Cara Install Ulang atau Reset HP Samsung A5

Cara Mereset HP Android Samsung Type A5

Madurace.com - Mereset sebuah smartphone Android itu bisa di bilang gampang-gampang susah. Gampangnya karena tiap-tiap smartphone android cara meresetnya hampir sama antara yang satu dengan yang lainnya.
Sedangkan susahnya adalah karena terkadang ada juga beberapa smartphone android yang pengaturannya untuk masuk ke menu recovery tidak sama dengan pengaturan android kebanyakan. Namun perbedaan tersebut tidak begitu mencolok dengan type-type android yang lain. Salah satunya adalah ponsel Android merk Samsung A5 yang sedang kita bahas kali ini.

Iya, ponsel Samsung A5 dengan nomor model SA-500F versi Android 4.4.4 (Kitkat) ini memang pengaturannya untuk masuk ke menu recovery tidak sama dengan hp Samsung kebanyakan. Saya sendiri pas mau mereset hp Samsung A5 milik keponaanku ini sempat bingung juga dengan perbedaan tersebut. Karena pengalaman saya ketika ingin mereset sebuah smartphone Android tersebut, jika mau masuk ke menu recovery tinggal menekan tombol power plus tombol home plus tombol volume secara bersamaan.

Lah kalau yang ini beda, ketika saya menekan tombol-tombol yang telah disebutkan barusan tadi, ternyata setelah di lepas tidak berfungsi layaknya ponsel Samsung Android type yang lain. Malah yang muncul setelah melepas tombolnya cuma sampai di logo robot hijaunya doang, sedangkan menu recovery-nya setelah ditungguin sekian lama tidak muncul-muncul juga.

Saya sendiri tidak tahu apakah perbedaan ini memang murni dari setingannya dari ponsel itu sendiri atau memang karena ponsel Samsung A5 keponaanku ini bukan aslinya atau palsu bin super copy bin KW2? Pokoknya yang jelas seperti yang saya katakan tadi bahwa pengaturannya tidak sama dengan hp android merk Samsung kebanyakan.

Jadi bagi kalian yang ingin mereset hp Samsung A5 nya merasa bingung dan mempunyai hal yang sama dengan yang saya alami, kalian bisa mencobanya seperti yang saya lakukan terhadap ponsel keponaanku tersebut. Siapa tahu saja hp Samsung A5 yang kalian ingin reset statusnya sama-sama super copy alias palsu. Sekalipun ponsel kalian tersebut asli, ya boleh dicoba juga. Karena bisa jadi perbedaan pengaturan tersebut memang murni dari sononya (pabrik).

Namun sebelum kita langsung mamasuki ke zona step by stepnya, alangkah baiknya kalian sebelum mereset hp tersebut memperhatikan beberapa syarat yang saya tulis dibawah ini yang harus kalian penuhi. Tujuannya tidak lain adalah agar nantinya setelah berhasil di reset tidak ada hal-hal yang tidak di inginkan oleh kalian. Karena kita sebagai makhluk yang berakal, terkadang kita tidak lepas dari yang namanya sifat pelupa dan penyesalan.

Berikut syarat-syarat yang perlu kalian ketahui sebelum meresetnya.

1). Membackup data yang ada di dalam ponsel.

Sebelum kalian meresetnya, alangkah baiknya kalian pindah dulu data atau file-file yang dianggap penting. Karena setelah ponsel berhasil di reset, hampir semua file atau data di dalam ponsel yang bersangkutan akan terhapus atau hangus. Kecuali data yang berasal dari bawaan ponsel itu sendiri (pabrik).

2). Pastikan bahwa isi batrai lebih dari 50%.

Jika isi batrai hp kalian yang di install ulang atau direset kurang dari 40%-50%, alangkah baiknya kalian mengecas atau mencharnger dulu ponsel yang bersangkutan. Tujuan tidak lain adalah untuk mengantisipasi agar perangkat tidak mengalami blank atau hank. Karena untuk melakukan proses penginstallan, ponsel menmang membutuhkan daya ekstra atau cukup.

3). Pastikan kalian mengingat email Gmail dan password yang telah di Sinkronisasi.

Kenapa harus mengingat email dan password? karena dalam beberapa kasus, hp yang sudah berhasil direset meminta untuk memasukkan kembali email yang sudah di sinkron tersebut. Jadi kalau email dan password nya tidak sesuai dengan akun yang telah di sinkron tadi, maka ponsel tidak bisa mengakses kehalaman utama. Kecuali kalian telah berhasil memasukkan email dan password yang valid/benar.

Namun yang perlu di garis bawahi bahwa peraturan ini kemungkinan besar tidak berlaku bagi pengguna android versi Lollipop kebawah. Karena peraturan ini setahu saya hanya berlaku pada ponsel android versi Lollipop keatas.

Jadi bagi kalian tidak usah khawatir untuk meresetnya, karena kalau seandainya kalian tidak ingat email dan passwordnya, baik yang sudah di sinkronisasi maupun yang tidak? Kalian masih tetap bisa menggunakan ponsel tersebut seperti biasa. Namun alangkah baiknya kalian ingat-ingat dulu email dan password kalian agar nantinya kalian tidak repot-repot membuat email lagi. jika kalian sudah lupa, ya tinggal buat lagi entar setelah ponselnya sudah berhasil di reset.

Berikut langkah-langka cara menginstall atau mereset hp Samsung A5.

1). Seperti biasa, matikan dulu hp samsung A5 agan.

2). Jika sudah, sekarang hidupkan lagi dengan menekan tombol HOME + POWER + VOLUME Plus (tombol memperbesar suara) secara bersamaan hingga muncul merk Samsung A5. Kemudian lepas.

3). Setelah itu tunggu hingga icon robot hijau muncul seperti gambar dibawah ini.

Biasanya pada perangkat android yang lain, setelah muncul icon robot hijau tersebut beberapa detik kemudian akan langsung masuk ke menu recovery. Akan tetapi dalam kasus ini setelah saya tunggu beberapa menit gak masuk-masuk juga. Maka dari itu agar kalian bisa masuk ke menu recovery mode, jika mengalami hal serupa dengan yang saya alami tersebut, kalian bisa menekan tombol POWER. Setelah itu kalian akan di bawa ke menu recovery mode.

4). Jika sudah berada di menu recovery mode, sekarang pilih " Wipe data/factory reset" dengan cara menekan tombol volume minus (tombol untuk mengecilkan suara). Kemudian kalau sudah tepat ada di Wipe data/factory reset, sekarang tekan tombol Volume plus (memperbesar suara) untuk mengeksekusi.
Tampilan Menu Mode Recovery

5). Jika sudah, lalu pilih "Yes-- Delete all user data" dengan menekan tombol volume plus seperti di point no 4 barusan. Dan tunggu hingga proses reset selesai di proses.

6). Jika proses reset sudah berhasil atau selesai sekaran pilih "Reboot System Now" dengan cara menekan tombol plus untuk mengeksekusi. Dan tunggu sampai hp Samsung A5 agan nyala kembali.

7). Selesai.

Setelah kalian mengikuti langkah-langka diatas secara berurutan, maka hp yang kalian reset tersebut akan kembali ke pengaturan pabrik dan perangkat terasa enteng seperti baru beli dari toko.

Kurang lebih begitulah cara mereset HP Android merk Samsung A5. Selamat mencoba, semoga berhasil. Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagikan jika bermanfaat