Dibalik Kode IMEI HP Ternyata Masih Banyak Orang yang Tidak Mengetahui Fungsinya

Madurace.com - Mungkin masih banyak diantara teman-teman yang masih belum mengetahui keberadaan dari sebuah kode IMEI yang disematkan di handphone-handphone tertentu  itu fungsinya untuk apa? Jangankan  fungsinya, namanya saja mungkin masih terasa asing bagi para pengguna telpon genggam kebanyakan. Bahkan bagi para pengguna smartphone seperti Android, iPhone, dan BlackBerry sekalipun masih banyak yang tidak mengetahuinya.

Palingan yang mengetahuinya hanyalah orang-orang tertentu yang memang kesehari-hariannya tidak disibukkan dengan wahana yang ada didalam smartphone itu sendiri. Terlebih bagi para pengguna yang pikirannya telah terkontaminasi oleh yang namanya social media dan Instant Messenger sekelas Facebook, Twitter, Instagram, BBM, WA dan lain-lain, pasti mereka tidak tahu apa yang dinamakan kode IMEI.

Yang mereka tahu kemungkinan besar hanyalah menulis status sambil selfi tentang apa yang sedang dan sudah dilakukan oleh dirinya. Mau jalan-jalan selfi dulu, kemudian di upload ke social media dan Instant messenger sambil menulis status “OTW Bali” jrenggg. Mau makan, selfi dulu biar pada tahu kalau sedang makan di restoran (padahal dirumah aslinya sering makan pete sama garam, mueheheh).

Mau tawaf, selfi dulu biar orang-orang pada tahu semua kalau dirinya sedang berada di depan Ka’bah (biasa, zaman now, kalau hanya Allah yang tahu, rasanya kurang afdal kalau ibadahnya itu tidak diketahui oleh orang banyak). Dan lebih anehnya lagi, sedang melakukan hubungan intim dengan orang yang bukan muhrimnya saja masih sempat selfi dan menguploadnya di social media (Ini orang maunya apaaa, coba? Buat dosa kok dibanggain). Oke kita kembali ke topic! Madurace.com

Pengertian kode IMEI

Apakah yang dimaksud kode IMEI? IMEI itu sendiri merupakan kependekan dari Interntional Mobile Equiptment Identity. Sesuai dengan namanya bahwa kode IMEI tersebut adalah nomor identitas unik dari sebuah perangkat ponsel/HP yang sifatnya universal (International).
Jadi kode unik ini sifat dan fungsinya tidak sama dengan nomor kartu ponsel yang sering kita beli di operator itu.

Kalau nomor sim card atau yang lebih kita kenal dengan kartu seluler hanya bisa digunakan pada Negara-negara tertentu saja sedangkan untuk digunakan dinegara lain tidak bisa. Kecuali dari Negara-negara  yang bersangkutan sudah menjalin kerjasama antar operator. Sedangkan untuk kode IMEI ini sifatnya universal, maksudnya meskipun HP kalian mau dibawa ke luar Negeri, kode IMEI tersebut nantinya bisa kalian gunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Lalu bagaiamana caranya agar kita bisa mengetahui atau mengecek nomor IMEI HP Saya?

Sebenarnya ntuk mengetahui atau mengecek sebuah IMEI perangkat posel itu caranya sangat banyak gan. Bahkan tidak butuh cara-cara segala, karena diluar DUS/BOX ponsel biasanya sudah dicantumin nomor IMEI-nya. Kalau DUS/BOX –nya hilang, ya kalian bisa mengeceknya langsung melalui DIAL *#06#. Setelah itu akan muncul beberapa kombinasi angka yang terdiri dari 15 atau 16 digit. Nah itulah yang dimakan kode IMEI.
cara cek kode IMEI

Fungsi dari kode IMEI

Sebenarnya fungsi utama dari kode IMEI ini adalah untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Namun kode ini bisa juga difungsikan untuk memblokir sebuah jaringan ketika ada yang menyalahgunakan ponsel. Atau bahasa kasarnya jika hp kalian di curi orang, kalian bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke pihak operator untuk melakukan pemblokiran agar si pencuri tidak bisa menggunakannya.

Selain dari itu, jika ponsel kalian merk Samsung kode IMEI ini bisa berfungsi untuk mengecek berasal dari Negara mana HP Samsung tersebut di produksi atau dibuat? Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Cara Mengetahui Asal Negara Pembuat HP Samsung

Oke saya rasa sudah cukup pembahasan kali ini, semoga dengan adanya tutorial yang sangat sederhana bin berantakan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. Akhir kalian untuk kalian semua, Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Aminn


Bagikan jika bermanfaat