Cara Membalas Pesan Facebook Orang Lain Secara Otomatis

Madurace.com - Jika kita mau mensurvei tentang beberapa jenis jejaring sosial yang paling banyak penggunanya, maka sudah tentu Facebook jawabannya.

Sejak didirikan, facebook itu sendiri bisa di bilang sangat tua bila di bandingkan dengan sosial media lainnya seperti Twitter, Balckberry Messenger, Whatsapp, Instagram dan jejaring-jejaring sosial media lainnya.

Namun meski begitu, pamor atau popularitasnya tetap tidak terkalahkan oleh para pesaing-pesaingnya. Dari tahun ke tahun rattingnya tetap stagnan berada di peringkat nomor wahid dalam kategori sosial media.

Bahkan beberapa tahun yang lalu, ada kabar burung yang beredar di dunia daring bahwa Google, satu-satu mesin pencarian (Search Enginering) terbesar didunia merasa khawatir terhadap Facebook. Rasa was-was tersebut terjadi ketika pihak facebook sendiri digadang-gadang akan meluncurkan fitur mesin pencarian yang cara kerjanya sama dengan milik Google.

Tentu kalau hal ini benar-benar terjadi akan membuat google jadi sepi dari para googling karena orang-orang akan lebih memilih mencari kata kunci (informasi) di facebook daripada di Google.

Alasan kenapa ratting facebook tetap berada di atas angin dan masih tetap eksis sampai sekarang tentu tidak lepas dari penambahan fitur terbaru yang hampir tiap tahunnya di tambahkan. Sehingga dengan adanya tambahan fitur tersebut, membuat pengguna lebih betah dan tidak merasa bosan berlama-lama berselancar disana.

Salah satu fitur terbaru yang di persembahkan oleh pihak facebook kepada membernya adalah bisa membalas pesan secara automatis.

Maksudnya gimana gan? Maksudnya gini, ketika ada seseorang yang mengirim pesan kepada kalian, maka pesan yang masuk itu akan di balas secara otomatis oleh facebook kalian sendiri. Dan si pengirim mengira bahwa pesan balasan tersebut yang membalasnya adalah kalian sendiri.

Padahal facebook kalian pada saat itu dalam keadaan offline dan kalian tidak membukanya sama sekali. (Ngerti kan maksudnya? Kalau gak ngerti ya udah saya maklumi itu, karena memang isi artikelnya yang tidak bisa di mengerti. Jadi harap dimaklumi juga ya...hahaaha).

Dengan hadirnya fitur tersebut tentu sangat menguntungkan sekali bagi para sahabat facebooker yang mempunyai halaman atau fanspage. Terlebih bagi yang punya halaman yang mempunyai banyak pengelike atau pengikut! Wah bermanfaat sekali gan mengingat si admintnya mempunyai kesibukan di dunia nyata.

Sehingga sesibuk apapun si admint seolah-olah ia tetap melayani atau membalas pesan yang masuk yang dikirim oleh para membernya. Dan si pengirim mengira bahwa pesan balasan tersebut, telah mendapat tanggapan langsung atau respon dari si admint. Padahal adminnya sedang kerja atau lagi instrahat.

Iya benar! Anggapan seperti itu sering dialami oleh para pengikut halaman yang saya kelola. Mereka tidak menyangka kalau pesan yang berasal dari halaman madurace.com itu sebenarnya otomatis. Bahkan banyak diantara mereka yang masih sempat mengirimkan pesan balasan.

Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia pada halaman atau fanspage saja. Sedangkan untuk facebook pribadi seperti yang kebanyakan kita gunakan, fitur ini masih belum tersedia. Coba kalau di facebook pribadi fitur ini juga bisa, mungkin tambah seru kali ya!???

Tapi tidak apa-apalah, mungkin pada suatu saat nanti fitur ini juga di terapkan pada facebook biasa.

Lalu bagaimana caranya agar halaman atau fanspage facebook saya juga bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis gan?

Caranya sangat gampang gan, yang terpenting adalah kalian sudah mempunyai halaman atau fanspage facebook.

Oke, Mari kita langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengeksekusi kasus yang kita usut tadi. (Wadduh...ni artikel lagi ngebahas cara membalas pesan otomatis halaman facebook, apa sedang membahas tindak pidana ya? Kok bisa ngaur gitu!)

Cara Membuat atau Membalas Pesan Otomatis di Halaman Facebook.

Sebelum menuju ke step by stepnya, saya katakan sekali lagi bahwa fitur yang kita bahas ini hanya bisa di terapkan pada Halaman atau Fanspage Facebook. Jadi, bagi kalian yang masih belum mempunyai halaman facebook dan kebetulan penasaran atau ingin mencobanya, maka alangkah baiknya kalian membuat halaman dulu di facebook kalian masing-masing.

Oke tanpa basa-basi lagi mari kita lanjutkan ke topik yang paling inti yang kita tunggu-tunggu. Berikut langkah-langkahnya!

1). Pertama buka Facebook agan, kemudian masuk ke Halaman atau Fanspage yang agan kelola.

2). Selanjutnya ke "Pengaturan" Halaman. Lalu Pilih "Pengiriman Pesan".


3). Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman Pengaturan Umum dari Pengiriman pesan tersebut. Lalu gulir atau scroll kebawah untuk menuju "Asisten Pemberi Tanggapan".

4). Nah disinilah kalian bisa mengaktifkan fitur pengiriman balasan pesan otomatis tersebut. Dengan cara mengubah scroll "Tidak" menjadi "YA". (Sampai disini sebenarnya pesan balasan otomatis fanspage kalian sudah aktif).

Sekarang tugas kalian adalah mengubah isi dari pesan yang ingin kalian kirimkan ke orang lain dengan cara mengeklik "UBAH".

Setelah itu silahkan di edit isi teksnya sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai contoh saya memasukkan teks di bawah ini;

" Terima kasih sudah mengirim pesan kepada kami. Kami akan mencoba untuk tetap menghubungi Anda sebisa mungkin.
NB:[Kami bukanlah robot atau mesin, jadi harap dimaklumi jika pertanyaan saudara tidak cepat kami tanggapi." 

Jika sudah di rasa cukup, silahkan klik "Simpan".
Maka hasilnya nanti akan tampil seperti gambar di bawah ini.

5). Untuk pengaturan lainnya silahkan di ubah sendiri sesuai kenginan kalian masing-masing.

6). Selamat! Sekarang kalian bisa membalas pesan orang lain secara otomatis tanpa harus membuka Facebook (online)

Catatan:
* Harap di maklumi jika gambar kurang jelas (Maklum, ngeblog pake HP Android)
* Sebenarnya fitur ini udah lama, cuma saya sendiri yang baru tahu gan...!

Oke sekian dulu postingan dari saya tentang bagaimana cara membalas pesan orang lain secara automatis di halaman Facebook. Semoga dengan hadirnya artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. AMIN

Bagikan jika bermanfaat