Begini Cara Yang Benar Uninstall Aplikasi Di Hp Android

Madurace.com - Begini Cara Yang Benar Menghapus atau Uninstal Aplikasi Android. Bila di bandingkan dengan aplikasi-aplikasi seperti iOS (Apple), BlackBerry, Windows Phone dan Symbian, maka aplikasi Android lah satu-satunya aplikasi yang paling banyak diminati oleh para penggila smartphone. Tidak mustahil jika di Google Play Store punya jumlah lebih banyak aplikasi di bandingkan dengan aplikasi smartphone lain mengingat android saat ini masih menjadi platform dengan pangsa pasar terbesar di dunia.

Dengan banyaknya aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store tadi membuat pengguna tinggal seenaknya memasang (Menginstall) atau mencopotnya (Uninstall). Maklum aplikasi yang ada di sana rata-rata memang Gratis. Jadi sangat wajar bila pengguna dapat sebebas mungkin memasang dan mencopot aplikasi tersebut mengingat tidak ada biaya sepeserpun yang harus di keluarkan kecuali hanya kuota internet saja.

Sebenarnya hal seperti itu tidak bisa di jadikan alasan kenapa mereka ingin mencopot aplikasi yang sudah terinstall di ponsel android yang dimilikinya, yang jelas mereka punya tujuan dan alasan kenapa ia harus mencopotnya. Selain dari itu cara mencopot atau uninstallnya juga sangat gampang. Pengguna tinggal menekan tombol "copot pemasangan" dengan sekali sentuh maka hilanglah aplikasi dari layar smartphone android yang dimilikinya.

Namun, perlu anda ketahui bahwa mencopot atau uninstall sebuah aplikasi tidak sedemikian sederhana seperti yang mereka kira. Memang tidak ada salahnya jikalau melakukan pencopotan aplikasi menggunakan perantara tombol yang sudah tersedia di pengaturan karena memang tujuannya untuk itu. Tetapi jika di lakukan seperti cara itu maka aplikasi tidak dapat sempurna bersih dari pencopotan atau uninstall karena adanya script yang masih tersimpan di berbagai pengaturan dan data aplikasi yang bersangkutan juga masih tersimpan di ponsel android anda.

Lantas bagaimanakah caranya agar pencopotan atau uninstall itu dapat di lakukan secara benar sehingga ruang penyimpanan data benar-benar bersih dari sisa data yang tersembunyi di balik layar? Mari simaklah tipsnya di bawah ini.

1). Silahkan buka settingan Aplikasi yang ingin di Uninstall atau yang mau di copot pemasangannya.

2). Setelah masuk kedalam antarmuka menu Info Aplikasi, maka selanjutnya pilih "Clear Data / Hapus Data"

3). Bila hapus data sudah di eksekusi maka selanjutnya pilih "Clear Cache / Hapus Cache / Hapus Memory"

4). Terakhir, jika "Hapus Data" dan "Hapus Cache / Clear Cache / Hapus Memori" sudah terhapus semua maka selanjutnya adalah pilih "Hapus Instalan / Uninstall / Copot Pemasangan"

5). Selesai.

Note: karena pengaturan tiap-tiap android itu tidak sama mak√† cara di atas bisa di sesuaikan sendiri dengan settingan bahasa yang ada di ponsel agan.

Demikianlah tutorial Cara Menghapus atau Uninstall Aplikasi Android Yang Benar. Semoga Bermanfaat

Bagikan jika bermanfaat