10 Situs Besar Indonesia Yang Bisa diakses Secara Gratis

Cara Membuka Situs Gratis

Madurace.com - Sudah diketahui bersama bahwa harga paket internet yang ditawarkan oleh masing-masing provider atau operator saat ini bisa dibilang sangat murah bila di bandingkan dengan beberapa tahun yang silam. Sekitar pada tahun 2010-2012 yang lalu, sangat jarang para nettizen mau membeli paket yang harganya Rp.50-an.

Alasannya karena dianggap terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kuota yang didapat serta tidak sesuai dengan kondisi ekonomi yang disandangnya. Sekalipun membelinya, mereka tidak sebebas browsingan seperti saat ini.

Palingan cuma buka satu atau dua halaman, setelah itu browser sudah di close untuk memperirit kuota internet. Yang terpenting apa yang dicarinya sudah didapat.

Namun saat ini nasibnya beda dengan yang dulu. Sekarang beli paket dengan harga yang sama dapat kuota bejibun. Kalau hanya buat browsingan selama 30 hari, mungkin bukan hanya sekedar dari cukup saja melainkan lebih dari cukup. Yang terpenting kuota tersebut tidak digunakan untuk mendownload video atau menonton Youtube.

Akan tetapi sekalipun pada saat ini harga paket internet dibilang murah dan dapat quota melimpah, itu tidak bisa jadi jaminan untuk berinternetan secara non-stop. Karena bagaimanapun juga kuota yang dibutuhkan pada era sekarang ini lebih banyak dibandingkan yang dulu.

Terlebih sejak adanya fitur video call di beberapa Instant Messenger dan Sosial media, tentu hal ini akan lebih banyak lagi kuota yang dikeluarkan mengingat fitur tersebut membutuhkan pengiriman data yang tidak sedikit.

Selain dari itu para nettizen masa kini sangat suka menonton video online. Baik itu melalui streaming maupun melalui portal Youtube. Sehingga sebanyak apapun kuota yang dimilikinya, kalau itu bukan unlimited, maka kuota tersebut akan habis juga.

Saking asyiknya nonton video online itu tadi, terkadang diantara kita lupa dan tidak menghiraukan berapa sisa kuota internet yang kita miliki. Dan pada akhirnya datanglah sms mesra menyampaikan pesan pemberitahuan bahwa paket yang kita miliki sudah digunakan semua alias habis bin hangus.

Dan pada saat itu pula kita bingung mau ngapain? Mau beli paket lagi, kebetulan jam sudah menunjukkan dini hari. Jadi tidak mungkin pada waktu itu ada counter yang masih buka, soalnya pemiliknya sudah pasti molor.

Sedangkan kita sendiri yang sudah terkontaminasi oleh yang namanya internet, rasanya gimana gitu, seolah-olah sudah tidak punya gairah lagi kalau tidak ngenet. (Makanya kalau jadi orang jangan terlalu berlebihan berselancar didunia maya biar nantinya kalau paket sudah habis tidak merasa bosen seperti saya ini, muehehheehe).

Namun hal seperti itu sekarang sudah tidak berlaku lagi bagi kita. Sebab, sekalipun kita sudah tidak mempunyai paket internet lagi, kita maaih bisa browsingan secara gratis tanpa harus menggunakan quota dan pulsa. Yang terpenting di tempat kalian tinggal, jaringan atau data selulernya masih tertera di atas bar ponsel kalian. Kalau masalah kuotanya sudah habis, itu mah belakangan tidak usah dipikirin.

Sebab sekarang ini ada beberapa situs terkenal yang sudah tidak asing lagi bagi kita yang sifatnya bisa diakses secara gratis oleh para nettizen seluruh pelosok Nusantara (Indonesia). Loh kok bisa gan? Apakah untuk mengakses situs-situs tersebut harus menggunakan trik-trik tertentu layaknya internet gratis polosan atau oplosan?

Tidak! Situs-situs free yang dimaksud dalam artikel ini sifatnya legal dan sudah mendapat izin dari beberapa provider seperti Axis/XL dan Indosat. Sedangkan untuk operator Telkomsel, Three dan lain-lain saya sendiri belum bisa memastikan apakah juga bisa gratis atau tidak? Karena saya sendiri belum mencoba atau mengetestnya. Maka dari itu, alangkah baiknya kalian nanti bisa mencobanya sendiri di rumah.

Adapun niche atau konten dari situs-situs yang bisa diakses secara free tersebut adalah tentang Tutorial Android, Komunikasi, Pembelajaran, Olah Raga, Hiburan, Berita, Lowongan Kerja, Jual beli, Kesehatan dan lain sebagainya.

Berikut situs-situs terkenal Indonesia yang bisa diakses secara gratis tanpa harus menggunakan kuota dan pulsa.

1). tokopedia.com
2). Bola.net
3). Dream.co.id
4). Doktersehat.com
5). Facebook.com
6). Kompas.com
7). Kapanlagi.com
8). Merdeka.com
9). Wikihow.com
10). Wikipedia.org
11). Dan masih banyak yang lainnya.

Namun yang perlu kalian digaris bawahi adalah bahwa situs-situs diatas tersebut tidak bisa diakses gratis secara langsung melainkan harus dibuka melalui perantara portal dari situs Freebasics.com

Apa itu freebasics.com? 
Freebasics.com adalah sebuah situs yang diprakarsai oleh Facebook untuk memberikan jalur akses internet gratis kepada masyarakat luas. Khususnya pada masyarakat yang tinggal dipelosok atau dipedalaman seperti saya ini.#mdrc.com

Jadi bagi kalian yang kebetulan sedang kehabisan kuota dan ingin tetap berselancar didunia daring, maka sebagai batu loncatannya kalian bisa membukanya situs freebasics.com. Atau bisa juga kalian langsung mengaksesnya menggunakan aplikasi Free Basics. (kalian bisa mendownloadnya melalui gudang aplikasi Play Store).

Demikianlah informasi dari kami tentang beberapa situs terkenal Indonesia yang bisa diakses secara gratis tanpa harus menggunakan kuota dan pulsa. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu teman-teman dan menambah wawasan serta bermanfaat. Sekian terima kasih!!

Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh! Aminnn

Bagikan jika bermanfaat