Cara Mengunci Android Menggunakan Wajah Dan Suara


Hallo Indonesia....!
Mungkin bagi para pengguna smartphone android sudah terbiasa mengunci ponsel miliknya dengan menggunakan PIN (personal identification number) , Password dan pattern!? Akan tetapi ada pula para pengguna Android yang masih belum mengetahui bahwa ponsel miliknya bisa di kunci dengan menggunakan verifikasi suara, verifikasi sidik jari, dan verifikasi pengenal wajah.

Kemungkinan besar yang lagi serius membaca artikel ini yang kebetulan nyasar ke blog madurace.com juga pada tidak mengetahuinya bahwa ponselnya bisa di kunci dengan menggunakan suara dan wajah. Betul gak? Betul kali, kalau tidak betul ngapain sobat masih membuka blog ini!

Sebenarnya di awal abad millennium jauh sebelum adanya Smartphone Android di ciptakan, sejatinya sudah ada yang namanya sistem keamanan yang berlapis yang di gunakan oleh pihak perkantoran dan rumah modern. Sehingga dengan adanya sistem keamanan yang serba canggih tersebut tidak sembarangan orang yang bisa memasuki ke dalamnya. Hanya orang-orang yang mempunyai wajah dan suara yang dikenali oleh sistem-lah yang bisa memasukinya.
Kini, dengan berkembangnya Ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi yang begitu pesat, hal serupa seperti gambaran diatas juga bisa di terapkan di Smartphone Android. Sehingga orang yang bisa membuka Smartphone android tersebut hanyalah orang yang suaranya dan wajahnya yang telah di kenal oleh sistem perangkat android itu sendiri. Yang lain lewatttt...Serius? Emang bisa? Kalau bisa Bagaimana cara membuat atau mengaturnya?

Bila anda ingin mencoba untuk mengatur atau membuat kunci ponsel android anda dengan menggunakan perintah suara dan pengenal wajah, maka intiplah step by stepnya di bawah ini;

Perlu Anda ketahui bahwa fitur untuk membuat kunci android dengan menggunakan capture wajah dan perintah suara kemungkinan besar tidak berlaku bagi Android versi 4.0 kebawah.

Dan satu hal lagi bahwa Pengaturan di setiap android itu tidak semua sama, maka dari itu sobat bisa mencarinya sendiri di pengaturan keamanan atau setting (security). Contoh yang diterapkan di artikel ini menggunakan device Android merk Samsung versi 4.3(Jelly Bean).

Udah dulu deh apacapanya, Ntar step by stepnya jadi lupa gara-gara kebanyakan bacot.

1.Cara Mengunci dengan Wajah

Setting
■ kemudian "Security"
■ Lalu "Encrypt Device"
■ Selanjutnya "Set Screen Lock Type"
■ Kemudian pilih "Face Unlock"
■ pilih "Next"→Lalu pilih "Set it Up" dan pilih "Continue"
■ Selanjutnya arahkan camera ponsel ke wajah anda dan tunggu sampai camera selesai memverifikasi atau merekam wajah anda hingga titik putih berubah total menjadi titik warna hijau.
Lihat Gambar

■ Setelah wajahnya selesai di verifikasi maka selanjutnya pilih "Continue"→Lalu pilih "pattern" atau "PIN" untuk membuat kunci cadangan.Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kalau sewaktu2 perangkat tidak mengenali wajah dan suara anda.
■Selesai.

Sebenarnya sampai disini anda telah berhasil mengunci android anda dengan wajah (face lock). Namun jika Anda ingin menambahkan lagi dengan menggunakan suara, maka simaklah step by stepnya di bawah ini.

2.Cara Mengunci dengan Wajah dan Suara.

Cara ini hampir sama dengan cara yang di atas, yaitu pertama masuk ke

Setting
■kemudian "Security"
■Lalu "Encrypt Device"
■Selanjutnya "Set Screen Lock Type"
■Kemudian pilih "Face and Voice"
■pilih"Next"→Lalu pilih "Set it Up" dan pilih "Continue"

■Selanjutnya arahkan camera ponsel ke wajah anda dan tunggu sampai camera selesai memverifikasi mengcapture atau memotret wajah anda hingga titik putih berubah total menjadi titik warna hijau.(Screenshotnya sudah ada di atas)

■Setelah wajahnya selesai di verifikasi maka selanjutnya pilih "Continue"

■ Lalu ketuk/tekan tombol "record" untuk merekam suara anda yang nantinya akan menjadi kata sandi ponsel anda. Usahakan jarak antara mulut dengan ponsel anda berjarak 20-30 cm.

■Selanjutnya ucapkan kata sandi anda sebanyak 4 kata dengan delay kurang lebih 1.5 detik.→Dan pilih "Done"
(Lihat Gambar No 1,2&3)

■Setelah wajah dan suaranya selesai di verifikasi maka selanjutnya pilih "Continue"

■Lalu pilih  "pattern" atau "PIN" untuk membuat kunci cadangan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kalau sewaktu2 perangkat tidak mengenali wajah dan suara anda.
■Selesai.

Kurang lebih begitulah cara mengunci smartphone Android dengan menggunakan wajah dan suara. Semoga bermanfaat.

Bagikan jika bermanfaat