Cara Memblokir atau Melaporkan Akun Palsu dan Penipu Ke Pihak Facebook

Apakah diantara kalian pernah menemukan atau menjumpai sebuah akun Facebook yang membuat resah orang lain atau bahkan terhadap Anda sendiri? Kalau iya, pas banget kalian nyasar ke blog yang berantakan yang sedang kalian baca ini. Karena pada artikel kali ini, saya akan menuliskan tentang bagaimana cara melaporkan akun FB palsu ke pihak Faceook sendiri.

Saya menulis artikel tentang akun Facebook palsu ini bukan asal nulis saja atau tidak beralasan. Melainkan karena beberapa hari yang lalu di beranda facebook saya ada sebuah status yang menginfokan bahwa telah beredar sebuah akun palsu yang mencaplok nama salah satu orang yang dianggap sebagai public figure.

Sebelum akun facebook palsu tersebut di sebarkan, ternyata menurut laporan yang saya dapat ternyata oknum yang mempunyai akun kloningan itu sendiri rencananya ingin melakukan penipuan terhadap orang yang sudah berteman dengannya. Adapun modusnya adalah dengan cara meminta atau menyuruh mengirimkan pulsa sebesar 100 Ribu. Alasannya karena sedang berada di perjalanan atau sedang anu dan anu, dan anu lagi... ya namanya juga penipu, tentu sudah mempunyai seribu alasan untuk membuat korbannya percaya.

Namun modus yang mungkin sudah di design atau dirancang sebelumnya oleh oknum tersebut tidak berhasil menjerat korbannya. Karena si calon korban tidak langsung mempercayainya mengingat sosok yang telah menjadi figure publik tersebut (akun yang dipalsukan) tidak sembarangan meminta/menerima (berteman) dengan orang kelas bawah seperti kita-kita ini.

Lah kalau yang ini beda, maksudnya si penipu. Udah minta add atau pertemanan duluan, malah habis itu setelah di terima, langsung minta pulsa! Gak salah loe tong? Lebih sabar dikit napa kalau mau main tivu-tivu!!!

Maka dari itu saya menulis artikel ini bertujuan agar jika suatu saat nanti kalau ada kejadian yang sama dengan apa yang telah saya ceritakan barusan, kalian bisa melaporkannya langsung ke pihak Faceook. Tujuannya tidak lain adalah agar akun facebook kloningan atau palsu tersebut dapat segera di blokir dan tidak membahayakan orang lain.

Berikut langkah-langkanya untuk melaporkan sebuah akun yang dianggap palsu atau penipu kepihak Facebook. Namun sebelum langsung menuju ke step by stepnya, perlu kalian ketahui bersama bahwa cara ini bisa dibagi atau dilakukan dengan dua macam, yaitu dengan cara menggunakan browser maupun dengan langsung menggunakan aplikasi Facebook. 

1). Melaporkan dengan cara melalui Browser atau peramban.

Jika kalian membuka Facebook menggunakan browser, kalian melaporkannya dengan cara sebagai berikut:
■ Pertama buka profile akun facebook palsu atau penipu.

■ Kemudian gulir kebawah dan pilih "Laporkan". Selanjutnya kalian akan dibawa kehalaman baru, lalu pilih "Laporkan Profile ini"

■ Terakhir silahkan klik "Lanjutkan" untuk melaporkan. Selesai.

2). Melaporkan dengan Cara melalui aplikasi Facebook.

Bila kalian sering membuka facebook melalui aplikasi, kalian bisa melaporkannya dengan cara berikut ini:
■ Seperti biasa! Pertama buka profile akun yang dianggap palsu atau penipu. 

■ Kemudian klik "Titik Tiga". (Lebih tepatnya dibawah photo profile, sebelah kanan). Lalu pilih "Laporkan". 

■ Selanjutnya kalian akan dibawa kehalaman baru, lalu pilih "Laporkan Profile ini"
■ Kemudian pilih "Ini akun palsu". Lalu dilanjutkan dengan mengeklik atau memilih "Kirimkan ke Facebook untuk di Tinjau".

■ Selesai.

Catatan:

- Setelah kita mengirimkan laporan, bukan berarti akun yang bersangkutan langsung di blokir oleh pihak Faceook. Melainkan di tinjau dulu oleh pihak Faceook sendiri, apakah akun tersebut layak di blokir atau tidak.

- Cara diatas bukan hanya akun facebook palsu saja yang bisa dilaporkan, tapi akun-akun penyebar berita hoax dan yang berbau sara' juga bisa di laporkan. Terlebih sebentar lagi akan menginjak pada tahun pilkada, wih tambah ramai tuh akun-akun kayak gituan.

Demikianlah tutorial cara melaporkan akun palsu atau penipu ke Facebook.Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat. 

Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh! Aminnn

Bagikan jika bermanfaat