Cara Mengatasi HP Android Yang Mengalami Install Aplikasi Sendiri

Disaat saya sudah tidak mempunyai ide untuk menulis sebuah artikel di blog yang berantakan nan kampungan ini, eh gak tahunya malah ada salah satu teman yang datang sambil menyodorkan ponsel android miliknya yang katanya mengalami masalah. Setelah di tanyain penyebabnya, ternyata ponsel yang ia miliki selalu mengalami download atau install aplikasi sendiri tanpa di ketahui sumbernya darimana. Sehingga ia merasa sebal terhadap hal yang telah mengganggu dan menimpa ponselnya tersebut. Terlebih aplikasi yang terinstall adalah aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan berkapasitas tinggi. Tentu hal ini sangat merugikan pengguna yang notabene dapat menguras kuota internet yang sangat banyak.

Selain dari itu kondisi hp lama-lama kinerjanya akan semakin berat lantaran aplikasi yang menumpuk. Meski aplikasi-aplikasi tersebut bisa di atasi dengan cara di hapus, jika hal ini terus di biarkan maka tetap saja akan mengganggu pemiliknya.

Sebenarnya pemicu android yang bisa melakukan download atau install sendiri bisa di sebabkan oleh beberapa hal di antaranya adalah : Malware, Adware dan ROM android itu sendiri. Belakangan ini memang sangat banyak aplikasi - aplikasi yang sengaja di sisipi berbagai jenis malware dan adware untuk mencari keuntungan sepihak tanpa menghiraukan dampak dan kerugian yang di alami pengguna. Maka dari itu sebaiknya sebelum kita tahu cara mengatasinya maka kita harus mencari dulu akar masalahnya. Caranya anda bisa mengingat kembali aplikasi apa yang terakhir kali terinstall sebelum android bermasalah?! Jika anda ingat maka segeralah hapus atau delete aplikasi tersebut dari smartphone android anda.

Namun apabila aplikasi tersangka sudah di hapus tapi tetap saja ponsel android anda mendownload atau install sendiri maka anda bisa melakukannya dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Mengalami Download Atau Install Aplikasi Sendiri.

Cara Pertama;
1). Buka menu Pengaturan atau Setelan (Setting).
2).  Kemudian cari Lainnya atau Other dan pilih Keamanan / Security.
3). Selanjutnya hilangkan centang pada "Sumber tidak di ketahui".
4). Selesai.

Dengan melakukan cara di atas maka aplikasi apapun yang berasal dari luar Play Store tidak akan bisa terinstall selama anda tidak mencentangnya. Namun apabila anda setelah menerapkan cara yang pertama ini masih ada juga aplikasi yang terdownload maka anda harus menempuh dengan cara lain yaitu cara kedua. Cara kedua ini bisa di bilang cara pemungkas yang sangat ampuh. Kenapa saya bilang ampuh? Karena dengan cara ini aplikasi yang bersumber dari manapun tidak akan sanggup menembusnya kecuali anda sendiri yang nantinya memberikan akses atau memberi izin.

Cara Kedua;
1). Buka Menu Pengaturan atau Setelan (Setting)
2).  Kemudian cari Lainnya atau Other dan pilih "Manager Aplikasi"
3). Selanjutnya gulir layar ponsel (screen) ke kiri menuju menu "Semua atau All".
4). Lalu scroll kebawah dan cari aplikasi bloatware yang bernama "Manager Pengunduhan" kemudian tap atau klik.
5). Setelah muncul halaman info aplikasi maka tap atau klik "Enable / Tidak Memungkinkan" menjadi "Disable /memungkinkan". 

6). Selesai.

Nah dengan menggunakan cara yang tarakhir ini maka hp android anda takkan bisa mendownload atau menginstall aplikasi lagi. Bahkan anda sendiri sekalipun bila berniat ingin mendownload aplikasi di Play Store ataupun di gudang aplikasi lainnya takkan berhasil kecuali pengaturannya di ubah kembali seperti semula. Maka dari itu jika anda berniat untuk menginstall atau mendownload sebuah aplikasi beserta file lainnya baik yang menggunakan play store maupun melalui browser, jangan lupa untuk mengganti lagi pengaturannya dari Disable ke Enable.

Kurang lebih begitulah 2 Cara Mengatasi HP Android Yang Mengalami Download Atau Install Aplikasi Sendiri. Semoga dengan artikel yang saya posting kali ini bermanfaat. Sekian terima kasih dan selamat mencoba.

Bagikan jika bermanfaat