2 Cara Paling Gampang Memindahkan Aplikasi Android Ke Memory Eksternal (SD Card) Tanpa Root

Madurace.com - Memindahkan beberapa aplikasi pihak ketiga dari memory internal ke kartu eksternal (SD Card) memang mempunyai keuntungan tersendiri bagi pengguna android. Terlebih jika perangkat yang di gunakan tersebut mempunyai kapasitas memory internal yang tidak begitu besar bahkan sangat minim. Tentu hal ini mau tidak mau harus di lakukan agar ruang penyimpanan yang ada di memory internal tidak penuh. Jika hal itu terus di biarkan maka kinerja ponsel akan terganggu bahkan berakibat fatal.

Selain RAM, memory internal juga sangat berpengaruh terhadap multitasking sebuah perangkat. Semakin banyak kapasitas memory internal yang di gunakan maka semakin lemahlah kinerja perangkat (android). Maka dari itu sangatlah penting untuk memindahkan aplikasi-aplikasi tersebut ke memory eksternal (Micro SD). Tujuannya adalah tidak lain agar kapasitas penyimpanan di memory internal dapat tersisa lebih banyak.

Bagi pengguna yang menggunakan hp android versi Jellybean ke atas mungkin hal seperti ini tidak begitu penting bagi mereka. Karena kapasitas memory internal yang tersedia di dalamnya sangat banyak. Sehingga meskipun aplikasi pihak ketiga tersebut tidak di pindahkan ke kartu memory eksternal, itu takkan mengganggu proses kinerja ponsel itu sendiri. Bahkan ada juga sebagian pengguna yang tidak memasukkan kartu memory Eksternal (SD Card) ke perangkatnya. Karena kapasitas yang tersedia di ruang penyimpanan hp sudah di rasa  lebih dari cukup  (Asalkan aplikasi-aplikasi yang ada di play store tidak di install semua). Akan tetapi jika yang di installnya adalah aplikasi-aplikasi yang berkapasitas besar seperti aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Messenger, Line, WhatsApp, Path, dan lain-lain plus di tambah lagi berbagai game online lainnya maka hal itu juga akan mengganggu multitasking perangkat.

Memindahkan Aplikasi Dari Memory Internal Ke SD Card Tanpa Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga dan Tanpa Root.

1). Cara Pertama
Untuk memindahkan aplikasi android yang tersimpan di memory internal ke memory eksternal (SD Card), sebenarnya caranya gampang banget. Caranya cukup anda masuk ke pengaturan dengan mengikuti langkah navigasi berikut;
● Setting atau Setelan (Pengaturan).
● Lainnya
● Manager Aplikasi
● Kemudian gulir ke kiri dan letakka di menu "SD Card"
● Terakhir centang aplikasi mana yang ingin di pindahkan. Lalu Tunggu hingga proses pemindahan selesai.
Lihat Gambar

2). Cara Kedua
Jika anda saat ini menggunakan android OS 4.3.0 (JellyBean) ke atas maka anda bisa langsung masuk ke pengaturan dengan mengikuti langkah navigasi berikut;
● Setting atau Setelan (Pengaturan).
● Lainnya.
● Manager Aplikasi.
● Setelah masuk di menu download selanjutnya cari aplikasi yang ingin di pindahkan. Kemudian tap aplikasi.
● Terakhir tap "Pindak ke kartu SD" dan tunggu sampai proses pemindahan selesai.

Dengan melakukan langkah-langakah di atas anda tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan aplikasi. Dan tentunya juga tidak harus melakukan root terhadap perangkat yang anda miliki. Dan satu hal lagi bahwa cara di atas bisa diterapkan di semua operating system android berbagai merk / vendor. Entah itu merk Samsung, Linovo, Oppo, Xiaomi, Sony, dan lain sebagainya. Sekian terima kasih semoga bermanfaat.

Bagikan jika bermanfaat