Cara Membuat Tulisan Animasi Berjalan Dan Bergerak Di Android



Apakah diantara kalian pernah  melihat gambar yang di dalamnya terdapat tulisan bergerak atau berjalan? Pastinya pernah dong! Kalau tidak pernah ya udah lihat saja di blog ini.
Teks yang bergerak dan berjalan di dalam sebuah gambar tertentu itu di sebut juga dengan nama Animasi atau dalam bahasa bule-nya di sebut Animation.Itu kalau tidak salah..hohohoo..

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Animasi adalah acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak. Namun yang akan di bahas blog kali ini bukan Animasi seperti Film Animasi Tom&Jerry dan Naruto itu loh melainkan Animasi gambar yang akan di sisipi beberapa teks/tulisan yang nantinya bisa berjalan atau bergerak.

Sebenarnya untuk membuat sebuah animasi yang berformat GIF cukup mudah dengan menggunakan beberapa software yang tedapat di PC atau laptop. Salah satunya menggunakan software Photoshop yang sangat gampang dan sangat di minati oleh para editor Indonesia.
Namun dengan pesatnya Perkembangan teknologi yang serba canggih saat ini Anda juga dapat membuat Animasi menggunakan smartphone Android dengan mudah dan hasilnya juga di bilang memuaskan seperti layaknya Anda membuat via laptop atau PC.

Di gudang Aplikasi Play Store sudah tersedia berbagai jenis Aplikasi untuk membuat sebuah Animasi GIF yang hasilnya tidak kalah kerennya dengan software yang ada di PC atau Laptop. Diantaranya sebagai berikut;
1. PicsArt
2. Fixie GIF Camera
3. Gif Maker
4. GifBoom: Animated GIF Camera
5. Gif creator
6. Dll.

Dari berbagai jenis Aplikasi Animasi GIF yang sudah tercantum di atas hanya Aplikasi PicsArt-lah yang akan di bahas oleh Madurace.com.
Oke mari di simak step by stepnya di bawah ini:

1. Pertama hisap dulu Apps PicsArt di Play Store. Bagi yang sudah punya silahkan di perbarui ke versi yang terbaru karena untuk versi yang lama tidak ada fitur Animasi GIF-nya.

2. Setelah terinstall lalu buka Apps-nya dan pilih "Edit"

3. Kemudian pilih Gambar atau foto yang ingin di jadikan Animasi. Dan pilih "edit" pojok kanan atas.
Lihat Gambar

4. Buatlah tulisan sesuai keinginan sobat dengan menggunakan fitur "teks".
Jangan lupa untuk memilih warna kemudian ketuk tanda "centang" yang ada di pojok kanan atas.
Contoh disini menggunakan warna Biru
Lihat Gambar

5. Silahkan letakkan tulisan yang anda buat tadi di bagian gambar atau foto. Dan jangan lupa pilih tanda "centang" untuk menyimpannya.
→Tarik keluar=untuk memperbesar teks
→Tarik kedalam=untuk memperkecil teks
Lihat Gambar

6. Ulangi langkah No.4 dan No 5 serta ubahlah warna teks menjadi warna hijau muda (Aqua) atau semacamnya.
Lihat Gambar

7. Selanjutnya tempelkan teks yang kedua di atas teks yang pertama. Usahakan Panjang dan lebarnya harus di sesuaikan biar hasilnya lebih keren.
Lihat Gambar

8. Kemudian pilih "GIF" dan atur kecepatan delay-nya.
Contoh disini mengambil delay 0.1
Lihat Gambar

9. Terakhir di "Save"

Dan Lihat hasilnya.

Kurang lebih begitulah cara sederhana membuat animasi tulisan berjalan dan berkedip di Android. Untuk selanjutnya silahkan anda eksplorasi sendiri karena saya yakin anda lebih kreatif dari saya.
Sekian dan terima kasih.

Bagikan jika bermanfaat