Ini alasan Kenapa Samsung Z2 tidak Bisa Menginstall Aplikasi Android

Madurace.com - Mungkin sebagian dari pengguna Samsung Z2 yang masih belum tahu banyak tentang seluk-beluk dari smartphone terbaru besutan dari Negeri Gingseng ini mengalami hal serupa seperti yang Saya alami beberapa hari yang lalu.

Dimana pada waktu itu Saya di datangi oleh salah satu teman yang katanya ponsel yang ia gunakan/miliki tidak bisa menginstall aplikasi Android yang bukan berasal dari Play Store.

Kebetulan aplikasi tersebut memang mengambil atau hasil share dari aplikasi unggulan milik Lenovo yaitu Shareit. Agan-agan pada Tahu sendirikan kualitas pengiriman file melalui Shareit itu gimana? Saya rasa hampir seluruh pengguna Android yang tersebar diberbagai belahan dunia tahu banget akan aplikasi yang satu ini. Kalaupun ada yang tidak tahu, mungkin pada saat mereka menerima dan mengirimkan sebuah file masih menggunakan metode Jadul. Yakni melakukan pengiriman melalui fitur Bluetooth.

Oke kita kembali lagi ke topik.
Ketika saya mencoba sendiri dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh temanku tersebut (beda aplikasi /APK), ternyata setelah di install apk tersebut memang ditolak oleh system dan muncul sebuah notifikasi Install Blocked yang isinya kurang lebih bertuliskan ” For security, Your phone is set to block installation of apps obtained from unknown sources”.

Berhubung saya sendiri tidak mengerti sama sekali tentang yang namanya Bahasa Inggris, saya mengira munculnya notifikasi  tersebut  karena pengaturan atau settingan ponsel tidak mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber selain Play Store. Atau pengaturan “Sumber  Tidak Diketahui” dalam kondisi tidak tercentang.

Tanpa pikir panjang, akhirnya saya langsung meluncur ke pengaturan aplikasi untuk menyetel atau menyetting Sumber Tidak Diketahui agar file apk tadi yang dikirim melalui Shareit tersebut bisa terinstall. Namun setelah saya sudah masuk ke administrator perangkat, ternyata disana saya menemukan kejanggalan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Yaitu pengaturan Sumber tidak diketahui tidak terdaftar disana. Bahkan saya sendiri sempat membandingkan pengaturannya dengan ponsel lain sesama merk Samsung, namun tetap saja setelah masuk ke administrator perangkat saya sendiri tidak menemukan pengaturan yang sama dengan ponsel yang satunya.

Setelah putus asa, akhirnya saya jadi teringat tentang artikel yang dimuat oleh situs kompas satu tahun yang silam. Situs tersebut memberitakan bahwa di pasar Indonesia telah beredar smartphone bernama Samsung Z2 yang mengusung  system operasi (OS) yang berbeda dengan Samsung kebanyakan. Dikatakan berbeda karena pada smartphone Samsung Z2 ini tidak berjalan pada operasi system (OS) Android, melainkan berjalan pada opearsi system lain yang Diberi nama TIZEN.
Didalam situs yang sama, alasan utama perusahaan Smartphone raksasa  asal Korea Selatan ini mengusung operasi system TIZEN tidak lain karena ingin melepaskan diri dari ketergantungan Google Android. Jadi disana tidak ada yang namanya aplikasi Play Store gan.

Perlu diketahui bersama bahwa selama ini bukan hanya ponsel pintar yang bermerk Samsung saja yang bekerjasama dengan Google Android, melainkan smartphone-smartphone dari berbagai merk lainnya juga tidak mau ketinggalan untuk bekerjasama dengan operasi system yang mempunyai logo robot hijau ini. Hal itu dilakukan bertujuan untuk menjaga dan membuat agar perusahaan tidak mengalami kebangkrutan dan tambah maju. Kalau tidak, mungkin nasibnya akan sama dengan yang dialami oleh perusahaan ponsel Nokia.

Lantas apakah operasi system (OS) Tizen yang diususng oleh perusahaan Samsung tersebut suatu saat nanti dapat mengalahkan OS Android? Kita tunggu saja jawabannya 5-10 tahun yang akan datang. Muehhhee.

Oa hampir lupa alur ceritanya! Setelah teringat artikel yang pernah saya baca di situs tekno.kompas.com tersebut, akhirnya saya langsung buru-buru buka pengaturan ponsel  untuk melihat info tentang perangkat yang bersangkutan. Apakah Samsung milik temanku itu termasuk kategori Samsung yang beroperasi system Tizen atau bukan? Setelah di ceknya, ternyata benarlah dugaanku bahwa ponsel tersebut tidak menggunakan OS Android melainkan menggunakan OS Tizen.

Lalu bagaimana caranya agar Samsung Z2 tadi bisa berhasil menginstall aplikasi Android? Baik itu yang berasal dari Play Store maupun file .apk yang berasal dari Shareit?

Dikutip dari situs resminya Samsung, smartphone yang mengusung atau menggunakan operasi system Tizen tidak bisa menginstall aplikasi yang berasal dari Play Store maupun file aplikasi yang berbentuk .apk.

Untuk saat ini aplikasi yang bisa di install pada Samsung Z2 adalah file yang ber-ekstensi .tpk dan wgt dari Tizen Store, Galaxy Apps atau dari situs official Tizen. #Mdrc.com

Glosarium:
.APK : kependekan dari Android Package. Yaitu suatu file apliaksi (mentah) yang beroperasi diperangkat berbasis Android.
.TPK : kependekan dari Tizen Package. Yaitu suatu file apliaksi (mentah) yang beroperasi diperangkat berbasis Tizen.

Akhir tulisan untuk kalian semua. Wassamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Bagikan jika bermanfaat