.

.

Cara Bagi Pulsa Axis, Indosat, Telkomsel, Dan XL

Axis, Indosat, Telkomsel, Three, XL, Simpati, As, IM3

Madurace.com - Cara Transfer Pulsa di Semua Operator. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang tahu kalau berbagi pulsa ke sesama operator itu sangat gampang dan tidak asing lagi di telinga kita. Karena memang dari masing-masing operator yang ada di Indonesia telah menyediakan layanan seperti ini sudah lama. Bahkan kalau tidak salah, sebelum saya mengenal Internet, layanan transfer pulsa semacam ini sudah di terapkan pada kartu XL.

Iya saya pertama kali menikmati layanan transfer pulsa ke sesama provider tersebut menggunakan kartu XL. Karena saya sendiri memang termasuk pelanggan yang bisa di bilang sangat setia terhadap kartu hasil produksi dari perusahaan telkomunisasi asal Negara Jiran (Malaysia) ini.

Alasan kenapa saya sangat suka sama kartu luna maya ini bukan karena si Luna cantik, Tidak! Melainkan karena di sebabkan tiga faktor diantaranya adalah sebagai betikut.

Pertama: karena di kampung saya mayoritas menggunakan kartu XL (sekarang udah mulai banyak yang pindah ke kartu AS Madura).

Kedua: Karena sinyal internet di kampung saya hanya XL yang paling bagus. Sedangkan untuk provider yang lain hanya edge. Sekalipun bukan edge, lemotnya minta ampun (Kalau ngomongin masalah internet, ya sekarang udah mulai pindah ke Axis, yang XL buat cadangan doang).

Ketiga: Karena XL dianggap paling murah di bandingkan dengan kartu-kartu yang lain. Baik itu dari segi tarif nelpon, sms maupun internet (Tapi itu dulu).

Berawal dari kartu XL yang saya gunakan itulah akhirnya saya bisa tahu kalau kartu tersebut bisa membagi atau mentransfer pulsa ke sesama operator tanpa harus membelinya di outlet-outlet / counter tertentu.

Dengan seiringnya waktu, kartu-kartu yang lain seperti milik operator Telkomsel (Simpati dan AS), Indosat (IM3), Three dan lainnya juga menyusul memberikan layanan transfer pulsa ini. Hanya saja kita sebagai pengguna dari salah satu kartu yang telah saya sebutkan diatas, terkadang tidak tahu nomor kode transfer kartu yang lain.

Misalnya kita selama ini menggunakan kartu XL, namun di lain kesempatan kadang-kadang kita memiliki kartu lain (sebut saja kartu As atau Simpati). Namun tiba-tiba salah satu dari orang terdekat kita, entah itu keluarga, kerabat, pacar atau apalah-apalah membutuhkan pulsa yang mendadak serta meminta bantuan atau tolong kepada kita untuk membaginya. Dan kebetulan yang dibutuhkan adalah pulsa dari kartu As atau Simpati.

Tentu dengan kejadian seperti ini akan membuat kita bingung untuk mentransfernya karena kita sendiri tidak tahu berapa kode dialnya untuk berbagi pulsa dari kedua simcard tersebut? Serta kode nomor pusat dari transfer pulsa itu sendiri juga tidak tahu.

Sekalipun kita sudah pernah mengetahuinya dan pernah mengalami berbagi pulsa kepada orang lain, terkadang di lain kesempatan atau di lain hari ketika kita ingin bagi pulsa kembali, malah kita sendiri sudah tidak mengingatnya lagi berapa kode tersebut? Kalau sudah lupa atau tidak ingat lagi, baru kita tanya sana-sini kepada teman-teman yang lain berapa kode transfer pulsa dari operator yang bersangkutan. Namun sialnya mayoritas dari teman-teman yang di tanyain barusan juga banyak yang tidak mengetahui kode transfernya berapa?

Usut punya usut, akhirnya sebagian dari kita terpaksa harus mengurungkan untuk mentransfernya. Tetapi ada pula sebagian diantara mereka yang ingin tetap membaginya tidak berhenti sampai disitu. Mereka terus bertanya, bertanya dan bertanya hingga menemukan jawaban yang benar-benar klop untuk di terapkan.

Jika orang-orang yang ada di sekitarnya saja sudah tidak ada lagi yang tahu, dimanakah mereka akhirnya bertanya dan mendapatkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan itu tadi? Ya tentu mereka bertanya kepada mesin (pakarnya) yang telah menampung dari segala ilmu dong! Mesin apakah itu? Penasaran!?? Ya mesin pencarian Google lah, mau di cari kemana lagi kalau bukan ke Google? Mau bertanya langsung ke Gerai Center operator jaraknya sangat jauh, mau bertanya ke Customers Service melalui layanan Call Center, malah tambah ribet lagi masalahnya karena nomor yang mau di hubungi juga tidak tahu berapa? Serta yang ingin berbicara langsung ke customers servicenya juga bingung mau ngomong apa?

Jadi satu-satunya jalan yang harus kita tempuh agar transfer pulsa tadi berhasil terkirim ke orang yang meminta tolong barusan, mau tidak mau, ya kita harus searching melalui Google.

Dengan bertanya ke Google Insya'Allah apa yang kita cari akan ditemukan disana. Karena hampir semua ilmu tentang telkomunikasi dan informasi yang kita butuhkan sudah ada disana. Jangankan cuma Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK), Ilmu tentang agamapun juga banyak yang membahasnya.

Perlu agan-agan ketahui bersama bahwa untuk berbagi pulsa ke sesama operator itu bisa dilakukan dengan dua metode. Pertama bisa dilakukan dengan cara melalui Dial (UMB) dan kedua bisa dilakukan dengan cara mengirimkan pesan (sms).

Dengan adanya kedua cara tersebut tentu dapat mempermudah kita untuk memilih mana yang menurut kita yang paling gampang untuk mentransfernya. Mau dikirim melalui sms boleh, mau dikirim via dial juga boleh. Yang terpenting pulsa yang ingin kalian transfer sudah sesuai dengan ketentuan atau syarat masing-masing operator. Kalau tidak memenuhi syarat yang telah di tentukan oleh operator, ya itu tidak boleh. Karena bagaimanapun juga jika tidak memenuhi syarat pulsa akan gagal di transfer.

Sedangkan syarat dari masing-masing operator mungkin tidak sama antara operator yang satu dengan yang lainnya. Namun yang jelas, syarat yang paling utama atau paling inti yang telah ditetapkan oleh masing-masing operator adalah pulsa yang mencukupi (ini yang paling penting).

Berikut Cara Mentransfer Atau Bagi Pulsa Ke sesama Operator.

1. Kartu Axis
Via SMS.
■ Ketik [Bagi] [spasi] [Nomor Penerima] [spasi] [Jumlah Nominal]

■ Kemudian Kirim ke 168.
Contoh format bagi pulsa Axis ke nomor 083123456789 sebesar Rp.10.000

Bagi 083123456789 10000 Kirim ke 168. Dan ikuti petunjuk selanjutnya

Via Dial (UMB)
■Tekan *123*6*3*4# kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

(Kode dial bisa sewaktu-waktu berubah tanpa sepengetahuan pengguna)

2. INDOSAT
(IM3 Ooredoo & Mentari Ooredoo) dan paskabayar (Matrix Ooredoo Auto) 

Via SMS
■Ketik [Transferpulsa] [spasi] [Nomor Tujuan] [spasi] [Jumlah Nominal]

■ Kemudian Kirim ke 151

Contoh format bagi pulsa ke nomor 08151234567 sebesar Rp.5000

Transferpulsa 08151234567 5000 kirim ke 151. Dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Via Dial (UMB)
Kartu Prabayar (IM3 Ooredoo & Mentari Ooredoo).
■ Tekan *123*7*2*3*1# kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Kartu Pasca Bayar (Matrix Ooredoo Auto)
■ Tekan *123*7*1*6*1# kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

3. TELKOMSEL
(simPATI, Kartu AS, dan LOOP).
Via SMS
■Ketik [TPULSA] [spasi] [Jumlah Nominal]

■ Kemudian Kirim ke Nomor Tujuan.

Contoh format pengiriman pulsa Telkomsel ke nomor 085210987654 sebesar Rp.10.000

TPULSA 10000 Kirim ke  085210987654.

■ Bila kalian mendapati SMS dari nomor 858 yang isinya kurang lebih " Anda akan mengirimkan pulsa Rp. 10000 ke nomor bla bla bla... ". Silahkan di balas sms tersebut dengan mengetik "YA".
(Kata "YA" harus menggunakan huruf kapital / besar semua, jangan sampai salah satunya ada yang menggunakan huruf kecil, karena kalau pake huruf kecil, keyword tidak akan terbaca oleh siatem).

Via Dial (UMB)
■ Tekan *858*1#
■ Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

4. XL
Via SMS
■Ketik [Bagi] [spasi] [Nomor Penerima] [spasi] [Jumlah Nominal]

■ Kemudian Kirim ke 168.

Contoh format bagi pulsa XL ke nomor 083123456789 sebesar Rp.10.000.

Bagi 083123456789 10.000 Kirim ke 168. Dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Via Dial (UMB)
■ tekan *123*168*nomor tujuan*jumlah nominal#
■ Ok / Yes. Dan ikuti langkah atau petunjuk selanjutnya.

Contoh format bagi pulsa ke nomor 083123456789 sebesar Rp.10.000.

*123*168* 083123456789*10000#.
(Kemudian tekan Ok / Yes. Dan ikuti petunjuk selanjutnya).

5. THREE
Maaf banget gan, untuk kartu tree di kampung saya tidak ada sinyal, jadi harap dimaklumi (Saya sendiri kurang tahu kenapa kartu three ini tidak mau masuk ke tempat-tempat terpencil seperti Desaku ini?).

Baiklah hanya itu yang kami sampaikan tentang tutorial cara bagi pulsa semua operator yang tersebar di seluruh Indonesia (ke sesama operator). Semoga artikel yang saya ketik melalui keypad Samsung kesayanganku ini dapat menjadi pelajaran atau wawasan yang berharga bin bermanfaat bagi kita semua.

Akhir Tulisan untuk kalian semua tanpa terkecuali, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh! Amin

Bagikan jika bermanfaat