Cara Menghapus Background Foto dan Gambar agar Menjadi Transparan di Android

Background gambar dan foto Transparan

Mungkin kita sama-sama tahu bahwa selama ini jika kita ingin menghapus background atau layar belakang dari sebuah sebuah foto itu harus mengeditnya melalui software - software tertentu yang ada didalam komputer atau laptop. Biasanya software pengedit foto tersebut yang paling terkenal dan tidak asing lagi bagi kalangan para editor adalah Photoshop.

Iya, software atau perangkat lunak besutan dari PT. Adobe System ini memang sangat terkenal oleh para editor. Baik dari kalangan editor handal maupun dari para kalangan editor amatiran seperti saya ini. Bahkan yang bukan seorang editor sekalipun juga pada tahu tentang sepak terjang dari software atau aplikasi Photoshop ini. Mereka tahu bahwa foto atau gambar-gambar tertentu yang di design dengan berbagai ragam dan rupa di edit melalui Photoshop.

Akan tetapi diantara mereka ketika ingin mencoba untuk mengedit sebuah foto atau gambar-gambar tertentu melalui software tersebut tidak bisa melakukannya sendiri lantaran tidak mempunyai komputer ataupun laptop. Sehingga mau tidak mau mereka harus menggunakan jasa para editor yang bekerja di tempat-tempat tertentu seperti di Warnet, tempat fotocopy, dan lain-lain.

Namun seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang infomasi dan teknologi yang begitu pesat, hal semacam itu kini sudah tidak berlaku lagi bagi kita. Karena kini sudah hadir sebuah inovasi terbaru yang bisa di bilang sangat mutakhir atau canggih bila dibandingkan dengan perangkat-perangkat yang sebelumnya. Perangkat apakah yang dimaksud? Yaitu sebuah perangkat yang diberi nama smartphone Android.

Dengan lahirnya telpon pintar ini kita tidak lagi memikirkan untuk memiliki sebuah komputer atau laptop lagi. Karena software yang selama ini hanya bisa di gunakan pada perangkat PC atau laptop, kini bisa digunakan melalui smartphone android dengan bentuk aplikasi. Sehingga jika kita hanya ingin mengedit sebuah foto, kita tidak harus menyuruhnya kepada orang lain. Karena kita bisa melakukannya sendiri melalui smartphone yang kita miliki.

Cara Menghapus Background Gambar Menjadi Transparan menggunakan HP Android.

Sesuai dengan apa yang di katakan saya barusan, bahwa untuk mengedit sebuah foto kita tidak harus membutuhkan yang namanya perangkat komputer maupun laptop. Karena pada saat ini banyak sekali aplikasi pengedit foto yang bisa di gunakan hanya dengan mengandalkan sevuah smartphone Android.

Iya memang tidak di pungkiri lagi bahwa saat ini di gudang Play Store banyak sekali aplikasi-aplikasi pengedit foto yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Disana kita bebas memilihnya sesuai dengan keinginan kita masing-masing tanpa harus membayarnya. Karena aplikasi-aplikasi tersebut memang disediakan secara gratis oleh pihak pengembang untuk memanjakan para pengguna Android. Salah satunya adalah aplikasi yang bernama Eraser.

Apa itu Eraser? Eraser adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi editing yang berfungsi untuk menghapus background atau layar belakang dari sebuah foto ataupun gambar.

Dengan menggunakan aplikasi Eraser ini pengguna dapat menghapus background dari sebuah foto atau gambar yang nantinya bisa menjadi transparan. Sehingga dengan aplikasi tersebut pengguna tidak harus lagi repot-repot menggunakan software komputer atau laptop seperti Photoshop dan semacamnya. Cukup menggunakan jasa aplikasi pihak ketiga yang bernama Eraser ini, maka pengguna sama dengan telah mengedit menggunakan software Photoshop. Hebatkan!!! Ya iyalah namanya smartphone Android, kalau tidak hebat berarti itu namanya bukan telpon pintar dong.

Tapi yang lebih hebat dan kreatif lagi adalah pihak yang menciptakan aplikasi itu sendiri loh (developers). Karena dengan kreasinya, perangkat hp semungil ini seolah-olah bisa berfungsi layaknya perangkat komputer atau laptop. Sehingga dengan hadirnya aplikasi Eraser ini sangat membantu para pengguna Android yang kebetulan tidak mempunyai perangkat sejenis PC/Laptop.

Berikut cara menghilangkan background atau layar belakang sebuah foto atau gambar melalui HP Android.

1). Seperti biasa buka aplikasi Eraser. Kalau tidak punya silahkan download atau install dulu aplikasinya melalui Play Store.

2). Kemudian kalau sudah terbuka pilih " Load a Photo " ( Letaknya ada di paling bawah ). Jika sudah, sekarang pilih photo atau gambar yang ingin di edit backgroundnya.

3). Jika sudah, selanjutnya pilih " Done ". Letaknya ada di pojok kanan atas.

4). Lalu jika foto atau gambar sudah berada didalam aplikasi Eraser, sekarang pilih menu  " Auto" atau "Manual".
Lihat Gambar (Background sebelum di arsir atau Eraser)

Perhatian :
Jika sebuah foto / gambar yang ingin kalian hapus background-nya cuma ada satu atau dua warna saja, maka kalian bisa mengarsirnya dengan menggunakan menu " Auto " agar nantinya saat melakukan pengarsiran hasilnya sangat bagus dan lebih cepat.

Namun apabila warna background nya campur aduk, misalnya ada pemandangan ini dan itu, maka kalian bisa mengarsirnya dengan menggunakan menu " Manual "

5). Jika foto atau gambar tadi sudah berhasil di hapus background-nya, dan sudah dirasa sempurna, sekarang pilih lagi menu "Done".
Lihat Gambar (Background setelah sudah di arsir atau Eraser)

Namun apabila kalian masih kurang puas dengan hasilnya, kalian bisa mengeditnya kembali dengan menekan menu "Smooth Edge " (letaknya ada di sebelah kiri atas). Jika sudah di edit, pilih lagi menu "Done ".

6). Terakhir! Apabila foto tadi sudah benar-benar sempurna dan kalian sudah bulat untuk menyimpannya, sekarang pilih menu " Save " Kemudian " Finish ". Selesai.

Gambar yang di jadikan judul dalam artikel ini ( lihat gambar paling atas ) adalah murni hasil editan dari aplikasi Eraser tanpa ada bahan pemanis buatan dari software yang berasal dari komputer ataupun laptop.

Oke, mungkin sampai disini dulu tutorial yang kami sampaikan tentang cara menghapus background foto agar menjadi transparan melalui smartphone Android. Semoga dengan hadirnya artikel yang sederhana ini menambah wawasan dan sangat bermanfaat bagi kita semua. Aminn..! Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. 

Bagikan jika bermanfaat