini serta akun cloningan milik saya sendiri).

CARA MENGHAPUS AKUN FACEBOOK HANYA SEMENTARA.

1). Pertama buka Facebook kalian kemudian pilih menu strip tiga yang letaknya ada di pojok kanan atas.

2). Selanjutnya pilih Pengaturan kemudian Pengaturan Akun kemudian di lanjutkan dengan memilih Umum.

3). Langkah Selanjutnya kemudian pilih Kelola Akun Kemudian Pilih Tutup.
(Dengan alasan keamanan disini kalian akan mendapati sebuah notifikasi untuk memasukkan password atau kata sandi).
Silahkan masukkan passwordnya kemudian pilih Lanjutkan.

4). Kemudian langkah selanjutnya pilih salah satu alasan kenapa akun Facebook kalian akan di hapus.

(Jika kalian hanya ingin menghapus atau memblokirnya hanya bersifat sementara, maka kalian tinggal ceklist pada pilihan yang pertama " INI HANYA SEMENTARA. SAYA AKAN KEMBALI".
Atau bisa juga kalian pilih alasan lainnya yang telah tersedia disana.

5). Terakhir pilih "Tutup"! Selesai.

Lalu bagaimana kalau kita ingin menghapusnya secara permanent sampai ke akar-akarnya? Mari kita menuju ke step by step selanjutnya.

CARA MENGHAPUS AKUN FACEBOOK SECARA PERMANENT.

1). Pertama buka browser kesayangan kalian kemudian login menggunakan akun Facebook yang ingin di hapus secara permanen.

2). Jika sudah, silahkan klik Disini
(Setelah itu akan muncul halaman atau notifikasi konfirmasi password atau kata sandi untuk memastikan bahwa facebook yang ingin di hapus tersebut bukanlah milik orang lain)

3). Kalau sudah bulat ingin menghapusnya, silahkan masukkan passwordnya kemudian klik KIRIM.
(Jika akun yang bersangkutan sudah berhasil di hapus, maka akan muncul sebuah pemberitahuan yang isinya kurang lebih seperti kutipan di bawah ini).

" Akun anda telah dinonaktifkan dari situs dan akan dihapus permanen dalam 14 hari. Jika Anda masuk ke akun itu sebelum 14 hari, Anda akan diberi opsi untuk membatalkan permintaan Anda."

4). Selesai

Catatan:
Dalam beberapa kasus, Menurut pengalaman pribadi biasanya setelah kita berhasil menon-aktifkan akun, pihak Facebook sendiri masih memberikan kesempatan kepada kita untuk membukanya kembali dalam kurun waktu beberapa hari sejak akun yang bersangkutan di non-aktifkan. Pernah saya mengalami di kasih jangka selama 90 hari, 30 hari, dan 14 hari.

Jadi kalau kita seandainya memasukkan username dan password akun yang telah di blokir tadi sebelum batas yang telah di tentukan oleh pihak Facebook, maka akun tersebut masih bisa di akses secara normal bin sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Kurang lebih begitulah cara menghapus atau memblokir sebuah akun Facebook secara permanent maupun secara sementara. Semoga dengan hadirnya artikel yang sederhana dan berantakan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat.
Akhir Tulisan untuk kalian semua. Wassalamu'alikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat

0 Response to "Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanent dan Sementara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas.
Berkomentar dengan url(hidup/mati),Spam,tidak akan kami publish.
Anda Baik kami Senang!Terima Kasih