Cara Mendeteksi Kondisi Cuaca Terkini, Gempa Bumi, dan Tsunami Melalui HP Android


Madurace.com - Kalau dulu kita ingin mengetahui kondisi prakiraan cuaca terkini dan info tentang gempa bumi yang terjadi di Indonesia, tentu kita dapat mengetahuinya melalui media elektronik dan media cetak seperti Televisi, Radio dan Surat Kabar (Koran dan Majalah).


Biasanya di media-media tersebut khususnya di Televisi pada jam-jam tertentu mengabarkan prakiraan cuaca terkini dari suatu daerah yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia dan Dunia.

Sedangkan untuk kabar gempa buminya, info yang ditayangkan atau disebarkan ke khalayak umun tidaklah menentu. Karena sifatnya tidak seperti Prakiraan cuaca yang selalu stand by tanpa mengenal waktu.

Palingan gempa yang di liput dan di kabarkan oleh berbagai media tersebut adalah gempa yang mempunyai kekuatan besar (dahsyat) yang dampaknya menimbulkan kerusakan yang sangat parah dan menelan korban. Sedangkan untuk gempa-gempa yang mempunyai kekuatan yang berskala richter rendah, tidak di publish ke dunia massa.

Jadi kalau di daerah-daerah tertentu itu terdapat sebuah gempa yang berkekuatan rendah yang statusnya tidak menimbulkan kerusakan dan korban, kita sebagai pemirsa tidak akan mengetahui infonya gimana. Hal itu dikarenakan lantaran pihak media tidak meliputnya.

Lagian kalau gempanya tidak menimbulkan kerusakan dan tidak membayakan, ngapain juga harus di liput dan disebarkan gan? Toh itu tidak membuat ego pemirsa menjadi iba dan simpati.

Tapi itu dulu gan! Kalau sekarang mah untuk mengetahui info terkini tentang prakiraan cuaca dan Gempa yang terjadi di daerah-daerah tertentu itu sangat gampang. Kita tidak usah menunggu berita atau info yang di siarkan diberbagai media lagi. Cukup buka smartphone Android yang kita punya, maka disitulah kita mengetahui info yang kita inginkan.

Bukan cuma yang ada di daerah-daerah tertentu saja yang kita ketahui tentang prakiraan Cuacanya, tetapi di tempat kita tinggal juga bisa dilihatnya bagaimana kondisi cuaca yang akan terjadi di hari ini atau besok dan lusa.

Apakah besok di tempat kita tinggal keadaan cuacanya Cerah, Berawan, Hujan atau Hujan yang disertai petir? Semuanya bisa kita melihatnya nanti di layar ponsel kesayangan kita. Bahkan gempa yang terjadi di seluruh Indonesia sekalipun bisa kita ketahui melalui ponsel kita. Entah itu gempa yang terjadi didalam bumi maupun yang terjadi didalam laut.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui Prakiraan Cuaca terkini dan Gempa Bumi di suatu daerah-daerah tertentu melalui HP Android? 

Caranya sangat gampang gan! Kalian tinggal pergi ke gudang Aplikasi Play Store kemudian cari aplikasi yang bernama Info BMKG. Jika sudah ketemu, silahkan di install aplikasinya kemudian buka.

Nah disana kalian akan mendapati berbagi info tentang prakiraan cuaca dan gempa bumi yang terjadi diseluruh Indonesia. Mulai dari Kecepatan Angin, kedalaman Gempa, Kekuatan Gempa (Skala Rickter), Dampaknya Gempa (Apakah menyebabkan Tsunami atau Tidak?), Waktu Gempa, Daerah Tempat kejadian gempa dan masih banyak info-info yang lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Pokoknya didalam aplikasi tersebut informasinya benar-benar komplit dan akurat!

Ya bagaiamana tidak mau komplit dan akurat wong aplikasi yang bersangkutan murni atau resmi diluncurkan / dikembangkan oleh pihak BMKG. Yaitu sebuah lembaga depertemen pemerintah yang bergerak/bertugas dibidang ilmu Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

BMKG itu sendiri kependekan atau singkatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. #mdrc.com

Bagikan jika bermanfaat