Trik Sederhana Agar HP Yang Tidak Support 4G Bisa Menggunakan Jaringan 4G

Madurace,com - Sudah diketahui bersama bahwa sejak ditemukannya jaringan 4G beberapa tahun yang silam, banyak sekali smartphone-smartphone teranyar dari berbagai merk yang beredar dipasaran telah dilengkapi dengan fitur mode jaringan yang berjenis 4G LTE.


Hal ini tidak lepas karena jaringan 4G di gadang-gadang mempunyai Speed yang lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan jaringan 2G/3G. Bahkan salah satu provider yang beroperasi di Indonesia mengklaim kecepatanya bisa mencapai lebih dari 50 kali lipat/secondnya.


Dengan supportnya jaringan 4G LTE pada smartphone-smartphone itu tadi, tentu pada akhirnya diiikuti juga oleh para operator yang beroperasi di jaringan telkomunikasi seluler yang tersebar diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri kalau tidak salah, sekali lagi kalau tidak salah, operator seluler yang pertama kali memberikan layanan 4G LTE ini adalah Telkomsel. Kemudian diikuti oleh para provider-provider lainnya seperti Indosat, XL, Axis, dan lain-lain.

Namun meskipun smartphone-smartphone tersebut sudah banyak yang support dengan jaringan 4G, hal itu tidak serta-merta membuat para pengguna langsung beralih/menggunakan ponsel yang dimaksud. Diluar sana masih banyak para pengguna yang masih setia menggunakan ponsel miliknya yang hanya support di jaringan 2G/3G saja.

Kenapa mereka masih setia menggunakan hp miliknya yang tidak support dengan jaringan 4G tersebut? Apakah karena memang mereka tidak menyukai akan hadirnya fitur jaringan 4G itu sendiri? Tidak!!! Mereka bukannya tidak suka akan fitur itu, akan tetapi alasan utama mengapa ia masih bertahan di ponsel tersebut karena ia sendiri kekurangan modal untuk membeli smartphone yang mempunyai spek yang lebih tinggi daripada hp yang dimilikinya saat ini (itu pengalaman saya beberapa bulan yang lalu, mueheheh).

Selain dari itu, mereka masih awam akan status dari jaringan 4G itu sendiri sehingga mereka sangat minim bahkan tidak mengetahui sama sekali bahwa jaringan 4G tersebut mempunyai speed yang kualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan 2G maupun 3G.

Lalu bagaimana caranya agar smartphone yang sifatnya hanya beroperasi di jaringan 2G/3G tersebut dapat mengakses internet menggunakan jaringan 4G?

Untuk mengatasi hal seperti itu Saya pribadi melakukan trik yang sangat sederhana dengan cara memsukkan simcard yang saya punya ke hp milik orang-orang terdekat (support 4G). Entah itu milik kerabat, teman, keluarga, gebetan, ataupun tetangga. Kemuadian setelah itu saya tambatkan atau sambungkan dengan cara mengaktifkan/menggunakan jaringan Hotspot Wi-Fi Portable.

Trik atau cara diatas saya lakukan ketika kartu/simcard yang saya gunakan kouta paket internet jaringan 2G/3G sudah habis. Atau dengan kata lain hanya tersisa/tinggal quota paket 4G-nya saja. Hal itu saya lakukan karena saya pikir kuota 4G tersebut jika tidak digunakan atau tidak dicarikan solusinya akan mubadzir jadinya. Kalau tetap dibiarkan, ya rugilah saya yang telah bersusah payah membeli paketnya tetapi tidak bisa dipakai semua.

Jadi bagi kalian yang ponselnya masih belum support di jaringan 4G, dan kebetulan dikartu yang kalian gunakan didalamnya masih ada kuota 4G-nya, maka alangkah baiknya kuota tersebut kalian gunakan/manfaatin dengan cara melakukan trik seperti yang telah saya terapkan sebelumnya seperti cara diatas. Sehingga keberadaan dari kuota tersebut tidak sia-sia atau mubadzir.

Akhir tulisan untuk kalian semua, Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh




Bagikan jika bermanfaat