Cara Menguji Dan Mengetahui Kecepatan Internet

Madurace.comBagi seseorang yang masih newbie di dunia daring, rata-rata diantara mereka masih banyak yang tidak pernah menghiraukan berapa speed atau kecepatan internet yang mereka pakai. Kebanyakan di antara mereka hanya tahu tentang harga dan kuotanya saja. Sedangkan speed yang diberikan tiap-tiap operator seluler terhadap paket-paket tertentu yang ia daftarkan atau beli tidak pernah dipikirkan.

Yang terpenting bagi mereka setelah membeli paket bisa mengakses internet sehingga dapat digunakan untuk browsing maupun buat chattingan di sosial media. Giliran koneksi lemah atau lemot bin lelet, dirinya mengadu sana-sini dengan perasaan jengkel sambil mengumpat operator. Tidak tahunya kesalahan terbesar terletak pada pengguna sendiri yang lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Padahal mengetahui atau mengukur sebuah kecepatan internet itu sangatlah penting untuk di ketahui oleh si pengguna agar nantinya setelah membeli paket tidak ada lagi hal-hal yang menyebabkan perasaaan kecewa plus jengkel pada saat mengakses internet.

Entahlah kenapa kebanyakan di antara mereka tidak memperdulikan QOS (Quality of Service) yang telah di berikan oleh provider terhadap paket-paket tertentu?!! Sedangkan pihak operator sendiri sebelumnya sudah memberitahukan kepada pelanggannya bahwa Qos-nya paket A kecepatannya sekian dan paket B Qos-nya juga sekian. 

Menurut hemat saya kemungkinan besar rata-rata mereka memang tidak mengetahui berapa Mbps atau Kbps kecepatan internet yang ia gunakan per/scondnya. Karena memang pada kenyataanya yang pertama kali di cek oleh mereka ketika ingin membeli paket itu adalah harga dan kuotanya sedangkan speednya di anak tirikan. Jadi wajar, meski sudah bertahun-tahun jadi langganan paket internet, mereka tetap tidak tahu berapa kecepatan internet yang ia pakai.

Beda halnya dengan para nettizen yang suka dengan gretongan. Mereka bukan hanya tahu tentang seluk beluk kecepatan internetnya saja tetapi juga tahu bagaimana caranya bisa mengakses internet tanpa bayar alias gratis (Ya iyalah memang diantara mereka kebanyakan seorang phreaker yang selalu mencari celah operator). Namun tidak semua para sahabat pecinta gretongan juga pada tahu bagaimana cara untuk mengetahui kecepatan internet tersebut. Apalagi bagi mereka yang masih baru mengenal dunia gretongan (newbie).

Ternyata setelah saya selidiki masih buaaanyak para sahabat pecinta gretongan di luar sana (newbie) yang masih belum tahu berapa kecepatan internetnya yang ia pakai. Terbukti, ketika mereka mengakses internet secara gratis dengan menggunakan config HTTP Injector buatan saya, mayoritas diantara mereka mengira config yang ia pakai sudah bagus dan wuss padahal kecepatannya pada saat di gunakan untuk menonton video YouTube atau mendownload file-file yang berkapasitas besar, speednya hanya mentok di 200-350 Kbps/detik.

Sedangkan menurut saya pribadi config yang bagus itu adalah config yang mempunyai kecepatan atau speed lebih dari 600 Kbps/second untuk perangkat Non-4G (untuk perangkat yang sudah mengusung fitur 4G, mungkin bisa lebih dari 2 kali lipat speednya).

Entahlah kenapa mereka bilang begitu, 
mungkin sebelum memasuki dunia gretongan, paket internet yang mereka pakai atau beli speednya memang tidak sebagus ketika menggunakan config aplikasi gretongan seperti HTTP Injector, Openvpn, KPN Tunnel dan aplikasi-aplikasi gretongan lainnya.

Jadi wajar-wajar saja bila diantara teman-teman ada yang bilang seperti itu. Apalagi pengguna axis yang kartunya pernah didaftarkan paket unlimited, waduh parah banget gan, speednya benar-benar down di TKP saya. Jangankan mau nonton video youtube, buka aplikasi facebook saja loadingnya minta ampun. (Dengan rasa penasaran, terpaksa saya pinjam simcardnya untuk dijadikan tumbal praktek di hp saya sendiri dengan cara mendownload aplikasi di play store, dan ternyata hasilnya hanya mempunyai kecepatan rata-rata di bawah 75 Kbps/second). Hiks, benar-benar tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan menggunakan internet gretongan.

Lalu bagaimanakah caranya agar bisa mengetahui kecepatan internet di smartphone yang kita gunakan atau miliki ?

Sebenarnya untuk mengetahui speed Internet yang kita gunakan tersebut tidak terlalu rumit untuk mengetestnya. Karena di beberapa smartphone yang beredar di masa kini sudah banyak smartphone-smartphone tertentu yang sudah mengusung fitur yang dinamakan dengan Speed Meter Internet, yaitu sebuah perangkat atau alat yang dapat membaca kecepatan internet di dalam smartphone yang bersangkutan.

Sehingga dengan adanya fitur semacam ini pengguna dapat mengetahui berapa kecepatan internet yang ia gunakan ketika sedang berselancar di dunia internet, terlebih pada saat melakukan download dan menonton video online seperti YouTube, Streaming, dan video-video lainnya yang belakangan ini banyak beredar di sosial media.

Namun tidak semua pengguna memanfaatkan fitur yang satu ini. Sekalipun diperangkatnya sudah tersedia speed meter internetnya, mereka tetap saja masih belum mengerti fungsinya untuk apa? Bahkan ada salah satu teman yang bilang bahwa angka-angka yang bergerak di atas bar itu adalah alat untuk mengetahui penggunaan data RAM yang terpakai didalam ponsel itu sendiri (heheheh...maklum gan, tempat ane tinggal tu pedalaman banget, jadi pemikirannya tidak sama dengan orang-orang yang ada di kota yang sudah lebih duluan melek di bidang technologi dan informatika).

Lah bagaimana kalau di ponsel saya tidak ada speed internet meternya gan? Bisa tidak ponsel yang saya gunakan ini melihat atau mengecek kecepatan internetnya? Jawabannya; bisa gan! Asalkan ponsel yang anda miliki itu beroperasi system Android. Selain dari itu saya sendiri tidak tahu bisa atau tidak. Karena selama ini saya sendiri hanya memiliki/menggunakan smartphone android sedangkan untuk vendor smartphone-smartphone yang lain seperti Iphone, BlackBerry dan lain-lain, saya tidak pernah berniat untuk mencobanya apalagi sampai membelinya (alasannya karena tidak punya uang bang).

Lantas bagaimana jika di salah satu ponsel kalian tidak ada fitur speed meter intenetnya? Apakah masih bisa mengecek berapa kecepatan internet yang ada di perangkat tersebut? Jawabannya: Bisa gan, asalkan smartphone yang kalian miliki saat ini beroperasi system Android. Selain dari itu saya sendiri tidak tahu apakah bisa atau tidak? Karena saya sendiri hanya memilik satu smartphone android saja sedangkan yang beroperasi system yang lain tidak punya. Jadi wajar-wajar saja bila saya bilang seperti itu karena memang pada kenyataannya perangkat yang ingin dijadikan bahan praktek (tumbal) tidak ada kecuali hp android kesayanganku yang satu ini.

2 Cara Untuk Mengetahui Kecepatan Internet Di Ponsel atau HP Android.

1). Menggunakan Aplikasi Speedtest.net

Aplikasi Speedtest.net adalah salah satu dari beberapa aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk menguji kecepatan internet di smartphone android. Aplikasi jebolan Ookla asal Seatle, negara bagian Washington ini, memang sangat banyak diminati oleh para pengguna internet khususnya bagi yang suka dengan gretongan. Mayoritas para gretongan menggunakan aplikasi speedtest.net bertujuan untuk mengetahui atau mengetest hasil config racikannya sendiri maupun buatan orang lain.

Bagi mereka rasanya kurang afdhal jika di smartphone android yang ia miliki tidak mempunyai atau tidak menginstall aplikasi yang dikembangkan oleh Ookla ini. Karena selain hasilnya yang dianggap lebih akurat dari aplikasi-aplikasi sejenis lainnya, cara mengoperasikannya pun juga cukup mudah dan simpel.

Tidak ada keahlian khusus untuk mengoperasikannya, pengguna tinggal menginstall aplikasi tersebut melalui play store, kemudian membukanya maka sistem aplikasi speedtest.net akan memproses dan mencari server terbaik secara otomatis. Selanjutnya tugas pengguna hanya menekan atau mengetap menu "MULAI TES" yang sudah tersedia di interface, maka beberapa detik kemudian sistem akan menampilkan kecepatan internet yang digunakan. Baik itu data download maupun data uploadnya.
screenshot penguji speed internet

Namun itu semua juga tergantung dari tiap-tiap TKP, karena BTS (Base Transceiver Station) yang diberikan oleh operator tidak sama antara TKP yang satu dengan TKP yang lainnya.

2). Menggunakan Aplikasi Internet Speed Meter Lite.

Internet Speed Meter Lite adalah salah satu perangkat yang juga bisa di gunakan untuk mengetahui kecepatan internet pada smartphone Android. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan pada ponsel android yang didalamnya tidak tersedia fitur Speed Internet Meternya. Karena aplikasi yang satu ini meski dibilang aplikasi pihak ketiga cara kerjanya juga hampir tidak ada perbedaan dengan yang aslinya (bawaan pabrik).

Selain dari itu kapasitas aplikasi Internet Speed Meter Lite sangat minim, yaitu kurang lebih hanya 1,59 Mb sehingga tidak akan menghambat atau mengganggu kinerja ponsel.

Dan cara mengoperasikannya pun juga sangat gampang. Pengguna tinggal mengakses internet (entah itu, browsing, download atau menonton Youtube) maka aplikasi akan berjalan secara otomatis sesuai dengan fungsinya. Dan speed meter akan menampilkan kecepatan internet yang digunakan pada saat itu tepat di atas Bar.
gambar kecepatan internet

Tidak hanya itu saja, kelebihan atau keistimewaan dari aplikasi speed meter internet lite ini adalah adanya fitur history data. Sehingga pengguna dapat melihat atau  mengetahui berapa kuota internet yang telah digunakan selama sehari, seminggu, bahkan dalam jangka sebulan.

Jadi, bagi anda yang ingin mengetahui kecepatan internet yang kalian gunakan, atau hanya ingin mengetahui berapa banyak kuota yang di keluarkan selama sehari / seminggu dan sebulan, maka aplikasi Internet Speed Meter Lite inilah salah satu solusinya!

Nah bagi kalian yang masih belum tahu cara menguji atau mengecek berapa kecepatan internet yang kalian gunakan selama ini, maka kalian bisa mencobanya dengan menggunakan kedua aplikasi di atas. Kedua aplikasi tersebut bisa kalian download atau install di gudang aplikasi play store secara gratis.

Bagikan jika bermanfaat