3 Cara Mengecek InfraRed Di HP Android Semua Merk


cara mengecek fitur infrared hp android di semua merk, seperti  Advan, Lenovo, Oppo, Samsung, Sony, Realme, Vivo, Xiaomi

Mungkin bagi para pembaca yang pernah menggunakan hp jadul menganggap aneh dan kolot bila zaman yang serba canggih ini blog madurace.com masih membahas InfraRed?! Iya Memang penulis akui bahwa setelah munculnya Bluetooth, WiFi, dan NFC,  infra red sudah tidak digunakan lagi pada kebanyakan ponsel masa kini. Bahkan namanya saja sudah hampir tidak terdengar di dunia telekomunikasi khususnya pada Smartphone.

Sebelum lahirnya Bluetooth dan WiFi, InfraRed adalah satu-satunya sarana untuk bertukar data antara handphone yang satu dengan yang lain.

Namun dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknolgi (IPTEK) yang begitu pesat serta alasan transfer yang sangat lambat, kehadiran Infrared mulai tersingkirkan dan keberadaannya seolah-olah di telan bumi. Pengguna lebih memilih teknologi yang lebih baik dan lebih cepat secara eksponensial seperti Bluetooth dan WiFi.

Sedangkan untuk IR sendiri rasanya pengguna sudah tidak membutuhkan lagi mengingat kecepatannya tidak secepat Wi-Fi. Kalau kita bandingkan, mungkin pentransferan data melalui Wi-Fi kecepatannya bisa mencapai seratus kali lipat dibandingkan dengan Infrared. Bahkan bisa lebih dari itu.

Meski demikian, untuk saat ini teknologi Infrared sebenarnya masih sangat diperlukan oleh para pengguna smartphone. Tapi fungsinya bukan lagi digunakan untuk mengirim dan menerima data melainkan digunakan sebagai alat kontrol peralatan elektronik yang ada di berbagai ruangan baik itu di dalam rumah maupun di perkantoran seperti misalnya untuk keperluan remote Televisi, Perangkat Stereo, AC dan lain sebagainya.

Jadi tidak mengherankan jika beberapa model smartphone high-end masa kini sudah ada yang mengusung fitur IR Blaster. Hal itu disebabkan karena IR masa kini nantinya oleh pengguna bisa dimanfaatkan sebagai alat remote control yang sifatnya universal. Sehingga satu perangkat bisa  mengontrol berbagai macam alat elektronik seperti yang telah disebutkan diatas.

Namun demikian, tidak semua smartphone android dibekali fitur Infra Red, hanya android-android tertentu saja yang di pasangi oleh pihak pabrik. Bahkan di ponsel-ponsel tertentu yang sudah berstatus model kelas tinggi yang harganya jutaan pun masih sangat banyak yang tidak dibekali fitur tersebut.

Berikut Cara Mengetahui Apakah Android Anda Mempunyai Fitur InfraRed Atau Tidak?

1. Mengecek Dengan Menggunakan Kode Dial

Untuk mengecek apakah perangkat smartphone android kalian mempunyai fitur Infra Red Blaster atau tidak? Sebenarnya caranya sangat gampang untuk melihatnya. Tinggal ketikkan kode dial dibawah ini di keypad ponsel kalian, maka nanti akan muncul fitur infra merahnya.

Berikut kode dial untuk masing-masing merk/vendor smartphone Android:

Samsung : *#0*#
Xiaomi : *#*#64663#*#*
Vivo : *#558#
Oppo : *#808#

Untuk smartphone Asus agak berbeda dengan yang diatas, cara mengeceknya justru lewat aplikasi kalkulator. Silahkan kamu ketik kode berikut, 12345+ .

Namun dalam tutorial kali ini saya menggunakan HP Samsung sebagai alat peraganya. Untuk ponsel-ponsel merk lain, mungkin step by stepnya hampir tidak ada perbedaan yang mencolok dengan milik Samsung.


Caranya:
Ketikkan kode *#0*# di dialpad kemudian akan muncul General Test Mode.

Nah setelah melihat general test mode di Layar android anda maka cari menu yang bernama "IR LED" seperti gambar di bawah ini.



Jika di General Test Mode menemukan "IR LED" berarti perangkat Android Anda telah ada IR Blasternya dan anda bisa saja membuat smartphone kesayangan anda menjadi remote TV dan AC. Namun apabila anda tidak menemukan "IR LED" berarti perangkat Anda tidak ada IR Blasternya dan anda tidak bisa merubah smartphone anda menjadi remote TV dan lainnya.

2. Mengecek Dengan Menggunakan Aplikasi

Berhubung Dial yang diterapkan pada cara pertama diatas tidak semua HP Android kompetible, maka teman-teman bisa mengeceknya melalui aplikasi pihak ketiga yang bernama IR Test.

Dengan Aplikasi tersebut kalian bisa dengan mudah mengecek fitur Infra Red hanya dengan satu klik saja. Kalian tinggal download aplikasinya melalui Play Store kemudian tunggu sebentar agar aplikasi benar-benar terinstall di dalam ponselnya. Habis itu kalau sudah terinstall, buka aplikasi yang bersangkutan dan lihat hasilnya.


Jika didalam HP Android yang bersangkutan tidak dilengkapi dengan fitur IR-nya, maka laporan di dalam aplikasi tersebut akan muncul tulisan berwarna merah yang kurang lebih kalimatnya tertulis sebagai berikut: The result of the test say thatYOU DON’T HAVE AN IR BLASTER”
Xiaomi note 5

Namun apabila Android kalian benar-benar support dengan  fitur IR-nya, maka nantinya di daftar sensor akan terdeteksi laporan yang bertuliskan: The result of the test say that : YOU HAVE AN IR BLASTER”.

Tulisan tersebut berwarna hijau yang menandakan bahwa smartphone yang bersangkutan benar-benar tesedia fitur Infra Merahnya.

3. Mengecek Langsung Lampu Infrared Dibagian Atas Ponsel 


Jika pada cara pertama dan kedua diatas di hati kalian masih kurang memuaskan dan masih belum menemukan hasilnya, maka kalian bisa mengeceknya dengan cara ketiga. Cara ini adalah cara pemungkas dan bisa dibilang tips yang paling jitu untuk mengetahui apakah HP Android yang bersangkutan ada fitur IR-nya atau tidak?

Kalau di tips ini kalian masih belum menemukan hasilnya, maka kalian tidak usah capek-capek lagi mencari kesana-kemari  fitur IR ponsel kalian. Karena hal itu, sudah tentu dan sudah final bahwa HP Android kalian betul-betul tidak ada yang namanya fitur IR Blasternya.


Untuk mengeceknya sangatlah gampang, kalian tinggal lihat saja di sekitar ponselnya, apakah disana ada lampu kecil mirip seperti lampu yang ada di remote-remote TV itu atau tidak? Kalau ada berarti itu adalah lampu Infrared yang nantinya bisa berfungsi untuk dijadikan remote control. Kalau tidak ada, berarti HP Android yang bersangkutan memang benar-benar tidak ada IR-nya.


Cara yang nomor tiga ini adalah final dan tidak bisa di ganggu gugat. Jadi, bagi kalian yang tidak berhasil menemukan infrarednya, maka sekali lagi saya katakan, kalian gak usah capek-capek lagi mencarinya karena di ponsel yang bersangkutan fiturnya memang tidak di support oleh pihak pabrik.

Lantas solusinya bagaimana? Apakah HP Android yang tidak support Infrared itu bisa diakali dengan memasang aplikasi tambahan (khusus)?

Saya rasa sampai saat ini tidak ada yang namanya aplikasi pihak ketiga yang mampu memasang (mengubah) HP yang awalnya tidak ada fitur IR-nya bisa berubah menjadi perangkat yang ada fitur infrarednya. Karena hal ini tidak berhubungan dengan perangkat lunak saja (software) melainkan berhubungan juga dengan perangkat keras (hardware).

Jadi satu-satunya cara agar ponsel kalian bisa berubah menjadi gadget yang support dengan IR tersebut  maka caranya adalah menjual HP yang lama kemudian beli Ponsel yang baru yang di dalamnya sudah support dengan fitur Infrarednya.

Untuk melihat daftar Android yang di dukung dengan fitur Infra merah tersebut kalian bisa mengeceknyak disini Kumpulan Hp Android Yang Mempunyai Fitur Infra Red

Cara diatas bisa diterapkan pada semua HP Android dari berbagai merk seperti AdvanLenovoOppoRealmeSamsungSonyVivoXiaomi dan lain sebagainya.

Demikianlah Cara Melihat fitur Infrared di berbagai merk smartphone android. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat bermanfaat dan berhasil sehingga nantinya ponsel kalian bisa di gunakan sebagai alat remote control seperti TV, AC dan perangkat rumah tangga lainnya.

Baca Juga:

Related Posts

Subscribe Our Newsletter