Cara Memutar Video Agar tetap Berjalan di Belakang Layar Hp Android


Madurace.com - Sebenarnya untuk tutorial yang sedang saya bahas kali ini jika di tinjau dari segi pengalaman pengguna smartphone Android, saya rasa apa yang sedang saya ketik ini kurang bermanfaat dan tidak seharusnya di posting melalui sebuah situs/blog. Karena saya yakin teman-teman yang sedang membaca artikel ini sudah banyak yang mengetahuinya bagaimana cara memutar atau memainkan sebuah video itu berjalan dibelakang layar.


Namun berhubung blog yang norak bin kampungan ini sudah agak lama tidak mempublish sebuah konten yang seharusnya diperbarui setiap minggu sekali, ya mau tidak mau saya sendiri sebagai pemilik blog madurace.com terpaksa harus memperbaruinya sekalipun itu tidak disukai oleh para pembaca terlebih oleh pihak Google.

Ya mau ngeposting gimana kalau saya sendiri tidak mempunyai ide untuk menulis artikelnya. Sekalipun punya ide, saya sendiri bingung harus memulai dari mana. Hal itu dikarenakan saya sendiri termasuk salah satu orang yang mempunyai otak yang ber-IQ rendah. Sehingga untuk menulis sebuah artikel yang mengandung kurang lebih dari 300 karakter saja membutuhkan sekitar 1 -3 hari untuk menyelesaikannya. Itupun dirampungkan secara terpaksa.

Jadi wajar-wajar saja jika semua konten yang ada di blog ini isi artikelnya berantakan semua. Karena memang yang mengurus blognya (admint) tidak bisa menulis artikel yang bisa di bilang berkualitas. Kalau yang mengurus blog ini bisa menulis artikel yang berkualitas minimal satu kali saja dalam sehari, saya yakin blog ini akan menjadi salah satu blog yang mempunyai ratting/ranking bagus.

Maka dari itu jangan heran bila kalian melihat blog ini kelihatan seperti blog yang tidak diurus oleh pemiliknya. Karena Si Mpunya terkadang memang di titik-titik tertentu tidak tahu apa yang mau ditulis dan harus dimulai darimana? Sehingga ia lebih memilih menghabiskan waktu luangnya hanya mendengarkan musik dan nonton video Youtube saja dibandingkan dengan menulis artikel. Hal itu dilakukan hampir setiap malam, kalau siang ya kerja.

Namun malam ini juga (barusan) ketika sedang mendengarkan musik ada yang beda dengan malam-malam sebelumnya. Dimana pada malam ini pula ketika saya memutar sebuah video musik (biasanya saya selalu memadamkan layar ponsel agar tidak boros batrai) selang beberapa menit terlintas sebuah ide tentang judul artikel yang sedang saya garap ini.

Karena seingat saya, memutar sebuah video musik menggunakan hp Android itu dari dulu sampai sekarang jika layar smartphone yang bersangkutan padam/mati, entah itu di sengaja maupun tidak di sengaja, maka video yang diputar tersebut juga ikut mati alias off atau berhenti/stop. Hal itu disebakan karena seluruh video yang ada dialam hp android tersebut memang secara default tidak bisa di operasikan atau dijalankan dibalik layar.

Lalu bagaimana caranya agar video-video tadi itu tetap bisa berputar meski layar hp dalam keadaan padam/mati? Untuk mengatasi hal seperti itu caranya sangat gampang gan. Kita hanya membutuhkan perantara aplikasi pihak ketiga yang bernama MX Player.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita nantinya bisa memutar video layaknya memainkan sebuah musik yang sistemnya memang bisa beroperasi dibelakang layar. Maksudnya meskipun kita mau membuka aplikasi-aplikasi lain, video tersebut tetap berjalan dibalik layar. Bahkan layar ponsel dalam keadaan padam sekalipun kita tetap bisa mendengarkannya (bukan mati beneran karena power off/reboot).

Cara agar Video Yang Ada Hp Android Bisa Diputar di Balik Layar

1). Pertama install dulu aplikasi yang bernama MX Player di Android Agan. Kalian bisa mendownloadnya melalui Play Store secara gratis.

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasi MX Player kemdian pilih video yang ingin di putar.

3). Lalu tap/sentuh video tersebut satu kali hingga muncul menu halaman musik.

4). Selanjutnya pilih titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian pilih mainkan.

5). Kemudian yang terakhir pilih atau centang pengaturan Mainkan di Latar Belakang.

6). Selesai…!!!

Sekarang coba kalian keluar dari Aplikasi MX Player (tanpa harus mematikan video), kemudian matikan layar ponsel! Apakah video yang sedang kalian putar tersebut tetap berjalan atau ikut mati? Saya rasa kalau kalian menerapkan langkah-langkahnya dengan benar sesuai dengan pengaturan diatas, maka video tersebut terus berjalan.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga artikelnya!
Akhir tulisan untuk kalian semua. Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Bagikan jika bermanfaat