5 Cara Untuk Menghemat Data Internet Di HP Android

Madurace.com - Cara Menghemat Kuota Paket Data Seluler Di Android. Seseorang yang telah terkontaminasi oleh yang namanya internet, rasanya begitu hambar jika dalam satu hari saja tidak online. Bagi mereka internet sudah jadi teman dalam hidupnya melebihi dari teman yang ada di dunia nyata. Bagaimana tidak, sekali berinteraksi dengan dunia maya maka apa yang ada di sekitarnya tidak di hiraukan. Kepala menunduk, pikiran fokus, mata melotot,  tertuju pada suatu objek yang tidak asing di mata kita yakni layar smartphone. Jadi wajar-wajar saja bila ada salah satu netizen yang bilang hidup tanpa internet itu bagaikan sayur tanpa garam. (Gak asin deh)

Entah apa mereka sudah tahu atau tidak, saking nikmatnya mereka berselancar di dunia maya sampai-sampai ia tidak menyadari jika kuota yang ia keluarkan sudah di ambang batas pemakaian. Setelah datang pesan pemberitahuan dari provider tentang sisa kuota paket internetnya tinggal sekian (minim), baru mereka kaget. Jika sudah begini maka berbagai pertanyaan timbul kenapa kuota internetnya cepat habis? Sedangkan paket yang di daftarkan kuotanya melimpah. Hem...makanya kalau tidak tahu ilmunya, jangan berlebihan jika ingin bermain di dunia internet. Maka dari itu sudah saatnya anda belajar bagaimana caranya agar kuota internet itu bisa lebih hemat dari sebelumnya.

Berikut beberapa tips agar kuota internet lebih hemat dan tidak cepat habis.


1). Mengaktifkan Opera Max
Opera Max adalah salah satu aplikasi yang paling saya sukai. Dengan menggunakan aplikasi yang di kembangkan oleh opera ini, anda dapat  memblokir akses Internet yang diminta aplikasi apapun. Contohnya: Anda dapat memblokir akses internet yang diminta oleh aplikasi seperti BBM, Line, Facebook, Messenger dan lainnya agar ia tidak bisa menerima pesan chat untuk sementara waktu. Selain dari itu kelebihan dari Opera Max ini ialah dapat membuka situs yang terdeteksi sebagai internet positif.

2). Mengaktifkan Fitur Penghemat Data Browser Google Chrome.
Jika anda salah satu pengguna setia browser atau peramban Google Chrome, maka anda bisa mengaktifkan fitur penghemat data atau data saver. Untuk mengaktifkannya anda cukup buka menu Settings > data saver.

Begitu dinyalakan, fitur ini akan menjalankan kompresi untuk mengurangi ukuran gambar dan situs web yang dibuka di peramban atau browser. Sebuah grafik turut memperlihatkan berapa besar penghematan data yang dihasilkan oleh Data Saver.

3). Non-aktifkan Sinkronisasi Data Otomatis.
Aktivitas sinkronisasi ini juga banyak memakan data internet Android. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan. Opsi mematikan sinkronisasi untuk fitur yang tidak dipakai juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

Untuk menon-aktifkan sinkronisasi ini anda dapat melakukannya dengan cara membuka "setting / pengaturan" kemudian pilih "akun" lalu tap akun yang ingin di non-aktifkan.

4). Non- Aktifkan Aplikasi Messenger, Game, dan Jejaring Sosial.
Perlu anda ketahui bahwa aplikasi Messenger & jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, BBM, WhatsApp, Instagram, Line, Imo, Kakao Talk dan lain-lain serta aplikasi game online meski tidak di gunakan dapat memboroskan kuota.Dan juga boros terhadap daya baterai. Itu di sebabkan karena aplikasi yang bersangkutan melakukan aktivitas di balik layar seperti notifikasi untuk chat dan lain sebagainya. Maka dari itu sebaiknya di non-aktifkan saja dulu selama aplikasi tersebut tidak di gunakan. Caranya buka " Setting / pengaturan" kemudian "Manager Aplication " lalu pilih aplikasi yang di non-aktifkan dan tap "Paksa Berhenti"
Lihat Gambar

5). Mengatur Auto Update Aplikasi Play Store Hanya Melalui Wi-Fi
Auto update aplikasi dari google Play Store juga mempengaruhi borosnya pemakaian kuota internet android. Apalagi terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang berkapasitas besar terinstall disana tentu akan semakin banyak pula kuota yang harus di gunakan untuk memperbaharui aplikasi tersebut. Agar auto update aplikasi dari Play Store tidak menyedot data seluler yang berlebihan, anda bisa mengubah pengaturannya dengan menggunakan sambungan wi-fi saja. Caranya buka Aplikasi Play Store kemudian "setting" kemudian tap "perbarui aplikasi secara automatis" lalu pilih "Menggunakan Wi-fi"
Lihat Gambar

Dengan melakukan beberapa cara di atas maka anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan anda sehingga kuota data internet anda akan lebih irit dan tidak menguras isi kantong tentunya. Kurang lebih itulah beberapa cara sederhana untuk menghemat kuota data internet agar tidak boros. Semoga dengan hadirnya artikel yang begitu berantakan ini dapat bermanfaat dan membantu anda agar lebih bijaksana dalam menggunakan gadget yang anda miliki. Sekian terima kasih

Bagikan jika bermanfaat