Cara Melacak HP Android Yang Hilang Atau Di Curi

Madurace.com - Cara Melacak Dan Menemukan HP Android Yang Hilang Di Curi. Untuk menemukan atau melacak sebuah ponsel dan tablet android yang di curi atau hilang, pengguna bisa melakukan dengan beberapa cara ini. Tidak dapat di pungkiri, jika seseorang sudah kehilangan ponsel android pasti di hati mereka ada keinginan atau berharap agar barang yang hilang tersebut akan kembali ke genggamannya. Bukan tidak beralasan kenapa mereka menginginkan kembali mengingat android yang di milikinya merupakan satu-satunya gadget yang paling di idamkan. Terlebih di dalamnya tersimpan beberapa file yang sangat penting yang di anggap private. Tentu hal semacam itu akan menimbulkan perasaan yang sangat frustasi bagi pemiliknya. Di samping itu, ada juga data dan file hiburan seperti foto dan video yang sifatnya begitu pribadi yang harus di amankan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab (pencuri).

Sebenarnya untuk mengetahui lokasi hp / smartphone android yang hilang atau di curi caranya sangat mudah untuk di lakukan. Dengan catatan Android tersebut harus masih terkoneksi ke akun Google yang digunakan didalam aplikasi Google Play Service.

Cara Mengetahui Lokasi Android Yang Hilang Menggunakan Device Manager.


Android Device Manager adalah salah satu fitur unggulan android yang resmi di miliki oleh Google yang berfungsi untuk melacak posisi atau lokasi sebuah ponsel atau tablet. Hampir seluruh ponsel atau tablet yang beroperasi system android sudah tersedia dengan fitur yang satu ini sehingga untuk menemukan lokasinya pengguna tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain caranya yang begitu gampang hasil dari laporan yang di dapat juga sangat akurat dan real time. Berikut cara menemukan lokasi hp android yang hilang atau di curi menggunakan Device Manager.

1). Pertama masuk ke situs https://google.com/android/devicemanager atau bisa juga dengan menggunakan Aplikasi Device Manager.

2). Masukkan Gmail dan password (Gmail dan password harus sama dengan yang ada di hp android yang hilang)

3). Selanjutnya akan muncul tampilan pop-up dan langsung di pilih "accept" atau "terima"

Jika langkah-langkah di atas sudah di lakukan secara benar maka merk atau brand serta lokasi hp android yang hilang akan muncul  seperti gambar di bawah ini.

Setelah lokasi hp atau tablet android sudah di temukan ada juga beberapa fitur lain yang fungsinya sangat bermanfaat untuk di gunakan di antaranya sebagai berikut;

1). Deringkan
Dengan menekan "Deringkan" maka hp atau tablet yang hilang akan berdering atau berbunyi selama beberapa menit (5 Menit) dengan Volume yang paling tinggi. Meski hp/ tablet dalam keadaan silent mode, tetap saja fitur ini akan berfungsi. Jadi jika anda sudah sangat yakin dan sangat dekat dengan lokasi ponsel yang hilang, maka sebaiknya fitur ini di aktifkan atau di tekan sehingga nantinya bunyi ponsel tersebut akan terdengar.

2). Lock atau Kunci
Fungsi dari Lock ini memungkin anda untuk mengunci layar ponsel dari jarak jauh. Dengan menggunakan fitur ini maka hp atau tablet android yang hilang akan automatis terkunci secara permanen dan tidak bisa di buka oleh orang lain dengan cara biasa kecuali pemiliknya sendiri. Selain dari itu, sebelum mengaktifkan fitur ini anda sebaiknya membuat atau menyisipkan beberapa kata (pesan). Sehingga nantinya pesan yang di buat tersebut akan muncul di layar ponsel dan dibaca oleh orang yang menemukannya atau si tukang nyolong. Dan jangan lupa pula untuk mencantumkan nomor hp yang bisa di hubungi. Caranya anda bisa langsung lihat gambar di bawah ini.

Jika anda sudah mengatur dan mengisi formnya, selanjutnya tinggal tekan tombol "Lock" atau "kunci". Setelah itu, hp atau tablet android yang hilang akan terkunci dan berbunyi layaknya ada orang yang menelpon. Dan apabila si pen*uri menekan atau menggulir icon panggilannya maka tanpa ia sadari telah melakukan panggilan terhadap nomor yang anda cantumkan tadi. Nah disitulah peran teks (pesan) dan nomor hp yang anda cantumkan tersebut berhasil menghubungi ponsel meski sim card-nya sudah di ganti dengan kartu yang lain.
Lihat Gambar

3). Hapus
Fungsi dari fitur atau tombol hapus ini tujuannya adalah untuk menghapus semua data yang ada di dalam ponsel. Segala macam file data yang tersimpan di dalamnya seperti file yang berupa foto, video, dokumen, dan file-file penting lainnya akan terhapus tanpa terkecuali baik yang ada di Memory Internal maupun yang ada di Memory Eksternal (SD Card). Sehingga data-data yang di anggap private yang tidak ingin di ketahui oleh orang lain tidak tersebar ke khalayak ramai.

Trik Melacak Android Menggunakan Dropbox

Dropbox merupakan layanan penyedia data berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.

Sebenarnya Dropbox itu sendiri tidak ada kaitannya dengan pelacakan ponsel atau tablet Android yang hilang (Dicuri). Namun dengan hadirnya Dropbox sebagai aplikasi bawaan android, aplikasi yang satu ini bisa juga dijadikan alat alternatif untuk melacak hp yang hilang dengan cara memanfaatkan salah satu fiturnya yang di namakan Camera Upload.

Fitur ini akan secara automatis menggunggah setiap kali ada seseorang yang mengambil gambar atau foto dari kamera. Foto tersebut akan tersimpan di dalam folder awan (cloud) Dropbox dengan nama Camera Upload. Maka dari itu, sangat mungkin si pencuri atau yang menemukan hp mengambil foto dari kamera atau membuat foto selfie yang secara automatis akan terupload. Secara logika, kita akan mendapatkan petunjuk tambahan mengenai lokasi dari ponsel yang hilang melalui foto-foto yang sudah tersimpan di dalam folder tersebut.

Namun yang jadi pertanyaan, pernahkah anda Sign Up atau Membuat akun Dropbox? Kalau masih belum, buruan segera buat akunnya untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak di inginkan. Alangkah baiknya Sedia Payung Sebelum Hujan!

Itulah beberapa simulasi cara yang bisa di lakukan untuk dapat melacak ponsel android yang hilang. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Good Luck

Bagikan jika bermanfaat