3 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Install Karena Memory Full


Madurace.com - Cara Mengatasi Aplikasi Gagal Instal Karena Tidak Cukup Ruang di Hp Android. Pernahkah anda ketika ingin menginstall sebuah aplikasi di smartphone yang anda miliki mengalami kegagalan karena tidak cukup ruang pada perangkat? Seperti itu loh, ketika anda ingin menginstall sebuah aplikasi, kemudian pada saat proses penginstallan sedang berjalan tiba-tiba muncul jendela baru yang memberitahukan bahwa proses penginstallan gagal. Biasanya pemberitahuan tersebut kalau tidak salah isi teksnya berbunyi seperti ini [Kesalahan saat mengunduh "aplikasi bla..bla..bla.." tidak cukup ruang pada perangkat] atau ada juga yang bunyinya seperti ini [Perangkat ini tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh "aplikasi bla..bla.bla.." sebaiknya hapus aplikasi atau konten yang tidak anda butuhkan lagi. Coba lagi]

Hal seperti itu kemungkinan besar di sebabkan karena beberapa faktor di antaranya adalah sebagai berikut:

● Terlalu banyak aplikasi yang terinstall di perangkat.
Banyaknya aplikasi yang dipasang di perangkat dapat menyebabkan ruang penyimpanan memory internal penuh. Sehingga perangkat tidak memungkin untuk menerima aplikasi baru yang akan masuk kedalamnya.

● Terlalu banyak file.
Banyaknya file seperti gambar atau foto, video, musik, ebook, dan lain-lain yang tersimpan di dalam perangkat juga dapat mempengaruhi penuhnya ruang penyimpanan memory internal. Terutama video yang berdurasi panjang dan berformat MP4 (HD).

● Cache Yang Menumpuk.
Cache yang tidak pernah di bersihkan akan menumpuk dan dapat menyebabkan beberapa aplikasi mengalami error. Selain dari itu, juga dapat mempengaruhi ruang penyimpanan internal menjadi penuh sehingga komponen-komponen yang lain juga ikut terganggu. Semakin sering aplikasi android di gunakan maka semakin banyak pulalah cache yang akan terkumpul (menumpuk).

Mengatasi Error Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android.

Jika beberapa faktor di atas telah menimpa di salah satu smartphone android yang anda miliki maka anda bisa mengatasinya dengan cara berikut:

1). Memindah Aplikasi Yang Sudah Terpasang Agar di Simpan Ke Kartu Memory Eksternal (Micro SD / SD Card).
Perlu anda ketahui bahwa tidak semua HP android mempunyai fitur ini. Tetapi biasanya kebanyakan android dengan OS Kitkat beserta OS yang ada di bawahnya seperti Jellybean, Ice Cream Sandwich, Honeycomb, dan Gingerbread sudah tersedia fiturnya di masing-masing perangkat.

Untuk memindahkan aplikasi yang sudah terpasang di perangkat dan ingin di pindahkan ke memory Eksternal (SD Card), maka pertama yang anda harus lakukan adalah:

● Buka pengaturan / setelan / setting.

● Kemudian pilih "Manager Aplikasi" atau bisa juga "All Apps"  atau bisa juga "App/Apps" (intinya pilih yang sesuai dengan pengaturan / setting yang ada di perangkat anda).

● Selanjutnya pilih Aplikasi mana yang ingin di pindahkan.

● Setelah muncul halaman yang berisi tentang info aplikasi maka tap "Pindahkan ke kartu SD / Move To SD Card"

● Tunggu hingga proses pemindahan aplikasi selesai. Finish.

2). Bersihkan Cache atau Data Dari Setiap Aplikasi.
Aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Galery, WhatsApp, Line, Path, Google, Game online dan lainnya adalah termasuk kumpulan aplikasi yang paling banyak menyimpan cache.
Maka dari itu, untuk menimalisir banyaknya cache yang menumpuk di ruang penyimpanan internal yang di sumbangkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut mau tidak mau pengguna  harus menghapusnya. Adapun cara menghapusnya sebagai berikut. (Caranya Hampir sama sengan cara yang pertama)

● Pertama buka setting
● Selanjutnya pilih "Manager Aplikasi"
● Kemudian pilih Aplikasi mana yang ingin di hapus cache-nya.
● Setelah muncul halaman yang berisi tentang info aplikasi maka tap "Hapus Cache"

● Selesai.

3).Menghapus file yang berkapasitas besar (banyak).
File - file besar seperti video dan musik bisa jadi penyebab tidak cukupnya ruang penyimpanan internal. Maka dari itu alangkah baiknya file-file tersebut di pindahkan ke Memory Eksternal (SD Card). Atau bisa anda langsung menghapusnya saja bila file itu sudah tidak penting lagi.

Agar hasilnya lebih memuaskan dan lebih berasa usahakan pada saat melakukan pemindahan aplikasi dan penghapusan cache di lakukan satu persatu di tiap-tiap aplikasi.

Bagikan jika bermanfaat