Cara menghapus Bloatware Atau Aplikasi Bawaan Pada HP Android

Madurace.com - Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root dan Root. Mungkin bagi para pembaca masih ada yang bingung yang di maksud Bloatware itu apa? Kalau dugaanku itu benar, berarti apa yang ada di pikiran kalian itu sama dengan yang saya pikirkan yaitu sama-sama bingung! Iya awalnya dulu saya juga bingung bloatware itu apa? Karena yang saya tahu kala itu hanya tentang Malware dan Adware saja sedangkan untuk istilah bloatware itu sendiri saya baru mendengar dan baru mengenalnya. Itupun saya tahu dari teman-teman sesama blogger.

Oke sebelum kita melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita bahas dulu apa yang di maksud Bloatware? Tujuannya tidak lain adalah agar pengetahuan kita tentang smartphone android lebih mumpuni dan tidak terlalu gaptek. Masak kita tiap hari menggunakan smartphone android tapi tidak tahu istilah-istilah yang terkandung di dalamnya, Kan aneh!

Pengertian Bloatware Android.

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terinstall di dalam perangkat atau device tertentu (termasuk perangkat android) yang keberadaannya sangat jarang di gunakan oleh pengguna. Atau bahasa awamnya dapat di artikan dengan istilah aplikasi bawaan pabrik. Karena memang kenyataannya bloatware ini sengaja di install oleh merk pembuat perangkat atau device yang telah bekerjasama dengan pihak pengembang (developers) dengan tujuan tertentu.

Bloatware atau aplikasi bawaan pabrik selain jarang di gunakan (bahkan tidak pernah  tersentuh sama sekali oleh pengguna) juga jarang di perhatikan keberadaannya serta dampaknya. Padahal pada kenyataannya Bloatware ini dapat menyebabkan ruang penyimpanan internal (memory internal) pada perangkat semakin sesak.

Bloatware itu sendiri tidak dapat di hapus dengan cara biasa layaknya menghapus aplikasi aplikasi yang berasal dari luar perangkat seperti yang berasal dari gudang aplikasi play store dan sejenisnya. Namun demikian aplikasi bawaan pabrik atau yang di sebut juga dengan bloatware bisa di non aktifkan  jika bloatware tersebut benar-benar tidak di butuhkan.

Lantas apakah keberadaan bloatware di perangkat atau device android berbahaya? Jawabannya jelas tidak! Karena aplikasi -aplikasi bawaan tersebut bukanlah aplikasi jahat yang dapat mencuri data-data yang ada di perangkat atau device. Hanya saja kadang bagi pengguna seperti saya ini keberadaannya memang agak kurang gimana gitu jika ada aplikasi yang kurang bermanfaat selalu nempel di dalam ponsel. Rasanya ingin sekali menghapusnya agar ruang penyimpanan internal lebih ramping dan tidak mubadzir.

Lalu apakah bloatware atau aplikasi bawaan dari pabrik tersebut bisa di hapus? Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa bloatware memang tidak dapat di hapus dengan cara biasa tetapi hanya bisa di non aktifkan saja. Kecuali, ingat keecuali pada pada smartphone-smartphone android yang sudah di root bloatware atau aplikasi bawaan pabrik bisa di hapus ke akar-akarnya. Sehingga bloatware yang telah di hapus tidak berani lagi menampakkan monyongnya di widget ponsel ataupun di dalam manager aplikasi.

Lalu bagaimana caranya menghilangkan bloatware pada ponsel android yang tidak di root? Satu-satunya cara untuk menghilangkan (ingat, bukan dihapus) aplikasi bawaan pabrik pada ponsel android yang tidak di root adalah dengan cara me-nonaktifkan bloaware itu sendiri. Caranya sebagai berikut.

Cara Menonaktifkan Bloatware pada android yang tidak di root.

Dengan alasan ponsel android yang anda gunakan masih belum di root, maka anda tetap saja bisa menghilangkan bloatware tersebut dengan cara menonaktifkannya. Meski dengan cara seperti ini tidak dapat menghapus secara keseluruhan, setidaknya tips ini dapat menghambat penggunaan RAM yang di pakai oleh bloatware itu sendiri yang biasanya bekerja di balik layar.

# Jika versi android anda di bawah Jellybeans maka caranya sebagai berikut:
1). Seperti biasa buka atau hidupkan smartphone android anda.
2). Kemudian buka pengaturan atau setting.
3). Lalu pilih Apps atau Apps Manager.
4) Selanjutnya pilih atau tap aplikasi yang di nonaktifkan.
5). Kemudian setelah muncul halaman info aplikasi pilih "force stop atau paksa berhenti"
6). Terakhir pilih "Disable atau Tidak Memungkinkan". Selesai.

# Jika versi android anda Jellybeans keatas maka caranya sebagai berikut:
1). Buka pengaturan atau setting.
2). Lalu pilih "Lainnya"
3). Kemudian pilih "Manager Aplikasi".
4) Selanjutnya pilih atau tap aplikasi yang ingin di nonaktifkan.
5). Lalu setelah muncul halaman info aplikasi pilih "force stop atau paksa berhenti"
6). Terakhir pilih "Disable atau Tidak Memungkinkan". Selesai.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware Android Root.

Bagi anda yang sudah memiliki ponsel android yang sudah dalam kondisi root, menghapus aplikasi bawaan pabrik atau bloatware secara permanent sudah tidak ada kendala lagi untuk menghapusnya. Tugas anda hanyalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda install melalui Play Store atau gudang-gudang aplikasi lainnya. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, Anda akan bebas memilih bloatware mana saja yang ingin di hapus dari perangkat atau device yang anda miliki. Berikut langkah-langkahnya:

1). Pertama install dulu aplikasi "Link2SD". Silahkan cari di Play Store
2). Buka aplikasi "Link2SD"
3). Kemudian cari aplikasi atau bloatware yang ingin di hapus.
4) Bila sudah didapat, maka tap aplikasi dan akan muncul halaman "App Info".
5). Lalu klik / tap icon "Titik Tiga" yang ada di pojok kanan atas. Kemudian tap "hapus"
Lihat Gambar

6). Terakhir klik / tap "Ok". Selesai.

Sebenarnya di gudang aplikasi play store masih banyak aplikasi pihak ketiga yang fungsinya sama dengan aplikasi Link2SD ini. Cuma bagi saya pribadi hasil dari aplikasi Link2SD, kualitasnya lebih bagus di bandingkan dengan aplikasi-aplikasi penghapus bloatware yang lain. Selain dari kualitas, dari segi kapasitas juga lebih enteng. Ya pokoknya berguna banget deh..!!!!

Bagi anda yang berniat untuk menghapus bloatware atau aplikasi bawaan pabrik yang keberadaannya di anggap kurang bermanfaat di perangkat yang anda gunakan, maka tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini. Di jamin hasilnya sangat memuaskan.

Baiklah! Saya rasa sudah cukup sampai di sini tutorial tentang cara menghapus aplikasi bawaan pabrik atau bloatware. Semoga dengan hadirnya artikel yang begitu sederhana ini dapat membantu teman-teman yang merasa kesulitan untuk menyingkirkan bloatware tersebut. Dan yang lebih penting adalah dapat menambah wawasan tentunya. Sekian terima kasih

Bagikan jika bermanfaat