Cara Mengetahui Negara Asal Pembuat HP Samsung

Madurace.com - Sebenarnya untuk mengetahui  sebuah smartphone Android merk Samsung yang diproduksi/dibuat  dari Negara-negara tertentu itu caranya sangat gampang. Pertama pengguna atau pemilik hp bisa mengeceknya langsung melalui stiker yang ada dibalik body ponsel itu sendiri. Lebih tepatnya di bawah batrai. Disana kita bisa melihatnya nama Negara pembuat ponsel Samsung yang bersangkutan tertera di stiker beserta kode IMEI-nya dengan jelas .
Kemudian cara yang kedua pengguna bisa mengeceknya melalui kode IMEI (International Mobile Equipment Identity). Kode IMEI sendiri merupakan nomor identitas unik dari perangkat HP internasional. Jadi, kode IMEI ini bukan hanya terdaftar atau tercantum di ponsel Android merk Samsung saja tetapi di perangkat dengan vendor yang lain juga ada kodenya.

Bahkan di luar dari platform operasi system Android sekalipun seperti ponsel yang berbasis Symbian, BlackBerry, iPhone dan lain-lain juga mempunyai yang namanya kode IMEI. Karena setiap ponsel yang tersebar diseluruh dunia, memang mempunyai identitas masing-masing (IMEI) yang sifatnya tidak pernah sama antara perangkat yang satu dengan yang lainnya. Kalau sama, itu bukan kode unik/IMEI namaya melainkan nama merk ponsel dan versinya.

Dengan kode unik inilah pengguna bisa mengecek ponsel yang ia gunakan untuk mengetahui di Negara mana hp tersebut diproduksi. Karena sebagian dari kode IMEI itu sendiri sebenarnya berisi tentang informasi asal smartphone yang kalian miliki tersebut dibuat. Lebih tepatnya terletak pada kode ke-7 dan 8.

Sebagai contoh misalnya hp yang saya gunakan saat ini Samsung Galaxy S3 dengan kode IMEI 353411061461302. Maka kode Negaranya 06 yang berarti ponsel yang saya miliki tersebut dibuat atau diproduksi  Negara China.

Jika yang muncul di IMEI hp Samsung kalian pada urutan ke-7 dan 8 bukan kode 06, kalian bisa menyesuaikannya dengan kode Negara dibawah ini:

# kode 00 diproduksi/pabrik asli (Negara Pengembang/Korea Selatan )
# Kode 01 diproduksi di Negara Finlandia
# Kode 02 di produksi di Negara Uni Emirat Arab
# Kode 03 diproduksi di Negara Korea
# Kode 04 diproduksi di Negara China
# Kode 05 diproduksi di Benua/dataran Amerika
# Kode 06 diproduksi di Negara China, Hongkong, dan Meksiko
# Kode 08 diproduksi di Negara Jerman,dan Hongaria
# Kode 10 diproduksi di Negara Finlandia
# Kode 13 diproduksi di Negara Azerbaijan
# Kode 20 diproduksi di Negara Uni Emirate Arab
# Kode 30 diproduksi di Negara Korea
# Kode 40 diproduksi di Negara China
# Kode 50 diproduksi di Negara Dataran Amerika
# Kode 60 diproduksi di Negara China, Hongkong, dan Meksiko
# Kode 80 diproduksi di Negara Jerman,dan Hongaria
# Kode 90 diproduksi di Negara Finlandia

Nah pertanyaannya sekarang, Bagaimana kalau seandainya di balik body hp tidak ada stiker nama Negara pembuatnya? Atau di kode IMEI pada urutan ke-7 dan 8 tidak sesuai dengan kode produksi Negara seperti  kode-kode Negara diatas?

Kalau masalahnya seperti itu, atau bisa juga karena nama Negara pembuat yang ada di stiker tidak sesuai dengan kode Negara produksi diatas, kalian bisa mengecek atau melihatnya dengan menggunakan perantara aplikasi pihak ketiga yang bernama PHONE INFO.
Kalian bisa mendownload aplikasinya melalui Play Store, kemudian setelah berhasil terinstall di Samsung agan, sekarang buka aplikasi Phone INFO tadi dan lihatlah hasilnya. Nanti hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.
gambar negara pembuat hp samsung

Sebenarnya didalam aplikasi Phone INFO tadi bukan hanya menampilkan nama Negara yang memproduksi hp Samsung yang bersangkutan saja, melainkan berbagai informasi spesifikasi yang ada didalam smartphone tersebut juga ditampilkan disana. Seperti info kode CSC, info Firmware, info Android, Info Adware, Info Monitor ponsel dan lain sebagainya. #mdrc.com

Akhir tulisan untuk kalian semua, Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat