Cara Mengetahui Kapasitas RAM HP Android


Apa itu RAM? RAM adalah Akronim atau kependekan dari Random Access Memory (Memory Akses Acak). RAM merupakan komponen penting di Smartphone (Ponsel Pintar) Andoid. Penggunaan RAM menjadi hal yang paling utama dalam performa perangkat Android karena semakin tinggi kapasitas RAM yang di miliki oleh perangkat maka semakin baguslah multitasking yang di miliki oleh perangkat tersebut.

Namun meski keberadaan sebuah RAM itu termasuk salah satu vital dari kinerja Smartphone ber Operating System (OS) Android, bukan berarti semua pengguna dapat mengetahui seberapa tinggi kapasitas RAM ponsel yang di milikinya.

Pengalaman saya pribadi ketika ingin melakukan transaksi jual-beli android, hampir 85% para pengguna Android yang pernah saya tanyakan tentang kapasitas RAM-nya tidak ada yang menjawab atau tidak tahu. Malah yang mereka jawab dari pertanyaan yang saya tanyakan tersebut justru kapasitas memory Internalnya yang mereka jawab.

Mengetahui  Spesifikasi sebuah android itu sangatlah penting bagi pengguna, terutama mengenai kapasitas RAM. Dengan mengetahui kapasitas RAM pengguna bisa menyesuaikan aplikasi-aplikasi yang di Installnya dengan kondisi RAM yang bekerja dalam ponsel tersebut sehingga kinerja ponsel tetap fresh dan tidak mengalami kendala yang tidak di inginkan.

Banyak dari para pengguna mengeluh karena kinerja Smartphone Androidnya berjalan secara tidak optimal. Bahkan di antara mereka ada yang berpikiran kalau Android merk ini dan itu kurang bagus, padahal hal itu semua penyebabnya bukan dari segi merk melainkan karena aplikasi yang terinstall di dalam ponsel miliknya tidak sesuai dengan kapasitas RAM yang ada di perangkat itu sendiri.
Bila RAM sebuah Smartphone Android hanya berkapasitas 512 Mb kemudian di dalam ponselnya terdapat berbagai aplikasi yang ukurannya berkapasitas tinggi seperti Aplikasi Facebook, BBM, Messenger, Line, WhatsApp, Instagram dan lain sebagainya maka pengguna tidak usah panik jika kinerja ponselnya kurang maksimal karena penyebabnya bukan terletak pada masalah merk ataupun kena virus melainkan di sebabkan ruang RAM tidak memadai. Maka dari itu agar kinerja ponsel android anda tidak mengalami kendala seperti yang telah di sebutkan tadi maka sebaiknya hapus aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting. Atau bisa juga di force stop bila anda tidak ingin meng-uninstallnya.

Cara Melihat RAM Android.
- Android Versi Froyo dan Gingerbread. 
Anda bisa membuka settings > Apps > Manage App > geser ke kanan hingga ke bagian Running (berjalan).

Nah disini anda dapat melihat kapasitas RAM serta penggunaan RAM dari aplikasi yang ada di perangkat.

- Android Versi Jellybean
Anda bisa membuka Settings > Other (lainnya) > Manager Aplication > Gulir ke kanan hingga ke bagian Running (berjalan).
Hasil screenshot dari android Jellybean

- Android Versi Kitkat dan Lollipop
Anda bisa membuka Settings >  Umum > Manager Aplication > Gulir ke kanan hingga ke bagian Running (berjalan).

Nah kurang lebih begitulah sekelumit tutor ial dari  www.madurace.com tentang cara mengecek Kapasitas RAM di smartphone Android. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan yang bermanfaat bagi pembaca.

Baca Juga:

Bagikan jika bermanfaat