2 Cara Melepas Atau Mencopot Memory Eksternal Yang Benar Dan Aman

Madurace.com - Begini Caranya Melepas Kartu Memory Eksternal (SD Card) Android Yang Benar Serta Aman. Tidak banyak yang tahu jika para pengguna smartphone android untuk melepaskan kartu memory atau SD Card tidak sesuai dengan prosedur yang di anjurkan. Pelepasan atau pencopotan SD Card itu memang sangat mudah di lakukan. Namun perlu anda ketahui, bahwa pelepasan SD Card yang tidak sesuai dengan prosedur yang di sarankan dapat mengakibatkan rusaknya beberapa file yang tersimpan di dalamnya. Bahkan bukan hanya filenya saja yang rusak, melainkan SD Cardnya bisa juga mengalami kerusakan. Masih untung jika hanya filenya yang rusak, bagaimana jika kartu memory eksternalnya juga rusak?

Sebagai pengguna yang mempunyai Smartphone berkelas (High-End) yang harganya tidak murah, pastinya ingin smartphone tersebut awet dan tetap berkinerja dengan baik. Begitu juga dengan kartu sd yang di gunakan. Entah itu dari produk HP Micro SD, Samsung Micro SD, Sand Disk dan produk-produk kartu memory lainnya. Salah satu cara atau kunci agar kartu memory tetap awet adalah dengan cara melepas kartu sd sesuai dengan prosedur yang telah di tentukan.

Cara Lepas SD Card Dari Smartphone Android

Ada dua cara yang kami jelaskan untuk melepas kartu memory sd dari slot smartphone android. Namun sebelum langsung menuju ke step by stepnya, perlu anda ketahui juga bahwa slot SD Card ini biasanya terletak di balik chassing yang berdekatan dengan kartu SIM Card dan bagian atas slot batrai. Tetapi ada pula beberapa smartphone (biasanya keluaran terbaru) yang di bekali dengan build-in battery atau baterai tertanam, slot kartu memory tersebut terletak pada bagian samping yang berdekatan dengan bezzel. Ok mari kita dilanjut ke pembahasan inti.

1). Cara Melepas Kartu Memory Tanpa Mematikan Smartphone Android.

Untuk cara pertama ini, anda tidak harus mematikan smartphone android yang ingin di lepas kartu memorynya asalkan slot SD Cardnya tidak tertutup oleh baterai dan SIM Card.

* pertama buka "pengaturan" kemudian tap dan cari "penyimpanan"

* Kemudian akan muncul tampilan informasi memory internal dan Eksternal (SD Card). Silahkan di pilih "Lepaskan Kartu SD". Selanjutnya akan muncul pop-up atau tampilan baru. Silahkan di tap "ok"

* Jika sudah silahkan lepas kartu memory eksternalnya (SD Card) dari slot. Finish...

2). Cara Melepas Kartu Memory / SD Card Dengan Mematikan Smartphone.

Tidak semua kartu memory eksternal bisa di lepas dengan cara pertama. Hal itu kemungkinan di sebabkan karena ada beberapa kasus seperti kartu memory error, rusak maupun smartphone android anda dalam kondisi root. Maka dari itu, anda jangan langsung mencabutnya karena tidak menutup kemungkinan file yang ada di dalamnya ikut rusak atau bisa jadi kartu memory secara tiba-tiba minta di format. Lalu bagaimana caranya?

Untuk melepas kartu memory eksternal atau SD Card cara kedua ini adalah dengan cara mematikan smartphone android. Kemudian setelah android anda di matikan baru lepas memory eksternalnya. Dengan cara seperti ini dapat mengantisipasi dari terhapusnya data atau file yang ada di dalam kartu sd tersebut. Sehingga nantinya kartu memory eksternalnya beserta data yang ada didalamnya aman-aman saja tanpa ada masalah  sedikitpun.

Kurang lebih begitulah Cara Melepas Kartu SD Card Android Yang Benar dan Aman. Sehingga dengan melakukan cara di atas kartu sd anda tetap awet dan data yang ada di dalamnya juga tetap aman serta tidak jadi masalah.

Bagikan jika bermanfaat