3 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka (Force Close)


Madurace.com - Cara Memperbaiki Aplikasi Android Yang Not Responding. Pernahkah anda mengalami masalah ketika mau membuka salah satu aplikasi favoritnya tidak bisa di buka? Kemudian muncul pemberitahuan teks seperti ini "Sayangnya aplikasi telah berhenti"! Mungkin bagi pengguna yang mempunyai ponsel android berkapisitas RAM di bawah 1 GB rata-rata sudah pernah mengalaminya. Tidak luput kemungkinan ponsel yang mempunyai RAM 1 GB pun juga mengalami hal yang sama jika di dalamnya terdapat aplikasi-aplikasi yang berkapasitas tinggi seperti Aplikasi Facebook, BBM, WhatsApp, Instagram, Line, Messenger, Path dan lain sebagainya.

Sebel rasanya jika ada salah satu aplikasi yang mau di buka tiba-tiba tidak bisa di buka. Apalagi pas mau di buka dalam keadaan terburu-buru, heduh tambah kesel deh jadinya. Saking kesalnya ingin sekali rasanya membanting android yang kita miliki. Kalau saja orang yang mengalami hal seperti ini adalah orang yang beruang (kaya), bisa jadi android yang dimilikinya di banting beneran. Akan tetapi karena kita adalah orang yang tidak mempunyai uang lebih untuk membeli smartphone yang baru maka untuk melampiaskan kekesalannya lebih baik di banting di atas kasur saja daripada di lantai.
Sebenarnya penyebab dari aplikasi yang tidak bisa di buka tersebut di sebabkan karena beberapa faktor. Tiga di antaranya yang paling dominan adalah sebagai berikut:
Aplikasi belum pernah di bersihkan. Dalam hal ini adalah cache. Aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, BBM, Messenger, Game COC dan lainnya banyak meninggalkan cache. Sehingga jika hal ini di biarkan menumpuk di android agan maka di pastikan akan mengganggu kinerja ponsel.

Tidak cukup ruang. 
Dalam hal ini adalah RAM (Random Access Memory). Banyaknya aplikasi yang terinstall di dalam ponsel android bisa menguras ruang RAM. Jika jumlah aplikasi yang ada di perangkat android tersebut tidak di sesuaikan dengan kapasitas RAM-nya maka multitasking dari ponsel itu sendiri akan terganggu.

Perangkat terlalu panas. 
Terlalu seringnya pemakaian ponsel bisa menyebabkan kondisi suhu ponsel cepat panas. Terutama bagi ponsel yang data selulernya selalu aktif (online). Sehingga memungkinkan komponen-komponen yang ada di dalam perangkat tersebut menjadi lemah dan tidak berfungsi seperti biasanya.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Tidak Bisa di Buka.


Apabila smartphone android anda tidak bisa sama sekali membuka aplikasi atau kemungkinan besar muncul keterangan “Unfortunatelly Force Close, Not Enough Memory, Not Responding”.  Maka anda bisa melakukan perbaikan dengan cara yang ada di bawah ini.

1). Gunakan Fitur Clear Data atau Force Stop.
Dengan menggunakan fitur ini maka semua data beserta cache akan terhapus. Dan aplikasi akan kembali ke semula seperti baru di install. Dengan cara ini aplikasi yang yang awalnya mengalami masalah tidak bisa di buka akhirnya bisa terbuka kembali.

Untuk menerapkan cara ini anda bisa buka "setting" > kemudian "Apps" atau " Manager Aplikasi" lalu pilih aplikasi yang ingin di perbaiki. Bila sudah ketemu silahkan langsung di buka aplikasi tersebut kemudian tap " Clear Data atau Hapus Data" dan tap "Force Stop atau Paksa Berhenti".
Lihat Gambar

2). Menggunakan Clean Master.
Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Clean Master ini semua cache dan data yang menempel di aplikasi itu akan di bersihkan. Sehingga file yang sudah expired atau kadaluarsa itu tidak lagi menghambat dan menghalangi aplikasi tersebut untuk beroperasi kembali.

3). Mematikan ponsel atau tablet android.
Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa mematikan hp atau tablet android adalah salah satu tips yang paling ampuh untuk mengembalikan performance android.

Untuk menerapkan cara ini caranya sangat gampang. Pertama matikan dulu ponsel atau tablet android anda. Setelah itu jika sudah di matikan langkah selanjutnya adalah melepaskan kartu memory eksternalnya atau SD Card beserta batrainya. Biarkan android tidak menerima energi dari batrai hingga beberapa menit (max 5 menit) sampai kondisi android benar-benar dingin. Selanjutnya bila di rasa cukup kemudian pasang kembali SD Card sekaligus batrai dan hidupkan. Terakhir lihat hasilnya

Kurang lebih itulah 3 Cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki aplikasi android yang tidak bisa di buka. Good Luck!

Bagikan jika bermanfaat