Cara Flash/Install Ulang HP Android


Madurace.com - Menginstall ulang atau Flashing sebuah Android itu sangatlah penting. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan atau kerusakan system yang di alami pada Android itu sendiri.

Kerusakan pada system Android biasanya di sebabkan karena beberapa faktor di antaranya ialah; seperti kesalahan mengganti Stock ROM ke Custom ROM, Menginstall Aplikasi yang di dalamnya sudah tersisipi Malware jahat (Virus) , Dan lain sebagainya.

Akibat dari hal itu dapat menyebabkan Android kesayangan anda tidak berfungsi secara normal seperti biasanya. Sehingga android terkadang mengalami Aplikasi Error , beberapa fitur setting tidak berfungsi, Touchscreen kurang sensitif , bootloop (Setelah di hidupkan layar ponsel hanya nyangkut di merk samsung saja atau merk vendor lainnya) , Bahkan ponsel Android blank alias mati total.

Untuk mengatasi kendala yang telah di sebutkan di atas maka salah satu solusinya adalah harus memflashing atau Install ulang Stock ROM android tersebut.
Sebelum melakukan flash/install ulang sebaiknya anda harus mem-backup data yang ada didalam smartphone android tersebut serta mempunyai beberapa peralatan yang harus di siapkan.

Perlengkapan yang harus di siapkan adalah;

Pc atau Laptop OS Windows (selain windows ane belum mencobanya)

■Samsung USB Driver bisa anda sedot Disini atau bisa langsung Disini

Odin Versi 3.07, Versisi 3.09, dan Versi 3.10 anda bisa ambil →Disini (silahkan pilih salah satunya)

■ Kabel USB (ane menyebutnya kabel data)

■ Stock ROM Samsung cara mendapatkan stock ROM Samsung hisap Disini
→Bila sudah masuk ke situsnya maka masukkan type ponsel anda di searchbox nanti akan muncul list ROM silahkan dipilih. Pada saat anda memilih ROM maka sobat akan menemui ROM dari berbagai negara, sobat bisa memilih dari negara lain konsekuensinya bahasa Indonesia tidak ada. Setelah selesai di download apabila formatnya zip maka silahkan extract terlebih dahulu.

Nah bila alat tempurnya sudah siap semua, Kini saatnya untuk memulai ke medan perang yang sesungguhnya. Silahkan simak baik-baik guys..

1). Matikan dulu ponsel agan. Dan tunggu  sampai 30 detik

2). Kemudian hidupkan kembali ponselnya dengan cara menekan tombol (Power + Home + Volume Down/untuk mengecilkan suara) secara beramaan hingga merk ponsel sobat muncul, Lalu lepas. Setelah itu akan muncul notifikasi mode "Download"
→ Pilih "Continue/Lanjutkan" dengan menekan "Volume Up" (memperbesar suara)"
Lihat Gambar

3). Selanjutnya sambungkan Android anda ke PC atau Laptop yang telah terinstall samsung driver menggunakan cable USB (kabel data)

4). Buka odin v3 dan lihat tanda biru di sisi kiri menandakan perangkat anda sudah tersambung.

5).  Lalu pilih AP (Jika anda menggunakan Odin Versi 3.09) atau PDA (Jika anda menggunakan Odin Versi 3.07) kemudian browse file stock ROM yang sudah di download dan sudah di extract tadi,Contoh "I9300XXUGNA8_I9300XXUGNB6_I9300OJVGBN3_tar.md5". 
Tunggu sesaat hingga pada dialog box
muncul tulisan LEAVE CS.
Dan pastikan juga di dialog box muncul tulisan ADDED!!.untuk memastikan bahwa Ponsel Android benar-benar terconnect ke Odin.
Lihat Gambar

6). Jika langkah yang diatas sudah dilakukan , Selanjutnya tinggal Klik "START" dan tunggu prosesnya sampai selesai

7). Ketika prosesnya selesai, Nanti akan muncul Tulisan " PASS " dalam kotak bewarna hijau bertanda proses flashing berhasil dan kemudian smartphone android agan akan restart/reboot secara otomatis.
Lihat Gambar

8). Finish.

Dengan menggukan metode di atas semoga smartphone Android anda kembali normal tanpa ada masalah seperti sebelumnya. Sekian Terima Kasih semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:
Malware Yang Menyebabkan Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus

Bagikan jika bermanfaat