Waspadalah!Aplikasi Android Bisa Saja Mencuri Foto dan Video Anda

Mungkin orang awam seperti kita ini (terutama saya pribadi) tidak begitu mengetahui jika Aplikasi yang sudah ter-install didalam ponsel itu sangat berbahaya bagi data pribadi kita!? ia kita harus akui bahwa memang di antara kita banyak yang kurang mengetahui tentang hal itu bahkan tidak pernah mengetahuinya sama sekali. Jadi jangan heran bila anda pernah mendengar atau menonton tentang photo-photo/video mesum milik orang-orang terkenal seperti artis dan pejabat negara begitu mudah tersebar di dunia maya.Memang Anda bukanlah orang-orang penting seperti mereka tapi bagaimanakah jika di dalam ponsel  anda terdapat foto-foto vulgar atau video mesum pribadi anda tercuri? Apakah anda tidak merasa khawatir tersebar di dunia maya?

Setelah saya melakukan pengecekan di berbagai Aplikasi yang sudah terinstall di device saya sendiri ternyata ada beberapa Aplikasi yang bisa mengambil gambar atau Video tanpa sepengetahuan pengguna misalnya seperti; Messenger facebook, Kakao Talk, Imo, BBM, Whatsapp,  Google+ dan lain sebagainya.

Sebenarnya aplikasi-aplikasi  tersebut tidak secara ilegal mencuri data dari ponsel Anda. Pihak pengembang aplikasi yang bersangkutan telah mencantumkan data apa saja yang bisa diakses dari smartphone anda dalam dokumen license agreement sebelum proses instalasi di mulai.Hanya saja kita sebelum melakukan proses peng-install-an tidak pernah membaca lisensinya dan langsung mengetuk"Accept /setuju"karena terburu-buru untuk segera di gunakan.

Untuk mengetahui lebih detail tentang aplikasi yang ada di ponsel anda silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
◇ Pertama buka menu Settings → Apps
  atau Settings →Manager Aplikasi.

◇ lalu pilih aplikasi yg ingin di cek dan gulir ke bawah sampai menemukan daftar lisensinya.

Kalau daftar lisensinya sudah di temukan Silahkan anda baca sendiri secara saksama data apa saja yang bisa diakses dari aplikasi tersebut tanpa sepengetahuan anda.

☆Menggunakan Apps Analyst.


Jika anda ingin mengecek tanpa harus menggunakan cara manual seperti di atas, anda cukup menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download secara gratis di play store.Caranya cukup mudah dan simpel.
◆ pertama install dulu apps-nya
◆ Kemudian "Buka" Aplikasi
◆ lalu pilih Aplikasi yang mau di cek lisensinya.
◆ setelah keluar daftar halaman lisensinya maka"ketuk"di tengah-tengah halaman tersebut sehingga anda akan dibawa ke daftar lisensi yang lebih anda pahami dan yang lebih detail tentunya.

Meskipun Aplikasi-aplikasi yang telah di sebutkan di atas sampai saat ini masih aman-aman saja di gunakan, setidaknya anda sekarang bisa mengetahui bahwa aplikasi tersebut dapat mengambil data pribadi Kapan saja dan di mana saja tanpa sepengetahuan penggunanya.Sehingga anda sendiri lebih bisa berhati-hati dan tidak ceroboh dalam menyimpan data pribadinya.
Semoga dengan artikel yang saya posting kali ini dapat menambah wawasan pembaca.sekian terima kasih

Bagikan jika bermanfaat