.

.

Cara Mengubah Squid Proxy Menjadi Nama Kita Sendiri

Mungkin diantara teman-teman sesama gretongan yang kebetulan membaca artikel ini masih bingung maksud mengubah squid proxy menjadi sebuah nama domain sendiri itu seperti apa dan caranya bagaimana?

Apalagi bagi kalian yang masih baru seumur jagung memasuki dunia gretongan, pasti tambah bingung dengan judul diatas. Jangankan domain, mencari squid proxy yang aktif saja teman-teman masih banyak yang tidak tahu caranya. Bahkan lebih parahnya lagi terkadang masih ada yang masih belum tahu squid proxy itu sendiri apa?

Dan yang paling parah lagi nih, masih ada sahabat madurace yang tidak mengetahui proxy bawaan operator. Padahal kartunya tiap hari di gunakan untuk berinternetan, tetapi tetap saja tidak tahu kode proxy nya berapa? Aneh kan? (mungkin orang semacam ini pantas menduduki predikat paling bawah di kasta dunia gretongan kali ya?).

Yang namanya orang tidak tahu, ya kita harus memakluminya. Toh nantinya setelah belajar banyak tentang internet gratisan sedikit demi sedikit akhirnya juga akan ngerti sendiri.

Lagian kita dulunya juga sama dengan yang dialami mereka yang awalnya tidak ngerti apa-apa namun pada akhirnya berkat belajar, kita bisa mengetahui seluk beluk tentang internet. Dan hasilnya sekarang kita bisa berinternet gratisan selama kurang lebih selama 2 tahun (Axis). Wow lumayan lama nih! Biasanya yang namanya internet ala gretongan itu tidak lebih dari satu tahun bug sudah coid.

Lah sekarang tidak, malah operator sendiri membiarkan bug tersebut tetap work.

Meski bug yang satunya sudah coid, pihak provider ngasih lagi bug baru yang masih work untuk di gunakan sebagai amunisi gretongan. Sepertinya pihak operator sendiri lagi memberi penilaian lebih terhadap para pelanggannya. Dan kita sebagai pelanggan atau pengguna harus mensyukuri dan banyak berterima kasih kepada operator atas kebijakan ini.

Oke mari kita kembali lagi ke squid proxy. Namun saya sendiri tidak akan membahasnya panjang lebar tentang hakikat dari squid proxy itu sendiri apa. Karena kalau saya bahas secara detail pada artikel ini, tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan konten yang sedang saya tulis ini. Selain dari itu, alasan yang paling utama sebenarnya bukan terletak pada penyelesaian kontennya melainkan karena saya sendiri kurang berpengalaman atau kurang pengetahuan tentang squid proxy.

Heduh parah! Mau bilang tidak tahu tentang squid proxy saja alasannya harus muter-muter kesana-sini segala! Dasar admint b3go', otak bukannya ditaruh di kepala malah di taruh di dengkul. Wkwkwk

Tenang dulu brayyy...! Jangan langsung kayak orang yang lagi kebakaran jenggot gitu. Meski saya tidak menjelaskan secara detail, kan itu tidaklah begitu penting. Yang terpenting kan tingkat keberhasilannya ketika sebuah teori itu di praktekan! Betul tidak Bung???

Apa itu squid proxy? Squid proxy adalah sebuah kode numerik yang didalamnya terdiri dari beberapa angka yang di pisahkan oleh beberapa bit atau titik. Masing-masing bit biasanya mempunyai 1 sampai 3 digit. Misalnya: 188.10.267.222, 139.167.2.251, 128.2.100.2, 46.142.66.145.

Salah satu fungsi dari squid proxy itu sendiri adalah dapat di gunakan sebagai perantara untuk membuka situs-situs yang telah di blokir oleh operator atau menkoinfo.

Namun dalam kasus ini squid proxy yang kita bahas adalah  squid yang bisa di gunakan sebagai perantara untuk mengakses internet secara gratis dan sebagai pengganti dari proxy bawaan operator.

Kenapa kita harus repot-repot menggunakan squid gan? Kan proxy operator masih ada?

Karena di beberapa aplikasi gretongan seperti HTTP Injector dan KPN Tunnel untuk saat ini proxy bawaan operator sudah tidak work lagi untuk di jadikan remote proxy. Makanya satu-satunya cara agar kita tetap bisa mengakses internet secara gratis, kita dituntut harus menggunakan squid proxy sebagai alternatifnya.

Nah squid proxy inilah yang awalnya berbentuk kode numerik nantinya kita ubah menjadi sebuah nama domain. Dan nama domain tersebut bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita sendiri.

Lantas yang dinamakan domain itu apa sih mint? Menurut saya pribadi, domain itu nama lain dari alamat situs atau website atau blog.

Misalnya situs facebook mempunyai alamat situs (domain) www.facebook.com. Kemudian Youtube mempunyai alamat situs www.youtube.com. Kemudian google mempunyai nama domain www.google.com atau untuk google Indonesia mempunyai domain www.google.co.id. Sedangkan untuk google Singapore mempunyai nama domain www.google.sg.

Adapun nama domain dari blog madurace yang serba berantakan yang sedang kalian baca ini adalah www.madurace.com.

Namun yang kita bahas kali ini bukan domain situs yang telah saya jelaskan diatas, bukan! Tetapi yang kita bahas bersama ini maksudnya adalah tentang tutorial bagaimana caranya agar sebuah squid proxy itu bisa di ubah menjadi sebuah domain.

Jadi nantinya setelah kalian berhasil mengubah squid yang bersangkutan menjadi domain, maka domain tersebut tidak bisa di gunakan sebagai alamat situs, melainkan hanya bisa di gunakan menjadi remote proxy pada aplikasi-aplikasi gretongan tertentu. Seperti aplikasi HTTP Injector dan KPN Tunnel yang memang keduanya support dengan remote proxy.

Sebagai contoh misalnya kita mempunyai sebuah squid proxy dengan kode numerik 128.199.150.25. Kemudian kita ingin mengubahnya menjadi domain dengan nama sendiri atau nama blog kita sendiri (kalau punya). Misalnya saya memilih nama "madurace", maka squid proxy tersebut setelah di convert hasilnya akan menjadi seperti nama domain dibawah ini:
madurace.truedns.co
madurace.hostdns1.com
madurace.hostdns2.com
Madurace.hostdns3.com
dan lain-lain.

Lalu Apa Untungnya Mengubah Squid Proxy Menjadi Nama Domain?

Ada dua keuntungan yang kita ambil dari trik ini.
1.) Pertama lebih mudah di ingat.

Dengan mengubah squid menjadi domain tentu lebih mudah di ingat daripada kita harus menghafal squid yang berbentuk numerik satu persatu. Karena biasanya orang yang suka membuat config tiap hari seperti saya ini harus mencoba satu persatu squid mana yang work dan speed yang bagus. Karena status dari squid proxy itu sendiri selain speed down, terkadang mengalami gangguan. Hari ini work, besoknya udah coid, kemudian besoknya lagi work lagi. Begitulah status dari squid proxy.

Jadi kalau kita memasukkan squid tersebut satu persatu dengan cara copy-paste tentu membutuhkan waktu yang agak lumayan lama dan agak merepotkan (dikit). Apalagi sampai menghafalnya.

Namun kalau kita sudah mengconvertnya menjadi sebuah domain, maka hal itu akan lebih dinamis dan lebih simpel. Sehingga kita dapat meminimalisir waktu.

2). Agar orang lain tidak mengetahui squid yang kita gunakan.

Mungkin kita semua pada tahu jika status dari sebuah squid proxy itu tidak sama dengan proxy bawaan operator. Kalau kita menggunakan proxy milik provider, itu sudah pasti proxy tersebut ketika di jadikan remote proxy hasilnya sangat memuaskan. Karena memang sifat dari proxy operator tersebut memang kualitasnya sangat bagus yaitu fast konek dan speed melambung.

Namun sebaliknya ketika kita menggunakan squid proxy, maka tidak semua squid tersebut mempunyai kualitas yang bagus. Ada yang koneknya cepet tapi speed down, ada yang susah konek, tapi speed lumayan. Namun adapula yang fast konek (cepat konek) dan speednya agak lumayan tinggi bila di bandingkan dengan squid-squid yang lain.

Lah yang terakhir inilah yang membuat penasaran dan menjadi incaran orang lain ketika ada config yang statusnya fast konek dan speednya agak lumayan bagus. Sehingga mereka ingin mengetahui squid proxy yang digunakan pada aplikasi gretongan yang bersangkutan.

Bukannya remote proxy itu pada config-config tertentu banyak yang dikunci min? Jadi buat apa kita repot-repot mengubah squid tersebut menjadi sebuah domain?

Iya betul! Pada config-config tertentu memang banyak yang di kunci oleh si pembuat config. Akan tetapi sekalipun statusnya config tersebut sudah dalam kondisi lock atau di kunci, bukan berarti isi daripada config itu sendiri aman, Tidak!!!! Karena di luar sana sangat banyak para sahabat gretongan yang bisa membuka config orang lain meski config yang bersangkutan sudah dalam keadaan terkunci. Dan orang yang bisa membuka config buatan orang lain tersebut dalam bahasa gretongannya dijuluki dengan sebutan sniffer.

Lalu bagaimana caranya agar squid proxy andalan kita mau dijadikan nama domain?

Caranya sangat gampang gan! Yang terpenting kalian sudah mempunyai modal squid proxy yang kualitasnya bagus yaitu fast konek dan speed lumayan. Kalau kualitasnya jelek, ya gak usah dijadikan domain lah, toh siapa juga yang mau penasaran kalau statusnya susah konek dan speed down kayak jalannya keong racun lagi hamil.

Namun yang perlu agan-agan ketahui bersama, bahwa tidak semua squid bisa diubah menjadi nama domain. Hanya squid yang berasal dari fastssh.com lah yang bisa work. Sedangkan untuk squid yang bukan berasal dari fastssh, saya kira tidak bakalan work.

Waduh gak enak dong gan kalau hanya squid yang berasal dari fastssh doang yang bisa digunakan untuk mengubah squidnya menjadi nama domain!

Tenang! Itukan dulu. Kalau sekarang mah sepertinya squid yang berasal dari non-fastssh juga bisa di ubah menjadi sebuah domain. Hanya saja untuk memproses squid proxy menjadi nama domain tersebut berada di tempat yang berbeda. Ya tidak apa-apa jika cuma tempatnya yang beda. Kan yang terpenting cara dan hasilnya sama.

Jadi untuk mengganti sebuah squid menjadi nama domain itu nanti akan di bagi dua macam. Cara pertama khusus squid yang berasal dari fastssh sedangkan cara kedua khusus squid yang bukan dari fastssh.

Berikut cara mengubah squid proxy menjadi domain dengan nama kita sendiri.
1). Cara Pertama khusus squid yang berasal dari Fastssh:

■ Pertama siapin dulu squid proxy yang agan miliki (squid harus berasal dari fastssh.com ya, selain dari fastssh di skip saja dulu)

■ Kemudian klik DISINI

Kalau sudah, selanjutnya sekarang tinggal buat nama domain yang kalian inginkan.
Berikut perinciannya:
Hostname : di isi nama yang kalian inginkan
IP Address : di isi squid andalan kalian
Domain : pilih sesuai keinginan Kalian.

(Disini ada 7 domain yang bebas untuk kalian pilih, diantaranya adalah zxc.yt, zxc.re, vba.nz, truedns.co, hostdns1.com, hostdns2.com, dan hostdns3.com)

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Squid proxy

■ Terakhir! Jika form sudah terisi semua. Silahkan klik "submit".

- Jika setelah di submit muncul sebuah notifikasi berupa kalimat yang kurang lebih isinya seperti di bawah ini dan warna teksnya berwarna hijau:
" Success ! madurace.truedns.co has been successfully created "
Itu tandanya kalian telah berhasil mengubah squidnya menjadi nama domain.

- Namun apabila muncul notifikasi yang warna teksnya berwarna kuning ataupun merah dan kalimat pemberitahuannya tidak sama dengan diatas, maka itu kemungkinan besar nama domain yang kalian buat mengalami kegagalan.

2). Cara kedua: Khusus squid proxy yang bukan dari Fastssh.

Silahkan klik DISINI kemudian untuk step by stepnya caranya sama dengan cara yang pertama.

Sebenarnya kedua situs diatas bukan disediakan untuk membuat atau mengubah squid proxy menjadi nama domain. Melainkan di khususkan untuk mengubah/membuat hostname dari sebuah akun SSH. Namun karena squid proxy tersebut juga work diubah menjadi nama domain, ya kita manfaatin saja dulu kedua situs tadi untuk dialihkan fungsi. Toh hasilnya takkan mengurangi kualitas dari squid itu sendiri.

Baiklah! Mungkin hanya itu yang kami sampaikan tentang cara mengubah squid proxy menjadi nama domain. Semoga dengan hadirnya artikel yang berantakan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Akhir tulisan Untuk kalian semua!!!
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat