Cara Install Aplikasi Yang Berasal Dari Luar Play Store

Madurace.com - Bagaimana Caranya Menginstall Aplikasi Android Di Luar Google Play Store? Menginstall sebuah aplikasi yang berasal dari Play Store mungkin hampir tidak ada masalah ketika melakukan proses penginstallan sedang berjalan. Meski ada , kemungkinan hanya di akibatkan karena memory penuh (full) atau aplikasi Google Play Store sendiri mengalami Error yang harus di perbaiki.
Namun saat mencoba memasang aplikasi yang berasal dari luar play store ketika proses penginstallan di jalankan justru aplikasi tersebut mengalami kegagalan. Kemudian Muncul pemberitahuan melalui pop-up yang kurang lebih isi teksnya seperti berikut "UNTUK KEAMANAN, TELPON ANDA DI ATUR UNTUK MEMBLOKIR PENGINSTALAN APLIKASI YANG TIDAK DIDAPATKAN DARI GOOGLE PLAY STORE"

Gagalnya aplikasi Apk yang berasal dari berbagai market di luar play store tadi bukan berarti karena aplikasi tersebut mengalami gagal download atau corrupt melainkan karena pengaturan keamanan ponsel android itu sendiri sedang di aktifkan.

Bukan tidak ada alasan kenapa pihak google sebagai pemilik smartphone OS Android tidak mengizinkan aplikasi yang bersumber dari luar Play Store. Itu semua demi keamanan android agar terjaga dari ancaman virus mengingat aplikasi yang bersumber dari luar play store sangat rentan di sisipi oleh berbagai malware (virus).

"Aplikasi yang berasal dari Market Google Play Store lebih aman daripada aplikasi yang berasal dari Non - Market Play Store"

Namun perlu pembaca ketahui bahwa tidak semua aplikasi android yang berasal dari luar play store berpotensi ada virus atau malwarenya! Seratus persen itu tidak benar saudara-saudara. Gambaran diatas hanya agar kita lebih waspada dan tidak sembarangan menginstall aplikasi-aplikasi yang tidak di ketahui sumbernya serta asal usulnya.

Cara Instal Aplikasi di Luar Play Store

1). Buka "Setting" atau "Pengaturan" di android agan
2). Selanjutnya pilih "Aplication" atau "Aplikasi"
3). Lalu Centang pada ceklist di "Unknown Source" atau "Sumber Tidak Dikenal"
4). Selesai.

Bila pengaturannya tidak sama dengan yang di atas, Anda bisa melakukan dengan cara berikut;

1). Buka "Setting" atau "Pengaturan" di android agan
2). Selanjutnya pilih "Lainnya" atau "Other"
3). Kemudian pilih "Pengaman" atau "Security"
4). Lalu Centang pada ceklist di "Sumber Tidak Dikenal" atau "Unknown Source"
Lihat Gambar

5). Selesai

Dengan cara di atas bukan hanya aplikasi yang berasal dari gudang aplikasi-aplikasi tertentu saja yang mendapatkan akses penginstallan melainkan juga saat menginstall aplikasi yang masih berupa file mentah (file.Apk) yang pernah anda backup sebelumnya juga bisa di install. Baca Juga: Cara Backup Atau Membuat File Mentah Aplikasi Android

Bagikan jika bermanfaat