Cara Mengecek Dan Menghapus Aplikasi Yang Tersembunyi Di Balik Layar Android

Mungkin bagi para pembaca bingung dengan judul artikel di atas atau mungkin bisa saja beranggapan bahwa aplikasi yang di maksud adalah aplikasi yang sengaja di sembunyikan oleh para pengguna untuk menjaga privacy-nya. Kalau anggapan itu benar apa yang ada di benak mereka maka saya katakan itu salah. Iya memang anggapan itu salah! Kenapa salah? Karena artikel yang saya posting kali ini bukan cara melihat atau mengecek aplikasi yang tersembunyi di balik layar yang memang sengaja di sembunyikan oleh pemiliknya. Melainkan artikel yang saya maksud adalah aplikasi yang keberadaannya memang tidak di ketahui sama sekali oleh pengguna android kapan aplikasi tersebut terinstall dan letaknya di mana!? Hem..anda bingungkan! Sama, saya juga bingung.

Belakangan ini memang banyak aplikasi-aplikasi yang sengaja di susupi Malware, Bloatware, dan Adware oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang sangat mengganggu dan bikin gerah para pengguna android. Beberapa contoh yang masih jadi boomerang bagi pengguna android saat ini adalah Aplikasi yang tidak bisa dihapus, Aplikasi menginstall sendiri dan yang teranyar aplikasi tersembunyi di balik layar yang tidak ketahui keberadaannya. Dan hal semacam ini sangat dan sangat plus benar-benar mengganggu kinerja perangkat.

Dampak Negatif Dari Aplikasi Yang Tersembunyi.

Aplikasi yang tersembunyi di balik layar ponsel memang bukanlah aplikasi-aplikasi yang begitu asing di mata pengguna. Kebanyakan aplikasi yang tidak menampakkan identitasnya di Layar android tersebut adalah aplikasi-aplikasi jual beli seperti Matahari Mall, Buka Lapak, Shopee, Blibli.com dan lain-lain. Namun adapula aplikasi yang bukan sejenis dari Aplikasi jual beli yang sangat mengganggu keberadaannya yaitu Aplikasi DU Battery Saver. Jika aplikasi yang telah di sebutkan di atas terinstall semua tanpa sepengetahuan pengguna maka dapat menyebabkan multitasking android jadi lambat karena banyaknya RAM yang terpakai serta kuota internet cepat habis lantaran iklan yang selalu muncul tanpa di undang.

Di bawah ini hasil screenshot ketika ponsel sedang di charger dimana aplikasi DU Battery Saver yang bersembunyi di balik layar bekerja sesuai fungsinya  dan selalu memunculkan iklan.

Cara Melihat/Mengetahui dan Menghapus Aplikasi Tersembunyi.

Untuk melihat dan menghapus aplikasi yang tersembunyi itu sendiri tidak bisa di lakukan melalui pengaturan/setting karena aplikasi tersebut memang tidak tampak di sana. Salah satu cara agar kita bisa mengetahui apakah ada aplikasi yang tersembunyi di balik layar ponsel atau tidak? Dan anda ingin menghapusnya maka caranya sebagai berikut.

1). Pertama anda Install dulu Aplikasi "ES File Explorer" silahkan cari di Play Store.

2). Setelah Aplikasinya sudah terinstall maka selanjutnya buka Aplikasi kemudian pilih "APP"

3). Bila sudah, maka tugas anda selanjutnya adalah mencocokkan aplikasi yang ada di layar ponsel dengan aplikasi yang ada di "APP".

4). Jika di "APP" anda menemukan aplikasi yang ganjil dan tidak pernah menginstall-nya maka sudah tentu itu adalah aplikasi yang anda cari. Contoh disini saya menemukan aplikasi DU Battery Saver

5). Untuk menghapusnya silahkan ketuk/tekan aplikasinya kemudian pilih "Copot".

6). Selesai.

Bagikan jika bermanfaat