Cara Membuat Bingkai Foto Profil Facebook

Madurace.com - Kalau kita mau membahas tentang fitur yang dimiliki oleh jejaring social yang namanya Facebook, mungkin hal itu tidak akan ada habis-habisnya. Karena hampir beberapa bulan sekali atau lebih pihak Facebook sendiri menyuguhkan fitur-fitur terbarunya. Saking banyaknya fitur yang di persembahakn oleh jejaring social yang dipelopori oleh Mark Zuckerberg ini sampai-sampai tidak terhitung jumlahnya.

Bahkan kalau boleh jujur, dari dulu sampai sekarang, saking banyaknya fitur yang ada di dalam social media Facebook tersebut saya sendiri sudah tidak bisa mengingatnya satu persatu. Hal itu tidak lain karena fitur-fitur yang bersangkutan yang dianggap sudah lawas tidak bisa lagi work digunakan. Atau dengan kata lain fiturnya sudah kebanyakan di hapus. Ya tidak mau dihapus gimana wong mayoritas fiturnya tidak diketahui oleh public atau oleh para pengguna facebook kebanyakan.

Palingan yang tahu hanya orang-orang tertentu yang kesehari-hariannya tidak di sibukkan dengan menulis status-status yang tidak ada manfaatnya. Misalnya seperti para Blogger, mereka hampir semua tahu fitur terbaru yang dikeluakan oleh Facebook.

Karena mayoritas dari seorang Blogger, ketika ia sudah masuk ke akun facebooknya, ia sendiri tidak hanya bermain di timeline (beranda/lini masa) saja. Melainkan mereka selalu mencari dan memantau perkembangan fitur-fitur terbaru yang ada disana. Kemudian jika fitur terbaru tersebut dirasa sreg dan bermanfaat bagi orang lain, khususnya bagi para penghuni Facebook, maka ia akan segera membuatkan tutorialnya dan mempublishnya di blog yang ia kelola.

Waduh, kok artikel ini setelah dibaca ulang dari atas alur kalimatnya tidak sesuai dengan judul artikelnya ya! Addaaa…. Melenceng lagi nih isi artikelnya! Ya mau gimana lagi gan, wong saya sendiri sebenarnya tidak bisa menulis artikel yang mempunyai kualiatas tinggi seperti hasil dari para penulis blog kebanyakan. Artikel yang sedang kalian baca inipun beserta semua artikel yang ada di blog Madurace.com semuanya saya tulis dalam keadaan terpaksa.

Maksudnya sekalipun tidak bisa menulis, saya selalu memaksakan diri agar pikiran yang ada didalam benakku ini bisa menghasilkan sebuah artikel yang nantinya bisa dibaca oleh kalian semua. Ya yang namanya hasil paksaan, ya seperti gini nih hasil artikelnya. Blepotan banget kalau dibaca! Muehehhehe..

Tapi anehnya yang membuat saya tidak habis pikir, kenapa blog yang isi artikelnya berantakan kayak gini masih banyak yang iri dan ingin manjatuhkannya ya? Di buatin blog DUMMY dengan memanfaatin AGC-lah, di copas-lah, di bom klik-lah, dilaporkan ke Facebook sebagai blog spam-lah dan lain-lain. Heduh kasian banget ente tong, hidup sampeyan digerogoti sifat iri dan dengki.

Baiklah kita kembali ke topik tentang cara membuat bingkai foto profile Facebook! Dimana fitur yang satu ini kemungkinan besar masih belum banyak yang tahu cara membuatnya. Bahkan bisa jadi kalian yang langsung nyasar ke artikel ini tidak tahu sama sekali maksud dari bingkai foto profil Facebook itu seperti apa dan tujuan pembuatannya untuk apa?

Namun saya kira bukan tidak tahu, Cuma nama fitunyar saja yang tidak tahu disebut apaan. Karena di dalam beranda atau di lini masa Facebook sendiri, sering kali kita melihat teman-teman mengubah foto profilenya dengan menggunakan fitur frame atau bingkai foto semacam ini. Bahkan disana kita juga di tawarkan untuk menggunakan frame atau bingkai  yang sama seperti yang mereka gunakan. Hanya saja terkadang kita sendiri yang tidak memperdulikannya.

Biasanya bingkai foto tersebut dibuat dikaitkan dengan moment-moment tertentu atau hari-hari tertentu. Seperti memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, Hari Raya Idul Fitri dan Adha, Tahun Baru Masehi dan Hijriyah, Hari Raya Natal, Hari Kemerdekaan dan lain sebagainya.
Adapula yang membuatnya dikaitkan dengan dunia Olah Raga seperti Sepak Bola (Football), Bulu Tangkis (Badminton), MOTO GP dan lain-lain.

Biasanya kalau dalam dunia sepak bola, bingkai atau frame foto ini di buat oleh para supporter-suporter tertentu ketika klub favoritnya mau bertanding dengan klub lain. Misalnya pertandingan Persib vs Persija, atau Persebaya vs Arema, atau Madura United vs Semen Padang, maka sebelum pertandingan di gelar para pendukung (supporter) dari masing-masing klub yang bersangkutan di facebook sudah ramai membuatkan bingkai foto club kesayangannya.

Jadi bagi kalian yang masih belum tahu cara membuatnya dan kebetulan juga termasuk supporter atau fans beratnya salah satu klub sepak bola yang berlaga di liga Domestik maupun Internasional (Eropa), kalian nanti bisa mencobanya untuk membuatkan bingkai foto klub favoritnya.

Oa bagi kalian yang masih bingung atau kurang paham maksud isi dari artikel diatas, berikut saya tampilkan contoh frame atau bingkai foto facebook yang saya maksud. Tujuanya tidak lain adalah agar kalian lebih memahami dan mengerti inti dari pembahasan artikel yang sedang saya ketik ini. 

Karena seperti yang sudah saya katakan barusan bahwa semua artikel yang ada di blog madurace.com ini memang sifatnya berantakan banget. Sehingga sangat sulit untuk di mengerti  dan dipahami. Jangankan orang lain, saya sendiri pun sebagai penulisnya kalau dibaca ulang dari atas juga tidak akan mengerti inti dari artikel ini apaan.
Lihat gambar
cara membuat frame foto profil facebook
Contoh foto profile facebook menggunakan bingkai/frame
Setelah melihat contoh gambar diatas, saya rasa agan-agan sekarang sudah mulai mengerti apa yang dimaksud frame atau bingkai foto profile facebook tersebut! Kalau sudah mengerti, mari kita langsung praktekkan cara membuatnya. Berikut langkah-langkahnya!!!

Cara Membuat Sendiri Frame atau Bingkai Photo Profil Facebook.

1). Pertama buat dulu gambar/foto  berukuran 1200x1200 pixel  dengan format PNG. Sekali lagi, P-N-G bukan yang lain seperti JPG,JPEG dan semacamnya. Dan Usahakan gambar/foto berlatar belakang atau background transparant. Selain dari itu, misalnya warna kuning, putih, merah dan lain-lain tidak akan work alias di tolak karena sudah tidak sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari pihak facebook sendiri.

2). Kemudian jika pengeditan gambarnya sudah beres dan sudah sesuai dengan keinginan agan, sekarang klik link ini. Setelah itu agan akan segera dialihkan ke halaman tempat membuat bingkai foto. Jika sudah berada dihalaman yang dimaksud, sekarang pilih tombol “Open Frame Studio” yang terletak di pojok kanan atas.

3). Jika sudah selanjutnya untuk mengupload gambar yang ingin jadikan bingkai foto, silahkan pilih tombol “Unggah Seni” yang ada di pojok kiri atas. Kemudian browse atau cari gambar frame-nya yang sudah tersimpan sebelumnya di perangkat laptop agan. Jika sudah ketemu silahkan klik 2 kali gambar frame yang di pilihnya tersebut.

4). Setelah gambar atau foto frame tadi berhasil di upload, maka nanti akan tampak seperti gambar dibawah ini. Tetapi tampilan gambarnya belum maksimal atau belum pas dengan ruang yang tersedia. Maka dari itu silahkan kalian mengaturnya sendiri sedemikian rupa agar ukuran gambar itu tadi benar-benar sesuai (pas) dengan ruang yang telah tersedia tadi. Caranya kalian bisa menggesernya kekanan-kekiri, keatas-kebawah, atau diperbesar dan diperkecil.

5). Kemudian jika gambar frame tadi letaknya sudah pas atau sudah sesuai dengan ruang yang tersedia barusan, sekarang klik “Selanjutnya”. Setelah itu akan tampak seperti gambar dibawah ini untuk mengisi kelengkapan data frame yang kalian buat.

a). Pilih Pemilik (pojok kanan atas): silahkan pilih salah satunya sebagai pembuat frame. Kalau memilih akun facebook, nanti yang muncul sebagai pembuat frame tersebut nama facebook kalian. Jika memilih fanspage, maka yang muncul nantinya diberanda nama fanspage kalian sebagai pembuat frame.

b). Nama: Di isi nama Frame sesuai keinginan kalian.

c). Jadwal: pilih salah satunya sesuai keinginan kalian. Kalau saya pribadi lebih memilih tetapkan tanggal mulai dan berakhir”. Tujuannya agar frame yang sudah di tentukan tanggal tersebut bisa menghilang secara otomatis ketika telah sampai ke tanggal yang sudah di tentukan tadi.

d). Kata Kunci: silahkan masukkan kata kunci sesuai dengan judul frame kalian. Kalian bisa memasukkan hingga 10 kata kunci. Tujuan kata kunci ini untuk mempermudah orang lain menemukan frame yang kalian buat. 

6). Jika data frame diatas sudah di isi semua, sekarang pilih “Selanjutnya”. Setelah itu akan muncul sebuah pop-up atau halaman baru yang didalamnya terdapat tiga buah frame dari berbagai versi bertanda bahwa frame atau bingkai foto tersebut berhasil di buat dan siap digunakan serta disebarkan. Silahkan pilih ” terbitkan”. Kemudian klik “ok”

7). Kemudian yang terakhir, Kalau kalian tadi memilih fanspage atau halaman sebagai pembuat framenya, kalian juga bisa langsung mengeklik tombol “Bagikan Sebagai Halaman” atau bisa juga klik tombol “Selesai”. Namun apabila kalian tadi memilih akun Facebook sebagai pembuat framenya (karena tidak punya fanspage/halaman), maka pilih atau klik saja tombol “Selesai”.
8). Wis sudah selesai juga bro step-by stepnya...!!!

PENTING BANGET

>>> Untuk melihat atau mengecek status frame yang telah kalian buat tadi, apakah sudah di approve (disetujui) atau belum/ditolak, kalian bisa mengeceknya melalui Link Berikut Ini. Disana kalian bisa mengeceknya frame mana yang sudah di setujui (aktif) dan frame mana yang ditolak.

>>> Usahakan bingkai foto atau frame yang dibuat tadi tidak mengandung URL atau link situs. Jika hal itu dibiarkan, maka sudah dipastikan frame yang kalian buat ditolak. Biasanya frame yang sudah disetujui (aktif) ada tanda titiknya berwarna hijau sedangkan yang tidak disetujui (ditolak) warna titiknya berwarna merah.

Baiklah saya rasa cukup sampai disini tentang tutorial cara membuat sendiri frame atau bingkai foto profile facebook. Semoga bermanfaat!!!! Akhir tulisan untuk kalian semua, Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Bagikan jika bermanfaat