Tips Agar Wifi Yang Tidak di Password Tidak bisa Diakses oleh Ponsel Lain

Madurace.com - Secara tidak langsung, Wi-Fi yang status keamanannya dibiarkan terbuka (tidak di beri password), kemudian Wifi tersebut diaktifkan maka itu sama halnya dengan memberikan izin kepada segenap perangkat-perangkat yang ada disekitarnya. Lah kok bisa begitu gan?


Karena secara default, Wifi yang tidak di password tersebut memang dirancang untuk mengizinkan perangkat lain agar bisa tersambung di jaringan yang sama. Sehingga perangkat-perangkat yang ada di jangkauannya dapat memasuki tanpa harus menunggu persetujuan / konfirmasi langsung dari pihak yang punya Wi-fi itu sendiri.

Itulah sebabnya kenapa disana (dipengaturan telpon) pada bagian Hotspot Wi-Fi Portable selain diberi pengaturan terbuka juga diberi settingan keamanan khusus (password). Tujuannya tentu tidak lain dan tidak bukan adalah agar perangkat-perangkat yang ada disekitarnya tidak seenaknya masuk tanpa izin dari Si Mpunya.

Namun terkadang mengasih password pada Wi-Fi yang kita kelola itu lama-lama bosen juga. Karena tiap kali kita mau menshare jaringan Wifi ke orang lain baik itu ke teman, pacar, kerabat, saudara (keluarga) maupun ke perangkat kita sendiri yang lain (jika punya lebih dari satu perangkat, entah itu ponsel/tablet atau Laptop) harus memasukkan passwordnya dulu. Sedangkan password yang dibuatnya tadi kadang mempunyai kombinasi yang sangat rumit yang sangat susah untuk kita masukkan.

Kalau yang share Wifinya keperangkat kita sendiri masih mendingan, karena biasanya kita hanya memasukkan passwordnya satu kali saja. Sedangkan untuk memasukkan berkali-kali sangat jarang kecuali perangkat atau ponsel kita itu diresert ulang.

Yang jadi masalah dan bikin ribet disini adalah ketika ada orang lain yang menanyakan password yang kita buat tersebut malah meski sudah dikasih tahu berkali-kali justru passwordnya setelah dimasukkan salah terus. Lah kejadian seperti ini yang bikin kita sebel dan harus turun tangan sendiri untuk memasukkannya.

Nah daripada kebelakangnya kejadian seperti itu tidak terulang kembali dan tidak bikin kita repot, mendingan pengaturan Wi-fi yang ada di perangkat atau hp kita tidak usah dikasih password.

Lah kalau Wifinya tidak dikasih password, entar ketika kita menghidupkan jaringan Wifinya malah banyak yang nyolong gan?

Tenang!!! Kalau masalah itu mah gak usah dikahawatirkan. Itu bisa diatasi. Sekalipun Wifi ponsel kita tidak dikasih password, orang lain gak bakalan seenaknya masuk ke dalamnya. Bahkan mau di hack sekalipun juga gak bakalan mempan. Palingan pas mau masuk, di ponselnya cuma muter-muter doang. Miehehe.

Berikut caranya agar orang lain tidak bisa mengakses / masuk ke jaringan Wifi kita meski pengaturannya di setting terbuka.

1). Pertama silahkan buka pengaturan Telpon.

2). Kemudian pilih Hotspot Pribadi. 

3). Lalu Pengelolaan Koneksi

4). Kemudian Jumlah Sambungan Yang Di izinkan.

5). Selanjutnya pilih sesuai keinginan agan berapa perangkat (ponsel / tablet / PC / laptop) yang ingin diizinkan ketika Wifi kalian diaktifkan. Selesai
Lihat Gambar

1 Koneksi : artinya hanya 1 perangkat saja yang diizinkan (bisa) mengakses Jaringannya ketika Hotspot Wi-Fi Portable seluler agan diaktifkan.

2 Koneksi : artinya hanya 2 perangkat saja yang bisa masuk Jaringan ketika Hotspot Wi-Fi Portable ponsel kalian diaktifkan.

Catatan:
Cara diatas saya menggunakan perangkat/HP Android merk VIVO sebagai alat peraga. Untuk merk-merk yang lain seperti Samsung, Lenovo, Oppo, XIAOMI dan lain sebagainya mungkin pengaturannya tidak sama dengan cara diatas. Jadi harap dimaklumi mengingat pengaturan smartphone Android itu memang tidak sama antara ponsel yang satu dengan yang lainnya. 

Semoga bermanfaat! Aminn
Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagikan jika bermanfaat