Cara Mengatur WA Agar isi Pesan Yang Sudah Dibaca Tidak diketahui Oleh Pengirimnya


Pernahkah di benak kalian terlintas untuk mengakali atau mensiasati pesan WA yang ditujukan ke akun kalian itu agar nantinya pesan tersebut setelah dibaca tidak diketahui oleh pihak si pengirim?

Kalau benar demikian, pas banget kalian nyasar ke blog madurace.com yang serba norak bin kampungan ini. Karena pada artikel yang sedang saya ketik melalui keypad Samsung kesayanganku ini, Saya akan membahas tentang cara agar supaya pesan WA yang sudah di baca tersebut nantinya tidak akan ketahuan oleh pengirimnya.

Sehingga nantinya di akun Whatsapp-nya si pengirim laporan pesannya (centang/contreng) tidak berubah warna menjadi biru. Yang mempunyai arti bahwa pesan yang bersangkutan masih belum di baca oleh pihak si penerima. Padahal pada kenyataanya pesan atau chat yang di kirim tersebut sudah dibacanya. Mueheehee..!!!

Perlu diketahui bersama, bahwa pesan yang di kirim melalui Instant Messeging seperti aplikasi BBM, WA, Line, Facebook Messenger dan lain sebagainya tidak sama sifatnya dengan pesan yang di kirim melalui SMS (Short Message Service).

Jika kita mengirim sebuah pesan melalui SMS, mungkin hanya laporannya yang kita ketahui bahwa pesan yang bersangkutan sudah masuk. Sedangkan status dari pesan tersebut apakah sudah di baca atau belum oleh si penerima kita tidak mengetahuinya. Namun apabila kita mengirim sebuah pesan melalui Instant Messaging seperti di aplikasi WhatsApp dan lain-lain bukan hanya laporannya saja yang dapat kita ketahui, melainkan juga status dari pesan itu sendiri yang kita ketahui bahwa pesan yang bersangkutan sudah dibacanya oleh pihak si penerima.

Nah dalam kasus ini, maksudnya pada aplikasi Whatsapp atau yang lebih di kenal dengan sebutan WA, pihak pengembang sendiri telah memberikan fitur yang berfungsi untuk mengetahui laporan sebuah pesan yang di kirim ke orang lain dengan rincian sebagai berikut:

1). Tanda/Simbol centang hanya berjumlah Satu.

Simbol ini menandakan atau dapat di artikan sebagai pesan yang berhasil dikirim namun belum masuk ke akun si penerima lantaran akun yang bersangkutan masih dalam keadaan offline.

2). Tanda/Simbol centang yang berjumlah dua buah .

Simbol ini menandakan atau dapat diartikan bahwa pesan sudah berhasil terkirim serta juga sudah berhasil masuk ke akun si penerima. Namun pihak si penerima masih belum membuka atau membaca pesannya. (Mungkin orangnya masih sibuk chattingan dengan orang lain atau sedang online di aplikasi chat lainnya).

3).  Simbol/Tanda centang terdiri dari dua buah berwarna biru.

Kalau simbol yang ini menandakan bahwa pesan yang terkirim sudah masuk plus sudah di baca oleh si penerima.

Dengan adanya fitur semacam ini tentu dapat mempermudah jalannya komunikasi antara pihak pengirim dan pihak penerima (sesama pengguna). Karena dengan melihat ketiga simbol atau tanda seperti diatas tadi, kita bisa mengetahui mana pesan yang sudah masuk dan mana yang tidak masuk. Serta mana yang masih belum di baca dan mana yang sudah di baca.

Namun meski fitur tersebut dianggap sangat berguna bagi para pengguna, terkadang pada saat-saat tertentu kita merasa males untuk membalas pesan yang telah dikirimkan ke kita tersebut. Sehingga membuat kita jadi bingung. Mau di biarin (tidak ingin membalasnya) tidak enak juga sama si pengirim karena ia sendiri sudah tahu kalau pesannya sudah di baca atau di buka. Sedangkan mau dibiarin (tidak ingin dibuka/dibaca), malah kita sendiri penasaran isi dari pesan yang bersangkutan.

Terlebih bagi kalian yang mempunyai tampang ganteng atau cantik, pasti WA-nya sangat ramai dengan chat-chat yang ingin berkenalan dan mau mengenal lebih dekat dengan sampeyan. Sedangkan kalian sendiri maunya cuma ingin chatingan sama si do'i tanpa ada pihak ketiga keempat kelima dan seterusnya yang mengganggu.

Maka dari itu untuk mengatasi hal seperti tersebut, kalian bisa mengelabuinya dengan cara mengaktifkan laporan privasi yang sudah di sediakan oleh pihak pengembang. Sehingga dengan mengaktifkan fitur yang telah saya sebutkan tadi, kalian dapat bebas membaca pesan orang lain tersebut tanpa diketahui atau disadari oleh si pengirim bahwa pesannya sudah di baca oleh kalian.

Caranya gimana gan agar pesan yang sudah dibaca tersebut tidak ketahuan oleh pihak si pengirim? Caranya sangat gampang dan tidak harus memerlukan keahlian khusus untuk menerapkannya. Karena fitur ini sudah ada di dalam setingan aplikasi Whatsapp itu sendiri. Hanya saja pengguna yang baru saja mengenal WA seperti saya ini tidak pernah menjamah fitur tersebut.

Berikut cara membuka pesan orang lain agar pesan chat tersebut setelah di baca tidak diketahui oleh pemiliknya.

1). Seperti biasa! Pertama buka aplikasi Whatsapp atau WA. 

2). Kemudian setelah di buka dan sudah berada di halaman Chatting, silahkan klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

3). Kalau sudah muncul halaman baru, selanjutnya pilih Setelan. Lalu di lanjutkan dengan memilih Akun.

4). Kemudian pilih Privasi dan di lanjutkan dengan tidak mengaktifkan atau tidak menceklist Laporan Dibaca.
Lihat Gambar

5). Selesai. 

Jadi intinya, jika diantara kalian ada yang mengaktifkan Laporan Dibaca tadi (maksudnya ceklistnya di centang), maka pesan orang lain yang telah dibaca statusnya akan di ketahui oleh si pengirim bahwa kalian sudah membacanya.

Namun sebaliknya, apabila kalian tidak mencentang ceklist yang ada di setting Laporan Dibaca tersebut, maka sekalipun kalian telah membacanya sebanyak 1000 kali, maka itu seolah-olah kalian dikira masih belum membuka atau membacanya.

Sekian terima kasih. Semoga bermanfaat. Aminn..

Akhir Tulisan Untuk kalian semua!!!!!
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat