Tips Agar Pesan WA yang Salah kirim Bisa dihapus dan Tidak bisa Dibaca oleh Si Penerima

Madurace.com - Cara Menghapus Pesan Whatsapp Yang Terlanjur Terkirim Ke Orang Lain Tanpa di Sengaja. Hallo para Whatsapper!!! Bagaimana kabarnya kalian semua? Baik-baik saja kan!!! Iya semoga kalian semua baik-baik saja dan selalu dalam lindunganNya, yakni lindungan dari Tuhan Yang Maha Tunggal yang tiada henti-hentinya memberikan atau mengkaruniakan NikmatNya kepada kita semua. Aminn.

Baiklah kali ini saya sebagai admint tunggal dari blog madurace.com akan memberikan atau membahas tutorial Cara Menghapus Pesan Whatsapp (WA) yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain. Baik itu berupa pesan yang baru dikirim maupun pesan yang sudah lawas atau lama terkirim. Yang terpenting nantinya sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalam aplikasi Whatsapp atau WA itu sendiri.

Saya menulis artikel ini tidak lain adalah hanya sekedar menshare atau menyebarkan tentang pengalaman yang saya alami akhir-akhir ini di dunia WA. Tujuannya tidak lain adalah agar supaya nantinya apa yang saya share tersebut jika sekiranya bermanfaat bisa diterapkan juga oleh kalian. Namun apabila hal tersebut menurut kalian kurang bermanfaat atau kurang berfaedah, ya di skip saja artikel yang kalian sedang baca ini tidak apa-apa. Toh itu tidak ada yang melarangnya.

Begini ceritanya gan (curhat dulu sebentar gan agar alur artikelnya yang kocar-kacir ini bisa diserap atau di mengerti oleh kalian). Saya dulu pernah mengalami hal sangat memalukan dalam lingkup sebagai pengguna Instant Messenger yang bernama Aplikasi WA ini. Pada saat itu saya ingin mengirimkan sebuah pesan kepada orang yang begitu spesial didalam kehidupanku ini. Pesan itu isinya agak pribadi atau privasi yang sifatnya harus dirahasiakan dari orang banyak. (Ya iyalah namanya juga pesan yang mau dikirim ke orang yang dianggap spesial, ya isi pesannya juga beda banget dengan pesan-pesan yang lain).

Lanjuttt!!!
Namun pas saya sudah mengekliknya, setelah pesan sudah terkirim (masih belum dibaca), dan saya sadari, ternyata pesan tersebut malah bukan dikirm ke orang yang dituju melainkan masuk ke chat milik kakak Iparku. Dan pada waktu itu pula saya sendiri merasa kebingungan bercampur dengan perasaan malu yang tidak bisa  terkontrol. Lalu saya berpikir dan bertanya-tanya dalam hati bagaimana caranya agar pesan tersebut bisa di hapus sebelum ia membacanya.

Kemudian saya cari caranya di pengaturan sambil berharap pihak pengembang memberikan fitur yang bisa menghapusnya. Namun apa yang saya cari sia-sia, dan hasilnya nihil. Sekalipun ada atau bisa menghapusnya, itu hanya sebatas di akun saya sendiri. Sedangkan di akun orang lain pesan tersebut tetap muncul sesuai dengan isi pesan yang telah dikirim. Setelah saya tidak menemukan solusinya, singkat cerita akhirnya pesan tersebut kebaca juga olehnya. Hemmm...!!! malunya minta ampun gan.#mdrc.com

Mungkin kita semua pada tahu bahwa sejak dari dulu yang namanya sebuah pesan yang sudah dikirim ke orang lain itu, kita tidak bisa menghapusnya kecuali hanya di perangkat atau akun kita sendiri. Sedangkan diperangkat si penerima pesan tersebut tetap utuh dan masih bisa dibaca. Dan hal itu sudah lumroh terjadi diberbagai pengiriman pesan yang menggunakan sistem sinyal. Baik itu pesan yang berupa SMS (Short Message Service) maupun pesan yang dikirim melalui aplikasi Instant Messenger seperti aplikasi BBM, Line, Facebook Messenger. Whatsapp atau WA dan lain-lain.

Namun dalam beberapa terakhir ini, kalau tidak salah tidak sampai dalam satu bulan dari artikel ini di buat, salah satu aplikasi Instant Messenger yang bernama Whatsapp atau yang lebih di kenal dengan sebutan WA telah menciptakan terobosan terbaru yang tidak pernah di jumpai sebelumnya pada aplikasi-aplikasi Instant Messenger lainnya. Yaitu adanya sebuah fitur yang dapat menghapus sebuah pesan yang salah kirim atau salah alamat.

Dengan adanya fitur semacam ini tentu dapat bermanfaat bagi para pengguna Whatsapp. Karena pesan yang salah kirim tersebut yang seharusnya dibaca oleh pihak penerima akhirnya bisa selamat dan tidak sempat terbaca. Kecuali memang pesan yang bersangkutan ketika sudah masuk atau terkirim pihak si penerima langsung membukannya. Lah kalau kejadiannya seperti saya sendiri juga tidak tahu cara mengatasinya.

Akan tetapi kalau masalahnya hanya sekedar salah kirim, dan kebetulan pesan yang bersangkutan masih belum di buka oleh si penerima, maka hal itu dapat kita atasi. Dengan catatan atau dengan syarat, status pesan yang bersangkutan tidak lebih dari 7 menit. Sekali lagi, tidak lebih dari 7 menit dari waktu pesan tersebut dikirim.

Karena pihak pengembang sendiri hanya memberikan waktu tenggang sebanyak 7 menit. Lebih dari itu, kemungkinan besar pesan sudah tidak bisa terhapus lagi. Sekalipun bisa, itu hanya di akun kita sendiri. Sedangkan di akun orang lain pesan tersebut masih tetap utuh dan masih bisa terbaca.

Namun apabila kalian masih merasa kurang cukup dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pihak pengembang tersebut (waktu 7 menit itu), kalian tenang-tenang saja. Karena kita masih bisa mengakalinya dengan trik-trik tertentu agar pesan yang sudah terkirim lebih dari 7 menit tersebut bisa juga dihapusnya. Jangankan cuma lebih dari 7 menit, lebih dari 24 jam-pun kita bisa menghapusnya. Bahkan lebih dari 1 sampai 2 hari sekalipun kita bisa menghapusnya. Wih kayaknya mantap nih!!!

Caranya gimana gan? Agar pesan yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain tersebut bisa dihapus meski statusnya sudah lebih dari 7 menit? Caranya sangat gampang gan, karena trik yang akan kita bahas kali ini, kita menggunakan trik lama.

Hanya saja yang akan kita jadikan tumbal kali ini beda aplikasi. Kalau dulu kan aplikasi anu, nah kalau sekarang yang jadi sasaran kita adalah aplikasi Whatsapp atau WA. Namun sebelum kita langsung menuju ke step by stepnya, alangkah baiknya kita seruput dulu kopi dan rokoknya mumpung masih hangat. Biar pikiran kita tambah fresh dan tambah konsentrasi. Habis itu kita langsung pancal menuju target.

Sudah? Apanya? Ngopinya!, masak artikelnya?!!! Jika sudah kita langsung menuju ke topik paling inti, yaitu Cara Menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain beserta Cara menghapus pesan yang sudah lebih dari 7 menit.

1). Cara Menghapus Pesan Chat WA yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain tanpa disengaja.

■ Pertama seperti biasa. Buka aplikasi Whatsapp atau WA. (Usahakan menggunakan aplikasi terbaru, karena fitur ini hanya bekerja pada aplikasi Whatsapp yang sudah diperbarui. Sedangkan untuk aplikasi yang masih belum di update, kemungkinan besar fitur ini tidak support atau tidak competible)

■ Jika sudah di buka apalikasinya, sekarang cari pesan yang ingin di hapusnya.

■ Selanjutnya bila pesan yang ingin dihapus sudah ditemukan, sekarang tekan atau ketuk pesan tersebut agak lama hingga muncul berbaga macam icon diatas sidebar.

■ Bila sudah, sekarang pilih icon tong sampah. Setelah itu akan muncul sebuah halaman perintah atau notifikasi yang harus anda pilih salah satunya. Silahkan pilih saja " Hapus Untuk Semua Orang" agar nantinya pesan yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain tersebut tidak terbaca alias terhapus.

■ Selesai.

Nah sampai tahap ini sebenarnya kalian sudah berhasil menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain itu tadi. Hanya saja cara diatas hanya bisa dilakukan pada pesan yang status pengirimannya kurang dari 7 menit. Sedangkan lebih dari itu, pesan yang bersangkutan tidak bisa di hapusnya.

Lalu bagaimana caranya agar status pesan yang sudah terlanjur terkirim lebih dari 7 menit tersebut juga bisa dihapus? Caranya sebagai berikut :

2). Cara Menghapus Pesan Chat WA yang sudah terlanjur terkirim lebih dari 7 menit.

● Langkah pertama matikan dulu data internet yang ada di ponsel kalian. Baik itu yang berasal dari Wi-fi maupun dari data seluler (intinya tidak ada koneksi internet sama sekali di ponsel kalian). Dan jangan sampai aplikasi Whatsapp-nya dalam keadaan terbuka. Lebih baik ditutup aplikasinya

● Kemudian langkah selanjutnya kita masuk ke Pengaturan atau Setting telpon.

● Lalu masuk ke Pengaturan Lainnya dan pilih "Tanggal dan Waktu". Lalu ubah tanggalnya menjadi tanggal sebelum kalian mengirimkan pesan tersebut. Sebagai contoh, misalnya kalian salah mengirim pesan hari ini tanggal 22, maka yang mesti kalian ubah di pengaturan tanggal telponnya adalah tanggal 22 diganti menjadi tanggal 21.

● Kemudian buka aplikasi Whatsapp atau WA. Dan cari pesan yang ingin dihapusnya.

■ Selanjutnya bila pesan yang ingin dihapus sudah ditemukan, sekarang tekan atau ketuk pesan tersebut agak lama hingga muncul berbaga macam icon diatas sidebar aplikasi.

■ Bila sudah, sekarang pilih icon tong sampah. Setelah itu akan muncul sebuah halaman perintah atau notifikasi yang harus anda pilih salah satunya. Silahkan pilih saja " Hapus Untuk Semua Orang" agar nantinya pesan yang sudah terlanjur terkirim ke orang lain tersebut tidak terbaca alias terhapus.

● Jika sudah, sekarang balik lagi ke pengaturan telpon untuk mengubah tanggal yang sebenarnya sesuai dengan waktu yang berlaku di dalam ponsel (saya sarankan, untuk pengaturan waktu pilih yang automatis yang telah disediakan oleh jaringan/operator)

● kemudian langkah selanjutnya adalah menghidupkan kembali data seluler atau data internet yang ada di ponsel kalian. Dan buka apliaksi Whatsapp kemudian lihat hasilnya

● Selesai.

Setelah melakukan cara diatas, maka pesan tersebut bukan hanya terhapus di dalam akun Whatsapp kalian saja, melainkan juga terhapus di akun WA si penerima. Jadi bagi kalian yang kebetulan kedepannya mempunyai hal yang sama, kalian tidak usah khawatir lagi takut pesannya dibaca orang lain, cukup langsung bertindak dengan cara seperti diatas, maka pesan kalian akan aman.

Catatan:
Cara diatas bukan hanya sekedar untuk menghapus pesan yang salah kirim saja, melainkan juga bisa diterapkan pada  pesan-pesan yang lain seperti pesan yang biasa kalian kirim kepada orang yang dituju.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!! Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Aminn.

TAGS YANG SAMA:

Cara Menghapus  Pesan WA yang Sudah Terkirim Agar Tidak bisa Dibaca oleh Si Penerima

Bagikan jika bermanfaat