Cara Gampang Menjawab Soal Matematika Menggunakan HP Android

Madurace.com - Kalau kita mau membahas tentang mata pelajaran yang paling dibenci atau tidak disukai oleh para siswa/siswi di tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA, mungkin Matematika-lah tranding topiknya. Iya saya yakin itu bahwa pelajaran yang saya maksud tersebut adalah satu-satunya mata pelajaran yang paling tidak disukai oleh para murid kebanyakan (termasuk saya sendiri).

Bahkan dalam beberapa kasus (bukti konkrit dari pengalaman pribadi nih gan), ketika jam sekolah memasuki mata pelajaran Matematika, tidak jarang para siswa lebih memilih bolos dibandingkan harus mengikuti pelajaran yang satu ini.

Terlebih kalau Bapak/Ibu guru yang mengajarinya mempunyai watak/karakter  yang bisa dibilang keras atau bengis, wih tambah takut tuh kita yang mau masuk kelas. Jangankan mau masuk kelas, mau masuk sekolahpun kadang-kadang kita masih mikir-mikir dulu dan melihat jadwal mata pelajaran.

Jika sekiranya didalam jadwal tersebut tidak tertera mata pelajaran Matematika,tanpa pikir panjang kita enjoy pergi ke sekolah. Tetapi apabila didalam daftar jadwal itu tadi ada Matematikanya, hemmm… Saya rasa  lain lagi ceritanya.

Padahal kalau kita mau jujur, setelah dipikir-pikir Matematika itu sebenarnya pelajaran yang paling gampang dibandingkan dengan mata pelajaran-pelajaran yang lain. Kenapa saya bilang begitu? Karena Matematika termasuk salah satu pelajaran yang dikategorikan sebagai ilmu eksakta (ilmu pasti) yang sifatnya konkrit dan tetap. Dari dulu sampai sekarang yang namanya 1+1 itu hasilnya tetap 2 Bukan 3 bukan 4 dan seterusnya.

Begitu pula dari hasil perkalian, pengurangan, pembagian, pecahan dan lain-lain semuanya dari dulu sampai sekarang hasilnya tetap sama. Misalnya kalau orang terdahulu itu mengatakan /menghitung 4x4=16 maka orang sekarang juga mengatakan demikian. Tidak mungkin orang-orang sekarang meski hidupnya jauh lebih modern dari orang-orang terdahulu mengatakan kalau 4x4 itu sama dengan 8,17,18 20, dan lain-lain. Kalaupun ada yang menjawabnya bukan 16, berarti ia selama hidupnya tidak lulus SD bahkan tidak sekolah sama sekali. Muehhehe.

Tetapi bagaimanapun juga Matematika tetaplah menjadi pelajaran yang sangat menakutkan atau tidak disukai oleh para pelajar. Siapapun orangnya yang mengatakan gampang, siapapun gurunya yang mengajar, kalau karakter siswanya mempunyai sifat pemalas dan IQ rendah seperti saya ini tetap saja materi yang dijelaskan oleh gurunya tersebut tidak paham-paham juga. Ya mau ngerti gimana wong pada saat guru sedang menjelaskan di papan tulis malah pikiran sering ngelamun kemana-mana.

Namun bagi kalian yang masih berstatus pelajar jangan merasa minder dan berkecil hati jika kalian termasuk salah satu siswa yang sangat sulit untuk menyerap pelajaran matematik disekolah. Karena sekarang ini ada sebuah aplikasi android yang sistemnya berfungsi untuk menjawab soal-soal Matematika. Sehingga nantinya aplikasi yang saya maksud tersebut dapat membantu agan-agan semua baik itu di sekolah, di rumah maupun di jalanan.  Intinya aplikasi yang satu ini bisa digunakan diberbagai tempat dan sangat bermanfaat bagi kita semua.

Cara Menggunakan Aplikasi Photomath.

Sebelum menginjak ke pembahasan yang paling inti, perlu agan-agan ketahui bersama bahwa cara kerja aplikasi Photomath ini tidak sama dengan kalkulator biasa. Karena aplikasi yang satu ini mempunyai dua fungsi dan beberapa fitur yang tidak dapat kita temukan dikalkulator. Baik itu kalkulator yang berbentuk aplikasi maupun kalkulator biasa seperti yang sering kita gunakan didunia nyata.

Yang dimaksud mempunyai dua fungsi (cara kerja) artinya kalian nantinya bisa memilih dua opsi untuk mengerjakannya. Opsi pertama kalian bisa mengerjakannya dengan cara mengetikkan soal di dalam aplikasi Photomath dan opsi kedua kalian bisa mengerjakannya dengan cara memindai langsung (soalnya) dengan kamera ponsel.

Namun yang saya bahas dalam artikel ini adalah cara kedua saja yaitu dengan cara memindai langsung dengan kamera HP. Kalau opsi yang pertama saya rasa tidak usah dibahas karena cara mengerjakannya hampir sama dengan kalkulator dan agan-agan sudah pada tahu semua  untuk menerapkannya gimana.

Berikut caranya:
1). Pertama install dulu aplikasi Photomath di Play Store

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasinya kemudian arahkan kamera ponsel tepat diatas soal matematika yang ingin diketahui jawabannya.

3). Lalu tunggu hingga system kamera berhasil memindai soal

4). Jika soalnya sudah berhasil dipindai maka muncul jawaban seperti gambar dibawah ini.

5). Setelah kalian sudah mendapatkan jawabannya, tetapi ingin tahu cara pengerjaannya gimana (sebut saja rumus) kalian bisa mengekliknya “Langkah”.

Disana kalian akan melihat caranya bagaimana soal tersebut diperoleh. Serta hasil jawaban yang telah disempurnakan dan menjadi bentuk bilangan desimal.

Catatan:
# Kalau soalnya berupa pecahan, biasanya jawaban yang diambil adalah hasil dari pecahan yang telah disempurnakan. Misalnya pada contoh diatas hasil jawabannya 28/9, maka setelah disempurnakan hasilnya akan menjadi 3 1/9. Lah biasanya hasil yang terakhir ini yang sering diambil sebagai jawabannya (tapi itu tidak harus).

# Jika hasil pecahan yang telah disempurnakan tadi diubah kebentuk bilangan desimal maka hasilnya menjadi 3,1111.

Saya rasa cukup sampai disini dulu tutorial kali ini, semoga dengan hadirnya artikel tentang cara menjawab soal matematika menggunakan aplikasi Android yang telah kita bahas bersama-sama barusan dapat menambah wawasan dan bermanfaat.
Akhir tulisan untuk kalian semua, Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya (Allah). Aminn


Bagikan jika bermanfaat