Cara Merekam Layar HP Android Vivo Agar Menjadi Video

Madurace.com - Hemmm... Rasanya sudah seminggu saya tidak menulis sebuah artikel di blog yang berantakan ini gan! Niatnya sih kepingin banget mau posting artikel tiap hari, tapi berhubung otak saya ini termasuk kategori yang mempunyai IQ tingkat rendah, ya terpaksa harus beradaptasi dengan kemampuan atau potensi yang saya miliki saat ini. Kalau tidak, entar kepalaku jadi botak bak kepala profesor.

Rugi dong kalau kepala botak, tapi title bukan Profesor atau Insinyur beneran. Tapi ngomong-ngomong kok kepala orang zaman now itu beda banget sama orang dulu ya? dulu ketika saya masih kecil kalau ada orang yang kepalanya botak, pasti orang tersebut bukanlah orang sembarangan seperti orang-orang tua kita. Pakaian narcis, tata rambut rapi, bersepatu, bawa tas dan lain-lain.

Tapi kok orang-orang zaman sekarang itu kebanyakan kepalanya botak semua ya? Mau di bilangin orangnya pintar, tidak!  Professor bukan, Insinyur juga bukan! Yang menyebabkan kepala mereka botak kenapa ya? Apakah mereka kebanyakan mikirin hutang kali ya? Yah ngelantur lagi dah artikelnya! Muehhehe.

Oke gan, biar artikel yang saya ketik melalui keypad Samsung Galaxy S3 plus kesayanganku ini tidak meluber kemana-mana lagi, lebih baik kita kembali ke topik yang sesuai dengan judul artikel diatas yaitu Cara Merekam Layar HP Android merk Vivo agar menjadi sebuah Video.

Sudah diketahui bersama bahwa untuk merekam atau merecord screen sebuah ponsel Android itu memang membutuhkan yang namanya aplikasi pihak ketiga. Dan itu sudah mayoritas pada merk ponsel-ponsel tertentu yang berjalan di Operasi System (OS) Android sekelas Samsung, Sony, Lenovo, Asuz, Oppo, Coolpad dan lain-lain.

Akan tetapi tidak tutup kemungkinan perangkat-perangkat Android yang telah disebutkan diatas didalamnya sudah tertanam (support) dengan yang namanya aplikasi Screen Record. Sehingga nantinya pengguna tidak harus repot-repot menginstall atau menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi seperti hp Samsung Galaxy S3 yang saya pegang ini.

Tetapi hal itu, kemungkinan besar hanya kompetible pada smartphone-smartphone tertentu yang versi androidnya sudah diatas Marshmallows. Sedangkan untuk versi yang ada dibawahnya mungkin masih belum ada. Karena sepengetahuan saya, perangkat yang berjalan pada OS dibawah versi tersebut rata-rata tidak support dengan yang namanya Screen Record atau perekam layar ponsel.

Tidak Support disini maksudnya bukan tidak bisa digunakan untuk merekam layar ponsel, tidak! Maksudnya didalam perangkat yang bersangkutan tidak ada aplikasi Screen Record bawaan dari ponsel itu sendiri. Sehingga pengguna untuk bisa merecord layar ponselnya, di tuntut harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah tersedia digudang aplikasi Play Store.

Disana banyak sekali tersedia aplikasi-aplikasi screen record android dari berbagai developers yang bisa di install sebebas mungkin sesuai dengan type android masing-masing. Baik itu yang statusnya gratisan (free) maupun yang berbayar (Pro). Semuanya tinggal pilih sesuka hati, yang terpenting nantinya tidak mengganggu multitasking dari smartphone Android itu sendiri dan sangat bermanfaat tentunya.

Namun untuk smartphone Android Merk VIVO yang sedang kita bahas bersama ini, saya rasa kalau mau ngomongin masalah aplikasinya memang beda dengan ponsel-ponsel android kebanyakan. Kenapa saya bilang begitu? Karena setelah saya telusuri atau bandingkan dengan smartphone android merk lain, disana sudah ditanami atau sudah terpasang aplikasi yang tidak dapat ditemukan di ponsel android merk lain.

Maksudnya jika pada hp android merk lain termasuk atau dikategorikan sebagai aplikasi pihak ketiga, maka di hp android merk VIVO malah menjadi aplikasi bawaan dari perangkat itu sendiri.

Sebagai contoh misalnya aplikasi yang sedang kita bahas kali ini yaitu aplikasi screen record atau dalam bahasa Indonesianya lebih di kenal dengan sebutan perekam layar ponsel.

Pada hp android merk VIVO, Aplikasi screen record ini sudah dijadikan aplikasi bawaan. Sehingga para User, apabila ingin merekam layar ponselnya, maka ia tidak lagi harus menginstall aplikasi screen record yang ada di Play Store maupun digudang aplikasi lainnya. Karena didalam ponsel tersebut memang sudah ditanami atau dipasangi aplikasi yang bersangkutan yang sifatnya langsung dari pabrik.

Lalu fungsi dari aplikasi screen record itu sendiri apa agan? Ya fungsinya sesuai dengan namanya gan, yaitu berfungsi untuk merekam semua aktifitas yang ada didalam layar ponsel. Sehingga nantinya hasil rekaman tersebut menjadi sebuah file yang berbentuk video.

Dengan adanya fitur semacam ini tentu mempunyai keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Terlebih bagi para seorang Blogger atau Youtuber, wih pasti sangat menguntungkan banget gan! Karena fitur ini oleh mereka bisa dijadikan sumber penghasilan.

Loh kok bisa gan? Ya bisa lah! Wong mereka ketika ingin membuat tutorial tentang seputar Android, ia sendiri menggunakan aplikasi semacam ini. Setelah tutorialnya berhasil direkam dan sudah berbentuk video, maka file video atau hasil rekaman tersebut di upload ke Youtube. Nah di Youtube inilah mereka mendapatkan penghasilan yang fantastis yang langsung di bayar oleh Google sebagai pemilik Youtube.

Cara Screen Record HP Android Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga.

Lalu bagaimana caranya agar layar hp Vivo yang kita miliki itu bisa direkam menjadi Video?

Bagi kalian yang masih baru menggunakan smartphone Android merk Vivo dan kebetulan juga masih belum tahu caranya, kalian bisa mencobanya dengan cara membaca atau mengikuti langkah-langka yang saya sajikan di bawah ini.

Berikut langkah-langkanya :

1). Pertama buka screen atau layar hp kalian.

2). Kemudian kalau sudah, seret keatas pada bagian bawah layar hingga muncul halaman pusat kontrol. Lalu pilih " Tangkapan Laya Super". Dengan cara mengetap icon Huruf "S" yang ada didalam kotak persegi.

3). Setelah itu kemudian pilih "Perekam Layar" dengan cara mengetap icon Camera.
Aplikasi untuk merekam Layar Hp Android

4). Habis itu aplikasi akan langsung merekam semua aktivitas layar ponsel. Jika perekaman sudah dirasa cukup, langkah terakhir adalah menekan tanda dot yang warnanya berwarna merah untuk mengakhiri perekaman. Setelah itu file akan tersimpan secara automatis didalam folder Pengelola File atau File Manager.

5). Selesai.

Namun apabila setelah melakukan perekaman layar ponsel hasil videonya tidak ada suaranya, kalian bisa memperbaikinya dengan cara mengaktifkan settingan suara rekaman. Untuk pengaturannya kalian baca di artikel Cara Mengatasi Screen Record Yang Tidak Keluar suara Di HP VIVO

Dengan berakhirnya step by step diatas, maka berakhir pulalah tutorial yang sedang kita bahas bersama kali ini. Semoga dengan hadirnya artikel tersebut dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk kita semua. Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat