Cara Membuka Aplikasi Android Yang Terkunci

Madurace.com - Dengan alasan keamanan, banyak para pengguna android mengunci salah satu aplikasi yang di anggap penting untuk tidak ketahui oleh orang banyak. Entah itu aplikasi bawaan pabrik (Bloatware) ataupun aplikasi pihak ketiga. Alasan utama kenapa mereka mengunci aplikasi tersebut adalah agar orang lain tidak seenaknya membuka data-data yang di anggap penting. Terutama yang menyangkut hal-hal yang begitu private.

Biasanya aplikasi yang paling sering di kunci itu adalah aplikasi-aplikasi yang berasal dari pihak ketiga seperti aplikasi Facebook Messenger, BBM, WhatsApp, Line, Imo dan aplikasi messenger lainnya. Adapun aplikasi yang berasal dari bawaan pabrik (Bloatware) yang di kunci yakni aplikasi pesan (sms) dan Galery. Untuk memberi perlindungan terhadap aplikasi tersebut, biasanya pengguna mayoritas menggunakan aplikasi pihak ketiga meski sebenarnya di dalam smartphone android itu sendiri sudah ada fitur kunci aplikasi yang tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk melindungi datanya, banyak diantara mereka lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga daripada menggunakan aplikasi bawaan pabrik. Alasanya tidak lain karena mempunyai kelebihan dan keuntungan tersendiri dari hal itu. Keuntungan yang di dapat dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah ketika salah satu pengguna yang lupa pola untuk membukanya maka hal itu bisa di lakukan dengan cara yang sangat mudah sehingga aplikasi tersebut bisa di buka kembali. Adapun kekeurangannya adalah akan sedikit mengurangi kapasitas penyimpanan ponsel.

Biasanya setiap pengguna android yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi-aplikasi yang ingin di kunci tersebut berbeda-beda. Ada yang menggunakan jasa CM Lock (CM Locker), CM Scurity, App Lock, Lock Screen, LOCX, Leo Privacy Guard, CM Scurity Lite, App Lock2, Perfect App Lock dan lain sebagainya.

Namun karena manusia itu tidak lepas dari sifat lupa maka adakalanya mereka yang melakukan lock terhadap beberapa aplikasi tersebut lupa akan pola yang pernah di buatnya. Sehingga hal ini bisa saja menimbulkan sedikit masalah. Akan tetapi bagi pengguna atau anda yang mempunyai masalah seperti ini tenang saja gak usah di ambil pusing. Karena di blog ini akan di kasih tahu jalan keluarnya atau tips bagaimana caranya agar bisa membuka aplikasi yang terkunci.

Cara Membuka Aplikasi Android Yang Terkunci.

1). Menghapus Data Aplikasi Pengunci.
Dengan cara ini pengguna tidak harus menghapus aplikasi secara langsung. Cara ini bisa anda lakukan jika pada saat mengaktifkan CM Scurity untuk mengunci aplikasi lain seperti BBM, Messenger, Path, Line, maupun Galery dan lainnya, anda tidak memberikan akses terhadap Device Administrators.
Caranya sebagai berikut;
● buka "setelan atau setting  atau pengaturan"

● Lalu pilih "App atau Apps atau Apl atau Manager Aplikasi" dan cari aplikasi pengunci yang anda maksud (contoh: saya menggunakan aplikasi pengunci bernama CM Scurity)

● Selanjutnya setelah muncul tampilan info apliaksi maka pilih "paksa henti atau force stop" kemudian pilih "Clear Data atau hapus data".

Karena Alasan pengaturan android itu tidak sama maka di langkah ini jika di pengaturan hp android anda tidak ada tombol clear datanya maka anda bisa juga mengeklik "manage storage" selanjutnya tap "delete" untuk menghapus semua data yang ada di dalam aplikasi tersebut.

● Selesai.

Nah sekarang coba cek aplikasi yang pernah di kunci menggunakan aplikasi app lock tersebut. Apakah langsung terbuka tanpa harus memasukkan PIN (pola) atau masih tetap terkunci? Saya rasa itu sudah tidak terkunci lagi.

2). Membuka Aplikasi Android Yang Di Kunci Dan Menonaktifkan Akses Administrators.
Jika cara di atas tidak berhasil karena alasan aplikasi tersebut memiliki akses penggunaan data di dalam perangkat. Sebaiknya anda harus cabut dulu izinnya atau menon-aktifkannya terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

● Pertama buka Setting atau pengaturan.

● Selanjutnya pilih " Security atau Pengaman"

● Kemudian tap "Device Administrators atau Administrator  Perangkat" Dan hilangkan centang yang berwarna hijau untuk menon-aktifkannya.

● Lalu ulangi lagi step by stepnya seperti yang telah di jelaskan pada point nomor satu di atas.

Itulah beberapa cara untuk membuka aplikasi yang terkunci di smartphone android. Saya rasa artikel ini sedikit banyak bisa membantu pembaca yang mengalami masalah yang sama seperti yang telah si sebutkan diatas. Sekian terima kasih

Bagikan jika bermanfaat