Awas Phising Facebook Merajalela!Peretas Mengintai Facebook Anda


Belakangan ini Sudah banyak pengguna Facebook yang telah jadi korban dari teknik hacking yang satu ini yaitu Phising.

Apa itu Phising? Phising adalah  adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna (Wikipedia).

Modus operasinya adalah berusaha membuat seseorang mengunjungi situs yang salah sehingga memberikan informasi rahasia berupa username atau nama pengguna dan password maupun yang lainnya.
Biasanya pelaku membuat situs yang memiliki domain yang hampir mirip dengan yang aslinya. Begitu pula dengan tampilan template situsnya, semua di sesuaikan dengan situs aslinya.

Teknik phising ini juga di sebut dengan sebutan Fake Login, Dimana seseorang login atau masuk di halaman yang bukan sebenarnya.

Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:
→ Apabila seseorang memasukkan username dan password dari sebuah halaman login palsu, Maka secara otomatis username dan password tersebut akan terekam dan terkirim ke email pembuat halaman login palsu tersebut.

Untuk membuat sebuah Phising Facebook atau phising situs lainnya, Seseorang tidak harus menjadi hacker/cracker yang berprofesional. Seseorang seperti anda ini bisa saja membuatnya tanpa ribet karena script php-nya sudah bertebaran di Google.

Meski phising itu sendiri tidak harus di lakukan oleh hacker/cracker professional namun dampaknya sangat berbahaya bagi orang lain apalagi terhadap orang-orang yang masih baru terjun ke dunia internet.

Belakangan ini phising Facebook merajalela di berbagai Grup menyebarkan link-link yang begitu menggoda (porno) untuk di klik oleh para calon korban. Walhasil, Tidak sedikit para pengguna yang kena jeratnya.

Dengan maraknya penyebaran situs phising di berbagai grup dan Fanspage facebook tersebut membuat para admint dari masing-masing grup dan Fanspage kewalahan untuk menghapusnya.
Lihat Gambar.
Screenshot penyebaran link phising facebook secara massal menggunakan akun facebook korban yang telah di hapus oleh admint grup

Untuk mengetahui apakah situs itu termasuk phising atau bukan, Sebaiknya anda cek dulu nama alamat situsnya atau domain dan subdomainnya di Address Bar.

Berikut nama alamat situs asli dari Facebook yang menggunakan domain dan subdomain.

(tampilan facebook versi web)

(Tampilan facebook versi mobile)

(Tampilan facebook versi tablet)

4. https://0.facebook.com
(Di sebut juga dengan Zero Facebook,dengan menggunakan alamat link ini anda bisa berfacebookan secara gratis tanpa di kenakan biaya sepeserpun. Work atau tidaknya tergantung provider atau operator yang anda gunakan)

Jika anda menemukan halaman login facebook namun alamat situsnya tidak sesuai dengan yang saya cantumkan di atas maka kemungkinan besar itu adalah phising. Maaf bukan "mungkin" lagi tapi itu sudah jelas-jelas phising.

Di bawah ini saya cantumkan juga contoh nama situs phising facebook yang pernah saya jumpai tapi sudah di bannerd. Akan tetapi meski sudah di bannerd, Alasan saya mencantumkan alamat situs phising tersebut agar bisa di jadikan referensi oleh pembaca sehingga nantinya anda lebih berhati-hati dalam melakukan login facebook.

Berikut alamat phising facebook yang pernah saya temukan. Baik di beranda facebook maupun di luar facebook.

1. http://facebookcom---.pw

2. http://chat-video-facebook.tk

3. http://porn-faceb00k.com

Di bawah ini contoh screenshot halaman Login Phising Facebook yang belakangan ini marak di grup-grup facebook.
Lihat Gambar.
Screnshot halaman phising login facebook yang akhir akhir ini di sebarkan melalui berbagai grup

Bila anda menemukan halaman login seperti gambar di atas lebih baik abaikan saja. Atau bisa anda isengin saja dengan memasukkan email dan password sembarang biar si pembuat phising merasa jengkel. Misalnya form email di isi"Anjingloh" dan form password di isi "Dasar setan loh". Nanti setelah terkirim akan masuk ke alamat email si pembuat phising.

Oa sekalian saja saya akan kasih tips-nya agar anda tidak terkena Fake Login (phising) Facebook. Berikut yang perlu di perhatikan untuk masuk atau login ke situs facebook agar aman.

1) Perhatikan dengan benar link address websitenya.
◆Contoh kalau anda pengguna yang menggunakan laptop/PC link login yang benar adalah sebagai berikut:
<- jadi pastikan linknya: 

◆Contoh kalau anda pengguna yang menggunakan  ponsel (mobile) link login yang benar adalah sebagai berikut:
<- jadi pastikan linknya: 

2). Jika anda membuka sebuah situs dari facebook kemudian di redirect ke situs lain yang tampilan halamannya sama atau mirip dengan login facebook lalu tiba-tiba diminta login ulang, sebaiknya hati-hati, karena kemungkinan halaman pe-login ulang tersebut adalah halaman palsu yang sengaja dirancang oleh para peretas (hacker/cracker).

Sekian dan terima kasih semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Baca Juga:
Cara Mengecek Apakah Facebook Anda Pernah Di Bobol Atau Tidak

Cara Login Facebook Tanpa Menggunakan Email

Bagikan jika bermanfaat