Cara Mengubah Ukuran Dimensi Foto atau Gambar Hanya Dengan Menggunakan HP Android

Madurace.com - Setelah kemarin saya telah memberikan tutorial tentang cara menghilangkan background atau layar belakang pada sebuah foto atau gambar dengan menggunakan aplikasi Android, kini saya akan menulis kan tutorial cara mengubah ukuran (size) dari sebuah foto atau gambar.

Mengubah ukuran gambar yang saya maksud disini bukan mengubah sembarangan yang tidak diketahui ukurannya itu loh, Bukan! Melainkan dirubah sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Misalnya ukuran asli sebuah gambar atau foto mempunyai ukuran lebar 500 px dan tinggi 400 px, maka lebarnya itu bisa ganti ke ukuran 600 px (kalau lebar foto mau diperbasar). Atau bisa juga lebarnya diganti 450 px (jika lebar foto mau diperkecil). Begitu juga dengan ukuran tingginya, kita bisa memgubahnya sesuai dengan yang kita inginkan.

Namun bagi para pengguna Android yang sehari-harinya cuma di sibukkan dengan bermain di media sosial, instant messenger dan lain-lain, mungkin mereka bertanya-tanya inti dari artikel yang saya sedang ketik melalui keypad Samsung kesayanganku ini. Palingan diantara mereka pas melihat judul artikel ini dalam hatinya berbisik "Apa untungnya sih merubah ukuran dari sebuah foto atau gambar itu? Kok gak ada kerjaan banget! Cuma tentang itu saja masih di tulis dalam bentuk artikel segala, memangnya dapat berguna atau bermanfaat bagi orang lain apa?"

Iya saya akui bahwa mengubah ukuran foto atau gambar itu memang tidaklah begitu penting bagi para pengguna android yang gadgetnya hanya digunakan untuk bermain di sosial media dan Instant Messenger. Karena disana mereka tidak dituntut untuk mengatur atau mengubah ukuran foto dan gambar yang akan di uploadnya. Meski ukurannya sangat besar, itu tidak akan menjadi masalah dan tidak ada dampak negatifnya.

Semuanya lancar-lancar saja dan tidak ada kendala sedikitpun karena semuanya sudah ditanggung oleh pihak yang mempunyai server dari jejaring sosial dan instant messenger yang bersangkutan. Jadi pengguna sekalipun mau mengupload sebuah gambar yang ukurannya sebesar seperti papan Reklame boleh-boleh saja. Asalkan papan reklamenya di potret dulu baru di upload. Kalau langsung mah jangan, entar malah hpnya yang masuk duluan ke papan Reklame. Mueheehee.

Namun bagi para pengguna Android yang gadgetnya digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat (maksudnya waktunya tidak dihabisin di jejaring sosial dan Instant messenger), seperti Blogger (yang ngeblog menggunakan HP), Ophreaker (orang yang hoby-nya memodifikasi apliaksi Android) dan seorang editor dan lain-lain, mengubah ukuran dari sebuah gambar itu sangat penting. Karena foto atau gambar yang akan digunakan tersebut nantinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dibidang masing-masing.

Sebagai contoh misalnya seorang Ophreaker ingin memodifikasi background dari salah satu aplikasi Android, sebut saja aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), maka untuk bisa berhasil mengubah tampilan aplikasi BBM, si opreaker tadi harus membuat atau mengubah ukuran gambarnya sesuai dengan ukuran gambar asli dari aplikasi BBM tersebut. Jika gambar yang akan digunakan tadi tidak sesuai dengan ukuran aslinya (background bawaan BBM), hal itu sudah jelas dan akan dipastikan gagal total 100%.

Begitu juga dengan seorang Blogger yang ngeblog menggunakan HP Android seperti saya ini. Mengubah ukuran (Resize) sebuah gambar yang akan diupload kedalam blog itu sangat diperhatikan dan sangat penting. Karena kalau gambar langsung di upload tanpa memikirkan berapa ukurannya, maka nanti kesannya akan terlihat berantakan dan tidak sesuai dengan desain blog itu sendiri. Sudah blognya berantakan, malah ngupload gambar yang berantakan juga, ya tambah berantakan blognya. (Lihatlah blog ini, berantakan bangetkan! Itu efek karena gambarnya asal upload gan, muehehhe).

Selain dari itu, mengganti ukuran sebuah gambar atau foto itu secara tidak langsung dapat mengubah kapasitas dari gambar yang bersangkutan. Misalnya kalau kita ingin memperkecil ukuran gambar yang mempunyai lebar 300 px dan tinggi 200 px, kemudian mau kita ganti ukurannya menjadi lebar 150 px dan tinggi 75 px, maka nanti hasilnya akan berpengaruh pada ukuran kapasitas gambar itu sendiri. Gambar yang awalnya mempunyai kapasitas 428 Kb akan berubah menjadi 100 Kb.

Lalu bagaimana caranya untuk mengubah ukuran sebuah foto atau gambar dari smartphone Android? Caranya sangat gampang gan, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1). Pertama download atau install dulu aplikasi yang bernama Photo Resizer (Silahkan dicari di Play Store gan).

2). Kemudian jika sudah terinstall aplikasinya di hp android agan, sekarang buka aplikasi tersebut. Dan pilih "SKIP" atau bisa juga kalian menggulir layar hp kalian ke kiri sambil baca-baca peraturan dan pengaturan yang disuguhkan oleh pihak pengembang.

3). Jika sudah, Pilih Foto atau gambar yang Ingin dirubah ukurannya.

4). Kemudian klik menu tanda " Empat Panah bersilang"

5).Lalu pilih "Sesuaikan" untuk mengubah ukuran lebar dan tinggi yang kalian inginkan. Contoh disini saya mengubah tinggi menjadi 640 pixel dan lebar 350 pixel. Silahkan diisi sendiri berapa dimensi yang kalian inginkan. Kemudian kalau sudah ditentukan, langsung klik "OK"

6). Jika sudah, sekarang tinggal klik " Replace Original Photo" untuk menyimpannya. Dan silahkan cek di Galery.

7). Selesai.

Dengan selesainya step by step diatas, maka selesai pulalah artikel yang kalian baca ini. Semoga bermanfaat. Aminn. Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagikan jika bermanfaat