Cara Mengatasi HP Android yang Sering Restart Sendiri


Madurace.com - Mungkin diantara teman-teman disini pernah juga mengalaminya bahwa smartphone yang di gunakan dalam sehari-hari itu sering melakukan aktifitas yang namanya restart sendiri. Yaitu hp yang sedang nyala atau hidup secara tiba-tiba mati dengan sendirinya, kemudian hidup lagi seperti semula. Kalau iya, berarti ponsel android kalian mengalami hal yang sama dengan ponsel Android Samsung Kesayanganku ini.

Dimana Smartphone Android yang selalu saya gunakan untuk ngeblog ini beberapa bulan yang lalu mengalami restart yang tidak seperti biasanya. Awalnya saya sendiri tidak memikirkan hal seperti itu, karena saya kira itu hanyalah sekedar restart biasa. Namun entah kenapa Restart yang saya sepelekan tersebut terjadi secara berkelanjutan pada hari-hari berikutnya yang membuat saya menjadi was-was dan mengingat-ingat kembali apa yang telah saya lakukan terhadap hp Android Samsung Galaxy S3 ini.

Setelah saya ingat-ingat kembali, ternyata saya banyak melakukan perubahan terhadap ponsel tersebut. Saya melakukan perombakan kembali satu persatu agar hp saya ini kembali normal seperti sebelumnya. Kebetulan saya sendiri sedikit banyak tahu ilmunya bagaimana cara mengatasi sebuah smartphone Android itu agar tidak restart sendiri. Dan yang terpenting hp yang bersangkutan tidak mengalami kerusakan pada Hardware.

Karena jika Hardware ponsel yang bermasalah, itu sudah diluar jangkauan saya. Yang bisa melakukannya atau yang bisa mengatasi hal seperti itu adalah orang-orang tertentu yang memang mempunyai keahlian khusus dibidang itu sendiri. Seperti misalnya tukang service hp, mereka itulah orang yang bisa mengatasi hal semacam ini. Kalau saya mah, mana bisa! Jangankan mau memperbaiki, nama perangkatnya saja tidak tahu.

Jadi apabila kalian yang kebetulan nyasar ke blog madurace.com yang serba berantakan ini, kemudian hp yang kalian gunakan mengalami restart sendiri dan tingkat kerusakannya bukan terletak pada Hardware, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara seperti yang telah saya sering lakukan seperti dibawah ini. Dan Insya'Allah berhasil. Dengan syarat seperti yang telah saya sebutkan diatas barusan, yaitu letak masalahnya bukan terletak pada kerusakan Hardware. Melainkan terletak pada kesalahan teknis berikut ini.

Cara Memperbaiki Smartphone Android yang Sering Mengalami Restart Sendiri.

1). Usahakan Perangkat Android Jangan terlalu panas.

Apapun merk ponselnya jika sebuah perangkat tersebut sudah terlalu panas bisa mengakibatkan perangkat yang bersangkutan mengalami Restart sendiri. Bahkan ada beberapa diantara smartphone yang memang sudah mengaturnya secara otomatis. Sehingga ketika suhu ponsel dirasa sangat panas, dan akan membahayakan komponen-komponen yang ada didalam hp yang bersangkutan, maka ponsel tersebut akan mengalami restart.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut coba kurangi suhu ponsel kalian dengan cara tidak terlalu berlama-lama membuka ponsel atau membuka aplikasi-aplikasi yang sifatnya mempunyai kapasitas tinggi . Misalnya bermain game, buka video online entah itu melalui aplikasi seperti Facebook, Youtube dan lain-lain. Karena hal tersebut bisa memaksa ponsel berkerja secara Ekstra.

Namun apabila dalam keadaan dinginpun atau hp sedang tidak terpakai tetap restart sendiri, kalian bisa mencobanya dengan tips yang kedua berikut ini.

2). Hapus / Uninstall aplikasi-Aplikasi yang tidak penting. (jika kebetulan hp kalian menggunakan banyak Aplikasi)

Menginstall aplikasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan ponsel akan bekerja Ekstra. Sehingga suhu ponsel akan mudah cepat panas yang mengakibatkan kinerja ponsel tidak optimal seperti biasanya. Karena aplikasi yang menumpuk pada ponsel yang bersangkutan akan banyak memakan memory Internal dan RAM. Apalagi aplikasinya tergolong yang mempunyai kapasitas tinggi seperti aplikasi sosial media, Instant Messenger , Edit Foto, Game dan lain sebagainya.

Maka dari itu, alangkah baiknya aplikasi-aplikasi yang terinstall tersebut di sesuaikan dengan spesifikasi ponsel yang bersangkutan. Karena bagaimanapun juga, sebuah smartphone itu mempunyai batasan-batasan tertentu yang harus diperhatikan oleh penggunanya agar nantinya kualitas perangkat tetap bagus dan awet.

Jadi jika ponsel kalian hanya mempunyai spek RAM 1 Giga, tidak usah terlalu banyak atau menumpuk aplikasi yang di Installnya. Cukup aplikasi-aplikasi dianggap penting dan perlu saja yang di install. Sedangkan untuk aplikasi yang nganggur alias tidak penting di hapus dulu sementara. Jika apalikasi tersebut suatu saat nanti di butuhkan kembali, baru Install lagi aplikasi yang bersangkutan.

(Wah gak enak juga gan kalau aplikasi itu harus bolak balik di install kemudian di Uninstall lalu di Install lagi. Lalu di Uninstall lagi dan begitu seterusnya. Bisa boros kuota internet tuh). Ya sebelum dihapus atau di Uninstall, aplikasinya di Backup dulu gan, sehingga nantinya jika aplikasi tersebut dibutuhkan kembali, kalian langsung menginstallnya dan kalian tidak harus susah-susah buka Play Store lagi untuk mendownload aplikasinya.
Bagi kalian yang masih belun tahu cara membackup aplikasi, kalian bisa baca-baca artikel Cara Membackup atau Membuat Aplikasi Mentah Android

3). Memperbaiki Software yang rusak.

Jika kedua langkah diatas tetap tidak berhasil, bisa jadi ponsel Android kalian ada sebagian sistem Softwarenya yang rusak. Kalau memang penyebabnya demikian,  maka kalian bisa mengoptimalkannya kembali dengan cara memformat ponsel yang bersangkutan. Atau yang lebih di kenal oleh para kalangan Androiders dengan sebutan RESERT.

Kenapa harus diresert? Karena dengan mereset sebuah ponsel itu dapat menyebabkan software-software yang ada didalamnya akan menjadi fresh atau normal kembali seperti ponsel baru keluar dari pabrik. Jadi bagi kalian yang ponselnya mengalami restart sendiri, jangan segan-segan untuk meresertnya. Karena resert adalah satu-satunya obat yang paling ampuh untuk mengembalikan sebuah perangkat agar tetap stabil dan kembali normal.

4). Memeriksa Kondisi Batrai.

Jika langkah diatas tidak ada yang berhasil, kalian bisa mencobanya dengan tips pemungkas ini. Yaitu dengan cara memeriksa keadaan batrai apakah penempatannya sudah pas atau longgar seperti biasanya atau tidak? Karena batrai yang longgar bisa mempengaruhi atau memperlambat pentransferan daya ke perangkat. Jika daya batrai lambat terkirim atau lemah maka ponsel akan mengalami restart dengan sendirinya.

Jadi apabila kondisi batrainya sudah tidak pas lagi dengan tempatnya atau dengan kata lain kondisi batrai mengalami pergeseran tempat, maka kalian bisa mengganjelnya dengan kertas atau bahan lain yang sekiranya batrai tersebut tidak geser.

Namun apabila kondisi atau bentuk batrainya seperti milik saya ini, ya lebih baik jangan di ganjel dengan kertas gan melainkan pake ganjelan sandal bekas saja. Tapi bekas sandal jepitnya itu di potong dulu jangan langsung main ganjel segala. Kalau tidak dipotong, entar hp sampeyan malah bukan cuma restart sendiri saja melainkan mati total karena kena injak oleh orang.#mdrc.com

Jika ke empat tips diatas tidak bisa menyembuhkan hp agan yang kena penyakit restart sendiri itu, maka saya sarankan sekali lagi lebih baik kalian perbaiki ke service hp terdekat saja. Karena hal itu kemungkinan besar penyebanya lantaran ada kerusakan pada hardware ponsel yang bersangkutan.

Sekian terima kasih! Selamat mencoba dan semoga sukses plus bermanfaat. Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Aminn.

Bagikan jika bermanfaat