Jangan Sekali-kali Membalas SMS Dari Nomor 91010 (Jika Tidak Tanggung Sendiri Akibatnya)


Beberapa hari yang lalu saya hampir saja kena tipu dari salah satu nomor unik layaknya milik operator. Entah nomor tersebut milik operator atau bukan, saya sendiri kurang tahu yang jelas nomor tersebut kalau di biarkan dapat merugikan pelanggan. Kalau saja kartu sim card yang saya gunakan itu ada pulsanya, mungkin saya sendiri yang jadi korbannya. Untung kartu yang saya gunakan itu tidak pernah di isi pulsa kecuali hanya dalam sebulan sekali. Itupun saya isi karena untuk perpanjangan paket internet saja. Coba kalau ada pulsanya, hem pasti pulsa saya hilang atau hangus sia-sia.

Modus Sms Dari Nomor 91010 (Operator XL)


Modus yang di lancarkan oleh nomor 91010 adalah mengirimkan sebuah sms ke nomor pelanggan XL. Trik ini cukup sukses menyedot perhatian pelanggan sehingga pelanggan yang membacanya merasa penasaran dan sesegera mungkin untuk membalasnya. Namun siapa sangka jika ternyata sms itu terdapat perangkap yang tidak di ketahui sama sekali oleh pelanggan yang apabila membalas sms tersebut akan menyedot pulsa miliknya.

Sms yang di kirim oleh nomor 91010 ke nomor pelanggan XL mungkin isi pesannya tidak sama antara pelanggan yang satu dengan yang lain. Atau mungkin juga dari waktu ke waktu isi pesannya selalu di ganti demi memuluskan jeratnya agar tidak diketahui atau di curigai oleh si korban. Bisa jadi alasan itu ada benarnya mengingat kadang seseorang itu selalu menghapus isi sms yang ada di ponsel. Baik itu pesan yang masuk maupun pesan keluar (terkirim). Jadi wajar jika mereka lupa akan nomor yang pernah mengambil pulsa miliknya dan tidak tahu jika nomor tersebut akan selalu mengintainya.

Kurang lebih isi sms yang di kirim dari nomor 91010 ke nomor saya bunyinya seperti berikut:
"Selamat Kamu mendapatkan nelpon gratis 15 menit / 3 hari. Balas Iya"

Atau ada juga yang isi smsnya seperti ini:
"Selamat Anda berkesempatan nelpon gratis 30 menit/hari selama 3 hari. Balas Ok"

Nah setelah saya baca sms tadi, untuk memastikan benar atau tidaknya maka saya iseng-iseng membalasnya dengan isi pulsa di bawah 400 perak (Lebih dari 1500 saja ane gak berani). Walhasil, benarlah dugaan saya bahwa sms itu berisi konten yang telah bekerjasama dengan sang operator.

Berikut sms balasan dari penyedia konten yang telah masuk ke inbox saya:
" Terima kasih, layanan HIJABERS 3sms/mgg Rp.2200/sms sdh aktif". (Lah emangnya saya cewek apa?)

Anehnya lagi balasan sms itu bukan lagi dari nomor 91010 melainkan dari nomor lain yaitu dari nomor 99189.

Lantas bila sudah terlanjur membalas sms itu bagaimana cara berhenti atau Unreg dari layanan atau konten tersebut agar di lain hari tidak menyedot pulsa? Caranya silahkan baca disini→ Begini Caranya Agar Pulsa Tidak Selalu Di Ambil Oleh Operator XL

Meski artikel yang saya tulis kali ini kurang bermanfaat bahkan di bilang tidak ada manfaatnya sama sekali, mungkin hal itu bisa di maklumi. Tujuan saya menulis artikel ini adalah semata-mata untuk memperingatkan pembaca agar tidak ceroboh menanggapi sms dari nomor yang tidak jelas asal usulnya sehingga pembaca lebih waspada dan pulsanya lebih aman tentunya. Sekian Terima kasih.

Bagikan jika bermanfaat