Cara Backup Atau Membuat File Mentah Aplikasi Android

Madurace.com - Cara Membuat File Mentah Apk Atau Backup Aplikasi Android. Sebenarnya saya pribadi awalnya tidak tahu backup itu apa? Tapi lama kelamaan setelah hadirnya smartphone android akhirnya saya mengerti juga apa yang di maksud backup.

Backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data android sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau terhapus baik yang di sengaja maupun yang tidak sengaja. 

Namun perlu anda ketahui bahwa backup data android dengan backup aplikasi android mempunyai arti yang berbeda. Jika backup data biasanya berupa Foto, Musik, Video, Dokumen dan lainya yang bisa pengguna lakukan dengan cara hanya memindahkan atau menduplicate file tersebut ke tempat yang lebih aman. Misalnya di simpan di SD Card(Memory Card) atau Flashdisk dan semacamnya.

Sedangkan backup aplikasi pengguna akan mengubah aplikasi yang sudah di install seperti Messenger, Line, BBM, WhatsApp, Instagram dan lainya menjadi file yang berekstensi .apk atau yang lebih di kenal dengan file mentah. (Backup inilah yang akan di bahas)

Lantas apa sih untungnya membackup aplikasi? Sedangkan di Google Play Store sudah tersedia berbagai aplikasi yang siap di install! Memang di google Play Store sudah tersedia berbagai aplikasi yang bisa kapan saja pengguna menginstallnya tanpa ada larangan dari pihak manapun.

Akan tetapi adakalanya di saat-saat tertentu kadang aplikasi yang sudah terinstall di ponsel android sangat jarang di gunakan sehingga pengguna berniat untuk menghapusnya dengan alasan agar tidak memberatkan kinerja android. Namun di lain hari pula kadang pengguna tiba-tiba membutuhkan aplikasi yang sudah terhapus tadi dan ingin menginstallnya kembali dari Play Store. Tapi malang tak dapat di tolak, di hari yang bersamaan ternyata kuota internet yang di milikinya tidak mencukupi atau habis sehingga pengguna harus mengurungkan niatnya. Maka dari itu alangkah baiknya sedia payung sebelum hujan.

Dengan membackup aplikas-aplikasi yang sudah terinstall di android maka sewaktu-waktu bisa anda gunakan kembali tanpa harus membuka dan menginstall melalui Play Store serta lebih irit kuota tentunya.

Cara Backup Aplikasi Android Menggunakan App Backup & Restore.

Bagaimana caranya agar aplikasi-aplikasi tersebut bisa di jadikan file apk atau di backup? Untuk membackup sebuah aplikasi caranya cukup mudah. Anda hanya menggunakan jasa aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download atau install di play store.

Berikut step by stepnya.
1). Pertama anda cari Aplikasi bernama App Backup & Restore di Play Store. Setelah aplikasinya di temukan selanjutnya Install.

2). Selanjutnya buka Aplikasi App Backup & Restore dan pilih aplikasi yang ingin di backup dengan cara "mencentangnya". Kemudian pilih/tap "Backup".
Lihat Gambar.

3). Tunggu sampai proses backup selesai. Bila sudah,untuk melihat hasilnya pilih "Archive". Bila anda suatu saat ingin menginstall kembali maka anda tinggal pilih/tap "Restore"
Lihat Gambar.

Sebenarnya sampai disini anda telah berhasil membuat file apk atau backup aplikasi sehingga nantinya anda bisa gunakan dengan menginstallnya kembali jika memang di butuhkan.

Lalu bagaimana jika hp android anda di resert ulang? Apakah file apk hasil dari yang di backup tadi akan terhapus? Sebelum melakukan Factory Reset sebaiknya file apk tadi sudah benar-benar tersimpan di SD Card atau kartu memory eksternal. Untungnya hasil dari aplikasi App Backup & Restore ini file mentahnya langsung tersimpan di Memory Eksternal dan tidak repot-repot untuk memindahkannya.

Namun perlu anda ketahui bahwa menginstall aplikasi mentah yang masih berekstensi file .apk tidak sama dengan cara menginstall langsung seperti yang dari Google Play Store. Sebelum menginstallnya sebaiknya anda harus mengaktifkan dulu pengaturan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak di ketahui atau dari selain Play Store. Sehingga nantinya apk tersebut berhasil terinstall di android anda.

Baca Juga: Cara Install Aplikasi Yang Berasal Dari Luar Play Store

Bagikan jika bermanfaat