Cara Membuat SSH Menjadi Squid Proxy

Madurace.com - Beberapa bulan yang lalu saya pernah mempublish sebuah artikel tentang kumpulan squid proxy gratis. Dimana squid-squid proxy tersebut bisa digunakan sebagai alat tempur dari apliaksi-aplikasi yang didalamnya berkaitan dengan yang namanya VPN (Virtual Private Number). Seperti  Misalnya aplikasi-aplikasi penginject untuk mendapatkan akses internet gratis yang lagi booming saat ini,yaitu diantaranya adalah Aplikasi HTTP injector, KPN Tunnel Ultimate, Eproxy, OpenVPN dan lain-lain.

Semua apliaksi yang telah saya sebutkan diatas adalah aplikasi-apliaksi yang paling banyak diminati oleh para kalangan sahabat gretongan mania. Karena dengan apliaksi tersebut mereka lebih leluasa untuk mengakses internet tanpa batas alias tanpa harus beli paket internet (gratis).

Namun untuk mendapatka semua itu , pengguna dituntut untuk mengetahui komponen-komponen  apa saja yang harus dipenuhi didalam apliaksi tersebut. Salah satunya adalah Squid Proxy.

Selain dari bug dan akun ssh, squid proxy juga merupakan komponen penting yang harus di perhatikan oleh para penikmat internet gratisan. Tanpa squid kemungkinan besar keberadaan sebuah config tidak akan berfungsi secara optimal.

Secara garis besar squid proxy itu sendiri terdiri dari dua macam yakni Squid bawaan dari operator dan squid non-operator. Nah squid proxy Non-Operator inilah yang kita bahas dalam artikel kali ini.

Kenapa saya hanya membahas squid proxy yang dari Non-Operator dan tidak membahas kedua-keduanya? Karena kalau proxy milik operator sudah pasti banyak yang tahu. Jadi, buat apa saya capek-capek mau ngebahs hal yang sudah banyak diketahui oleh orang lain? Kan kurang bermanfaat jadinya!!!

Heheheh... Maksud yang sesungguhnya saya menulis artikel ini bukan karena teman-teman yang lain banyak yang tahu tentang proxy operator, melainkan karena squid proxy operator sendiri sampai artikel ini di buat masih mengalami suspend alias di block oleh si Mpunya. Sehingga payload hasil racikan dari seorang gretongan yang amatiran seperti saya ini tidak bisa berhasil terhubung ke header dengan menggunakan squid bawaan milik provider. Maka dari itu, agar opreakan payload yang kita buat tadi bisa berhasil terhubung atau konek, kita dituntut harus menempuh jalur altternative dengan cara menggunakan squid proxy yang bukan milik operator itu sendiri (Non-Operator).

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa membuat dan mencari squid proxy yang work layaknya squid milik operator?

Sebenarnya untuk membuat dan mencari squid proxy yang work layaknya milik provider itu caranya sangat gampang. Cukup kalian browsing di google dengan kata kunci atau keyword “SQUID PROXY”, maka disitulah kalian akan menemukan apa yang Anda cari. Namun kebanyakan squid proxy yang bertebaran di google tersebut tidak semuanya work. Hanya seglintir PROXY saja yang benar-benar bisa digunakan sedangkan selebihnya tidak ada yang work.

Selain dari itu, meskipun proxy yang di dapat sudah work dan sudah lolos di uji menggunakan salah satu apliaksi yang telah saya sebutkan diatas, terkadang tidak sampai 12 jam squid proxy tersebut sering mengalami masalah bahkan suspended. Sehingga kita dituntut untuk mencari proxy yang lain.

Lantas bagaimana caranya agar kita mendapatkan Squid Proxy yang sifatnya bisa bertahan lama dan tidak cuma work hanya beberapa jam saja?

Untuk mendapatkan remote proxy seperti pertanyaan diatas kita bisa mendapatkannya dengan cara memanfaatkan IP (Internet Protocol) dari akun ssh sendiri.

Berikut  Cara Untuk Membuat Squid Proxy Dari Akun SSH Gratisan

Sebelum langsung menginjak ke step by step cara menjadikan akun ssh menjadi sebuah squid proxy, perlu di ketahui bersama bahwa tidak semua akun ssh yang kita buat di situs-situs gratisan itu bisa di jadikan squid proxy. Hanya segelintir situs penyedia akun ssh gratisan saja yang bisa, sedangkan untuk situs-situs yang lainnya kebanyakan tidak ada yang work.

Dan perlu diketahui pula bahwa sebelum akun ssh tersebut mau dijadikan squid proxy, ada satu syarat yang harus di penuhi oleh kalian semua. Yaitu username dari akun ssh yang kalian miliki itu harus di covert terlebih dahulu menjadi sebuah IP (Internet Protocol).

Jika diantara kalian masih ada yang tidak tahu bagaimana caranya mengconvert akun SSH itu menjadi sebuah IP kalian bisa membuat dan membaca tutorialnya DISINI.

Adapun situs yang akun sshnya bisa digunakan sebagai squid proxy antara lain sebagai berikut.

1). FASTSSH.COM

Jika kalian ketika membuat akun sshnya di situs fastssh.com, dan kebetulan tidak mempunyai squid proxy yang mumpuni, maka pas banget kalian nyasar ke blog madurace.com yang serba norak bin kampungan ini. Kenapa demikian? Karena di artikel yang kalian baca saat ini tengah membahas akun ssh yang berasal dari situs fastssh. Dan kebetulan akun ssh yang kalian miliki tersebut, kemungkinan besar kalian sendiri tidak mengetahuinya jika itu bisa di jadikan sebagai remote proxy atau squid proxy.

Lalu bagaimana caranya gan agar akun ssh yang saya miliki itu bisa dijadikan remote proxy? Caranya sangat gampang gan!!!
  •  Pertama Kalian tinggal masuk KESINI,
  • Kemudian masukkan username akun ssh yang di convert tadi di form yang telah disediakan. (INGAT!!! Pastikan username akun ssh yang kalian masukkan sudah berbentuk Host IP).
  • Selanjutnya tinggal tap/klik “FIND”Atau "MENEMUKAN". Habis itu tunggu beberapa detik sampai IP tadi selesai di proses menjadi sebuah squid proxy.
  • Selesai.
Jika berhasil, nanti disana akan muncul beberapa squid proxy dari berbagai region yang siap kalian gunakan. Kalau ssh yang kalian buat di server Singapore, saya sarankan squid proxynya kalian ambil yang dari Singapore juga.
Kurang lebih hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

BACA JUGA: Cara Mengubah Squid Proxy Menjadi Nama Kita Sendiri
Cara diatas tidak hanya berlaku pada akun ssh yang berasal dari fastssh saja melainkan juga ssh yang berasal dari situs penyedia akun SSH dan VPN lainnya seperti SSHKIT.COM, TCPVPN.COM, dan VPNSPLIT.COM. Sedangkan untuk situs-situs penyedia akun ssh lainnya mungkin di pastikan tidak bisa nebeng di situ karena situs yang bersangkutan bukan partner dari situs fastssh.com.

2). FREEVPN.US

Kalau kalian tidak mempunyai akun ssh yang berasal dari fastssh.com, kalian bisa membuatnya di situs freevpn.us. Situs penyedia akun ssh gratisan yang satu ini cukup di bilang baru bila di bandingkan dengan situs-situs penyedia akun ssh lainnya.

Namun sekalipun usia dari situs freevpn.us ini hanya seumur jagung, kalau masalah kualitas servernya jangan di anggap remeh. Saya sendiri sudah membuktikannya dan sering membuatnya disana. Dan terbukti hampir semua server yang di sediakan disana bagus-bagus dan sangat sulit untuk dibedakan mana yang paling bagus antara server yang satu dengan lainnya.

Sehingga tidak heran jika pada saat ini teman-teman gretongan yang lain banyak yang hijrah ke situs freevpn.us lantaran kualitas servernya yang tidak mengecewakan. Selain dari itu, waktu pembuatan akun tidak harus menunggu sampai jam 00:01 WIB. Karena saat pergantian server dilakukan (di resert) sekitar jam 19:00 dan 20:00 WIB.

Dan yang tak kalah penting dari semua itu adalah akun ssh yang di buat disana bisa digunakan menjadi squid proxy. Jadi, kalau kita membuat akun ssh di situs freevpn.us, maka kita tidak hanya mendapatkan akun ssh saja melainkan juga dapat squid proxy. Hemmm... enakkan punya satu akun ssh tapi mempunyai  dua fungsi.

Apakah akun ssh tersebut setelah berhasil di buat langsung bisa digunakan sebagai remote proxy gan? Tanpa harus convert dulu menjadi host IP? Ya tentu akun ssh yang kalian buat itu sebelum dijadikan remote proxy harus di convert dulu gan!!! Namun agan-agan jangan khawatir, karena setelah akun ssh berhasil di buat, didalamnya sudah ada link untuk mengconvert username akun ssh menjadi IP.

Biar kalian tidak bingung, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar diatas (fokus pada tanda merah) terdapat sebuah teks yang bertuliskan (Host To IP). Teks atau link itulah yang harus di klik oleh kalian agar akun ssh yang kalian buat tadi menjadi sebuah IP dan bisa di gunakan langsung menjadi remote proxy.
Gimana, caranya cukup gampangkan!???? Saya rasa lebih gampang daripada cara yang pertama. /mdrcom

OK Sekian dulu tutorial dari saya tentang cara menjadikan atau membuat akun ssh menjadi squid proxy. Semoga dengan hadirnya artikel ini (meski artikelnya berantakan banget) dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Akhir tulisan kami ucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya, dan... Wassalamu’alaikum Warohmatullahi  Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat