Cara Mengubah Tulisan WA Menjadi Huruf Tebal, Miring, dan Garis Tengah


Madurace.com - Secara default, aplikasi-aplikasi jejaring sosial dan Instant Messenger yang selama ini kita gunakan bersama kebanyakan memakai jenis huruf yang di bilang standart. Setiap kali kita menulis atau mengirimkan sebuah pesan atau chat kepada orang lain, tentu kita tidak lepas dari type abjad bawaan dari aplikasi yang bersangkutan.

Karena disana pihak pengembang atau developers sendiri sebagai pembuat aplikasi hanya memberikan akses yang tampilan hurufnya biasa-biasa saja.

Sedangkan untuk jenis-jenis yang lain tidak didukung atau tidak support. Sekalipun bisa, itu hanya sebatas pada aplikasi-aplikasi yang memang didalamnya sudah kompetibel dengan kode-kode tertentu. Sebagai contoh Misalnya aplikasi Facebook lite, disana kita bisa membuat tulisan atau teks yang beraneka warna-warna dengan cara menyisipkan beberapa kode html. Dan itu hanya work ketika tulisan atau teks tersebut di buka pada aplikasi yang sama pula.

Sedangkan jika di buka pada aplikasi Facebook yang Non-lite (biasa) atau aplikasi Messenger Facebook, kode html tersebut juga tidak akan work. Sehingga tulisan atau teks yang seharusnya kelihatan warna-warni tersebut tampilannya hampir tidak ada perubahan. Bahkan tampilan teks tersebut malah tambah berantakan.

Iya, ketika kita di facebook lite sudah berhasil membuat status, komentar dan pesan yang beraneka ragam warna, setelah di baca melalui aplikasi Facebook biasa (dibaca: bukan aplikasi facebook lite) malah teks tersebut tidak ada bedanya dengan teks-teks yang sering kita jumpai bersama.

Begitu pula dengan huruf/teks yang bercetak tebal, miring, dan garis tengah, saya rasa sekalipun ditulis menggunakan aplikasi Facebook Lite juga tidak akan di terima oleh system.

Jadi intinya hampir semua aplikasi jejaring sosial media dan Instant Messenger (IM) memang tidak di support dengan yang namanya huruf/teks tebal (bold), miring (italic) dan garis tengah.

Namun hal itu tidak berlaku di aplikasi WhatsApp atau WA yang sedang kita bahas bersama ini. Karena disana untuk menulis sebuah kata atau kalimat yang menggunakan huruf tebal, miring, dan bergaris tengah, kita bisa membuatnya kapan saja sesuai dengan yang kita inginkan.

Sehingga apa yang kita tulis tadi ketika sudah berhasil terkirim di beranda group atau chat teman, ada sedikit perbedaan yang mencolok bila dibandingkan dengan teks yang ditulis oleh orang lain kebanyakan. Dan itu sudah tentu nantinya dapat perhatian khusus dari orang-orang yang membacanya dan ingin tahu juga cara membuatnya.

Pengalaman saya pribadi juga demikian ketika pertama kali membaca salah satu status di group yang bentuk teksnya beda dengan yang lain, saya sendiri penasaran dan ingin mencobanya. Karena menurut saya pribadi tulisan atau teks yang bercetak tebal dan miring tersebut kesannya gimana gitu? Dan saya kira untuk membuatnya harus menggunakan kode-kode tertentu agar teks yang bersangkutan di terima oleh system.

Kemudian saya coba untuk mengetest tulisan itu tadi dengan cara mengcopy apakah teksnya disisipin kode-kode tertentu atau tidak? Setelah hasil copy barusan di pastekan di text area, ternyata apa yang saya duga atau kira tersebut benar. Ternyata teks yang bercetak miring dan tebal tersebut diapit oleh beberapa kode-kode tertentu yang sifatnya menggunakan tag pembuka dan penutup diawal dan diakhir tulisan itu tadi.

Berikut contoh dari kode-kode yang saya maksudkan diatas.

1). *ini kode teks tebal*
2). _ini kode teks miring_
3). ~ini kode teks coret/garis tengah~
4). ~_*ini kode teks tebal, miring, garis tengah*_~
5). ```ini kode teks horoscope```

Sebenarnya dengan cara mengcopy-paste dari kelima kode diatas, kalian sudah bisa membuat tulisan atau teks WhatsApp menjadi huruf tebal, miring, garis tengah dan horoscope. Namun menurut saya pribadi, jika kita menerapkan cara tersebut rasanya kurang praktis dan bikin ribet.

Kenapa saya bilang begitu? Karena setiap kali kita mau membuat teks yang bercetak tebal dan lainnya, kita dituntut harus mengcopas kodenya terlebih dahulu. Habis itu baru kita sisipin kata atau kalimat diantara kode-kode tersebut agar tulisan itu tadi berubah menjadi sebuah teks yang kita inginkan. Saya rasa tidak enak juga kalau setiap kali mau menulis kodenya harus di copy-paste terus.

Lalu bagaimana caranya agar teks WA tersebut bisa bercetak miring, tebal, dan lain-lain tanpa harus mengcopas kode-kode itu tadi? Caranya sangat gampang gan, karena hal semacam ini sebenarnya termasuk salah satu fitur yang telah di sediakan/dikembangkan oleh pihak WhatsApp untuk memanjakan para penggunanya.

Jadi kalau kalian pernah melihat ada salah satu teman yang kebetulan mengirim pesan melalui chat kemudian isi dari pesan tersebut teksnya bercetak tebal, miring, dan lain-lain, kalian tidak harus kagum dan bertanya-tanya dalam hatinya sendiri cara membuatnya gimana?! Karena memang dari sononya fitur semacam ini sudah ada. Hanya saja terkadang bagi para pengguna yang masih baru bergabung dengan WA seperti Saya ini tidak tahu letak fiturnya ada dimana?

Cara Mengubah atau Mengganti Teks Huruf WA agar bisa bercetak Tebal, Miring, dan Bergaris Tengah.


1). Seperti biasa! Pertama buka dulu aplikasi Whatsapp.

2). Kemudian ketikkan atau tulis beberapa kata atau kalimat yang ingin di kirimkan. Entah itu melalui beranda Group maupun di dalam halaman Chat.

3). Jika sudah, sekarang tap atau tekan semua teks/tulisan yang baru dibuat tadi agak lama sampai muncul sebuah notifikasi kecil seperti gambar dibawah ini.
Cara mengganti tulisan huruf WA menjadi tebal miring

4). Kalau sudah, langkah selanjutnya sekarang kalian tinggal pilih salah satu simbol huruf yang ada di pojok kanan atas itu. Dengan rincian sebagai berikut :

● Simbol huruf "B" berfungsi untuk mengubah karakter teks menjadi Tebal.
● Simbol huruf "I" berfungsi untuk mengubah karakter teks menjadi Miring.
● Simbol huruf "T" berfungsi untuk mengubah karakter teks menjadi Bergaris tengah.

5). Selesai.

Catatan :
Pada saat teks atau tulisan ditekan agak lama, tidak semua akun WA muncul seperti gambar diatas! Adakalanya di beberapa smartphone-smartphone tertentu muncul seperti gambar dibawah ini.

Jika di akun WA kalian notifikasinya yang muncul seperti gambar yang ini, maka kalian tinggal pilih "Tebal" dan "Miring" untuk mengubah teksnya.

Baiklah mungkin sampai disini dulu tutorial yang kami sampaikan kali ini. Semoga dengan hadirnya artikel yang serba berantakan ini dapat membantu agan-agan semua dan bermanfaat tentunya.
Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagikan jika bermanfaat